Lama sudah ingin kami kunjungi negara-negara berpenduduk mayoritas muslim. Seperti Turki, Mesir, Maroko, Tunisa, dsb. Karena sudah tak masuk wilayah dan lokasi mereka relatif jauh dari Jerman, terbang ke negara-negara tersebut tentu saja mahal harganya bagi kami.

Ke Turki (Istanbul) misalnya. Tiket termurah yang pernah kami temukan melalui website Germanwings adalah sekitar 500 euro pp untuk 2 orang dewasa dan 2 anak-anak di bawah 12 tahun. Ke Maroko dengan Ryanair sekitar 600 euro berempat. Sama sekali tak murah bagi kami. Ke Tunisia dan Mesir lebih mahal lagi. Dari semuanya, kecuali Maroko, kami masih harus memikirkan biaya tambahan untuk mengurus visa kunjungan. Kadang ada juga sih, paket murah dari agen perjalanan. Namun waktunya sama sekali tak sesuai dengan jadwal liburan sekolah anak kami.

Berhari lalu saat kembali mengecek harga tiket ke beberapa kota di Maroko di situs Ryanair, kami temukan bahwa ada satu rute Ryanair dari Brussels (Charleroi) ke beberapa kota di Maroko. Mencari informasi lebih lanjut mengenai bandara Charleroi, kami temukan fakta bahwa di bandara ini ada beberapa maskapai murah lain, dengan tujuan Afrika Utara, Timur Tengah dan Turki. Yang menarik adalah maskapai jet4you dan jetairfly. Keduanya adalah maskapai Belgia, anak perusaaan pariwisata Tui.

Jet4you banyak menawarkan tiket murah ke timur tengah dan Afrika Utara. Tapi banyaknya dari bandara Paris Orly. Sedangkan jetairfly ada penawaran murah ke Istanbul. Waktu kami coba-coba masukkan tanggal penerbangan dengan rute Brussels (Charleroi) – Istanbul, keluar harga tak sampai 300 euro. Wow, bila ditambah tiket Düren – Charleroi pun harganya masih lebih murah dibandingkan jika kami naik Germanwings. Bagi mereka yang tinggal di Jerman bagian barat, terutama di barat negara bagian Nordrhein Westfalen dan belanda, alternatif ini mungkin bisa jadi pertimbangan. Apalagi waktu tempuh kereta api dari Düren – Brussels dan Düren – Frankfurt (am Main) kurang lebih sama, yakni sekitar 2 jam-an. Yang penting, bookmark dulu, deh….:)

Possibly Related Posts:


Tags: ,

2 Responses to “Alternatif Terbang Murah ke Istanbul”

  1. ohim says:

    wah….kapan ya kira2 bisa kesana…emmm

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>