Alhamdulillah. Artikel Emak pertama bulan ini dimuat hari Minggu, 08 Februari di koran Suara Merdeka. Tentang pengalaman keluarga pelancong berziarah ke makam dua Moulay negeri Al-Maghrib. Moulay Idriss I dan II.

Yang pertama berada di kota kecil bernama Moulay Idriss Zerhoun, dekat Meknes. Di kota ini Emak merasai buah zaitun paling enak yang pernah Emak cicipi. Makannya di sebuah warung sate. Yang dagingnya mentahnya gegantungan di luar warung. Dekat tukang panggangnya. Sedangkan makam Moulay Idriss II berada di kota sultan tertua Maroko, Fes. Di dalam labirin kota tua Fes el-Bali yang sangat-sangat membingungkan. Bagi kami yang baru pertama masuk ke sana.

Beberapa waktu lalu Emak sempat dilanda kangen akan negeri ini. Malah sempat berencana mengunjunginya lagi saat anak-anak liburan karnaval pertengahan Februari. Ndilalah kok ya nggak nemu tiket seharga kemampuan kantong kami. Memang sudah terlalu mepet untuk pesan tiket saat itu. Untung ndak jadi. Si Adik ternyata libur karnavalnya hanya dua hari. Ya emang belum waktunya.

Karena kangennya nggak keturutan itu Emak kemudian memilih menuliskan pengalaman keluarga elancong selama berada di salah satu negeri di Afrika Utara ini. Negara yang sangat mengesankan. Eksotik, makanannya enak-enak dan terjangkau dari segi harga. Banyak situs wisata religi. Masjidnya cantik-cantik. Belum lagi ada beberapa tempat lain yang kami ingin kunjungi. Kayaknya kalau ke sana lagi paling nggak dua minggu, deh. In shaa Allah.

Entah, ini artikel ke berapa Emak mengenai Maroko, yah. Seingat Emak semuanya hampir sepuluh artikel Kesan yang mendalam menginspirasi Emak untuk menghasilkan tulisan lagi dan lagi mengenai negeri ini. Semoga artikel-artikel ini juga dapat menginspirasi pembaca, ya. Aamiin. Dan semoga keluarga pelancong mendapatkan rizki ke Maroko lagi. In shaa Allah.

 

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>