sm-bacharachEmak pernah menulis tentang kota tua ini sebelumnya. Di Tabloid Prioritas. Kisah pertama Emak tulis berdasarkan pengalaman kami bertandang di Bacharach di musim panas.

Musim dingin lalu kami kembali ke Bacharach. Bahkan menginap di Burg Stahleck. Kastil tua di atas sebuah bukit. Berpemandangan lepas ke kebun-kebun anggur dan Sungai Rhein. Beda musim, beda cerita. Di musim dingin, Bacharach lebih sepi. Enaknya, kita bisa leluasa mendatangi destinasi wisatanya.

Bacharach mungkin lebih mirip desa dibanding kota. Lha jumlah penduduknya saja lebih sedikit dibanding desa tempat tinggal kami. Tapi karena daerah wisata, fasilitas Bacharach lebih lengkap. Toko-tokonya banyak. Pun penginapan dan tempat makan. Kalau naik kereta api ekonomi antara Bonn dan Bingen, pasti lewat Bacharach dan kota-kota kecil cantik. Tak heran jika kawasan elok ini masuk dalam daftar warisan budaya Unesco.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>