Posisi geografis Eropa yang sebagian besar berada di satu daratan memudahkan orang untuk mengelilinginya. Asyiknya, hampir semua bagian Eropa terhubung dengan jalur kereta api. Tiketpun tak perlu beli untuk satu negara saja. Ada tiket terusan, berlaku di seluruh Eropa.

Kereta api adalah moda transportasi penting di Eropa. Tak hanya berlibur, orang menggunakannya ke tempat kerja atau sekolah. Jutaan orang memanfaatkannya setiap hari. Sebagai moda transportasi berlibur, kereta api relatif aman dan nyaman. Stasiun kereta api biasanya berlokasi di pusat kota. Enak jika mau langsung menjelajah satu kota. Cari saja penginapan di pusat kota! Gedungnya megah. Ada yang dilengkapi mall seperti stasiun Leipzig, Jerman.

Kereta cepat Perancis

Kereta Thalys

Di Eropa sistem perkeretaapian biasanya dibagi dua : kereta cepat jarak jauh dan jarak pendek. Keduanya terdiri dari kelas satu dan dua. Kereta cepat menghubungkan kota-kota besar dalam satu negara atau bahkan dengan negara tetangga. Sedangkan kereta jarak pendek digunakan sebagai transportasi regional.

Jika punya waktu terbatas dan mengunjungi banyak kota besar, sebaiknya menggunakan kereta cepat. Di Eropa banyak jenisnya. Mulai ICE (Jerman), Cisalpino (Italia) hingga Thalys dan salah satu kereta tercepat di dunia TGV asal Perancis. Harga tiketnya tentu tidak murah. Bagian dalamnya lapang, kursinya empuk. Bila pergi bersama anak-anak pilih tempat duduk dengan meja panjang. Mereka bisa menggambar atau bermain di atasnya. Wifi tersedia di berbagai jenis kereta api cepat. Ada yang gratis, ada ynag kudu beli pulsa dulu.

Kereta api jarak pendek lebih lambat. Dengan moda ini kita bisa menikmati pemandangan Eropa. Sebab sering lewat desa-desa cantik dan atraksi alam benua biru. Rute kereta cepat seringkali lewat terowongan khusus.

Jika ingin menghemat biaya hotel selama di Eropa, gunakan kereta malam. Ia menghubungkan banyak kota seperti Paris, Brussel, Hamburg, Berlin, Praha, Wina, Roma, dsb. Ada yang duduk, ada pula dalam kabin dengan tempat tidur. Malam tidur di kereta, siang menjelajah satu kota, bukanlah ide  buruk.

Bagaimana dengan tiket? Tak perlu khawatir. Perusahaan kereta api Eropa punya laman representatif. Orang bisa memesan tiket secara online. Jika pesannya jauh hari ada diskon. Tiket interrail dan eurail cocok digunakan untuk menjelajah banyak negara dalam waktu panjang. Mau one country pass (berlaku 1 negara), regional pass (beberapa negara) atau global pass (seluruh Eropa), tinggal menyesuaikan isi kantong dan waktu perjalanan kita. Mudah, bukan berkeliling Eropa dengan moda kereta api!

Possibly Related Posts:


Tags: , , , ,

6 Responses to “Berkereta Api, Keliling Eropa”

  1. katerina says:

    Mudah mbak :)
    Bagus dan nyaman kalau kereta di sana ya.

    Di Indonesia juga mudah, tapi “banyak cerita” naik kereta di sini :D Dan aku baru sekali naik kereta di Indo, waktu mau ke Baduy Dalam. Mudah2an nantinya kereta yang pernah aku naiki itu jadi lebih nyaman dan tertib :)

  2. ira says:

    @Mbak Rien: Aku dulu saat kuliah pelanggan setia kereta ekonomi, Mbak. Waktu tahun lalu njajal kereta lagi, memang terasa banyak perubahan. Semoga makin lama perubahannya ke arah lebih baik. Semoga!

  3. Emakmbolang says:

    Kece banget Keretaanya, kinclong dan cepet. beda banet dengan kereta api India, amburadul, hehehe. Semoga waktu ke Eropa bisa mencicip kecepatan kereta Thalys.

  4. ira says:

    @Zulfa: semoga ya Zulfa. Kalau di sini bagusnya pesen jauh2 hari sebelumnya. paling nggak sebulan sebelumnya lah. Biar dapet harga agak miring.

  5. Kiki says:

    Permisi numpang singgah disini.
    Bagus keretanya di Eropa, Di Indonesia kondisi perkeretaapiannya jauh lebih baik ketimbang 5 tahun kebelakang, kini naik kereta api di Indonesia lebih nyaman tidak lagi berdesak-desakan untuk naik kereta api kelas ekonomi. Perjalanan kereta api bebas asap rokok. Dengan sistem online ticketing memudahkan masyarakat menaiki kereta api Indonesia.

    Terima kasih, Salam :-)
    INDONESIA

  6. ira says:

    @Kiki: Alhamdulillah, seneng banget membacanya. Semoga semakin baik, ya…

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>