(Sambungan dari sini)

oleh Feronica Luttmer

3. Chipude ( 1080 m ) – Igualero ( 1330 m ) – Garajonay ( 1487 m ) – Los Manantiales – Chipude

Jalan-jalan keliling ini memakan waktu kurang lebih 5 jam.

Garajonay adalah gunung tertinggi di pulau Gomera. Mencapai gunung ini tidak sesulit ke Fortaleza. Lucunya udaranya tiba-tiba berubah dingin dan agak berawan. Padahal sebelumnya di bawah ini matahari terik.

4. Imada – Guarimiar – Targa – Alajero – Imada – 5 jam berkeliling

Kami jalan-jalan hari ini ketemu 1 pasangan. Mereka berjalan sangat cepat. Imada ini jalannya kebawah, lalu kita mesti naik lagi melewati Guarimiar. Kalau kita tenggok ke belakang kita tidak bisa lihat jalannya. Karena di penuhi dengan kaktus. Jalannya berbatuan, agak terjal juga. Kami seperti bisa mesti bawa roti dan air. Ini jalan keliling juga memakan waktu 5 jam. Kami mengelilingi gunung dan harus benar-benar baca buku panduan kalau tidak mau nyasar. Juga harus memperhatikan tanda-tanda di atas batu-batuan.

barranco-guarimiar-la-gomera

5. Pajarito – Las Mimbreras – Ermita Loudres ( Kapele) – Pajarito ( 5 jam untuk mengelilinginya)

Kami mengelilingi hutan. Hutan ini penuh dengan hutan sejenis pohon daun salam. Hutan ini merupakan salah satu hutan rimba tropis tertua di dunia yang di lindungi oleh Unesco.

6. Agulo ( 200 m) – La Palmita (700m) – Juego de Bolas (750m) – Carreta del Norte(290m) – Agulo (200m) – 4,5 jam berkeliling

Kami mesti naik melewati bebatuan. Aku kira gampang. Ternyata susah. Kami melewati kebun pisang, alpukat, mangga, papaya, jeruk . Lalu kami melewati jalan yang tanahnya merah serta becek. Aku sempat juga kepeleset namun tidak jatuh. Akhirnya kami tiba di Juego de Bolas.

Di taman nasional ini kita dapat melihat museum tentang bagaimana dulu orang-orang di pulau ini hidupnya. Serta kolumbus dengan beberapa kapal ke Amerika dan tentang flora dan fauna. Kami melewati daerah di mana di sini terdapat erosi tanah. Tanah di sini merah dan beberapa lubang. Balik ke tempat semula ternyata jalannya tidak gampang.

7. Ermita Nieves ( 1130m) – Degollada de Peraza (951m) – La Laja ( 570m) – Degollada del Tanque ( 853m) – Ermita Nieves ( 1130m) – 4,5 jam berkeliling

Kita mulai jalan dari Ermita Nieves ( gereja). Di gereja ini sekelilinginya ada tempat berekreasi. Meja , bangku, tempat cuci tangan, toiletnya bersih serta tempat memanggang dan oven. Padahal tempat ini boleh di bilang entah di mana alias tidak di kota. Pemandangannya bagus belakangnya hutan.

La Laja, desa ini terletak di bawah lembah gitu serta tidak besar.
Kami dari atas mesti turun ke dalam lembah terus mesti naik lagi, tidak rugi jalan keliling karena pemandangannya bagus sekali. Och yach biasanya kita kalau jalan keliling gitu jarang  ketemu orang, tapi kali ini lumayan ketemu banyak orang.

8. Vallehermoso – El Tion – Roque Blanco – Roque el Cano – Vallehermoso – 3,5 jam berkeliling

Kita mulai dari taman bermain anak-anak. Di taman ini ada figure dari batu ( 3 orang yang duduk mengelilingi meja).

Vallehermoso – Desa ini desa terbesar di gomera. Di daerah ini banyak menyimpan air. Di sini kita bisa melihat  teras yang bertingkat-tingkat dengan penuh tanaman seperti pohon pisang, tomat, jagung, mangga, alpukat, kentang, jeruk dan lainnya.

Roque artinya benteng catur. Batu karang ini bentuknya seperti benteng.

Kami akhirnya mesti kembali pulang ke Jerman.

Sebelumnya kami mesti ke Tenerifa lagi. Kami menginap 1 malam di sana. Kami berangkat naik kapal laut cepat pukul 11.00. Untung pas di kapal aku tidur jadi tidak tahu ternyata hari ini ombaknya lumayan tinggi. Kalau tidak tidur pasti muntah-muntah.

Kami tiba di Tenerifa masih siang. Sehingga bisa jalan-jalan keliling lagi. Kami lihat ada hotel yang bentuk serta warnanya seperti kue pengantin gitu pink bo. Ada yang warna biru dan beberapa patung seperti di Yunani.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

One Response to “Canary Islands – Kepulauan Kenari – Spanyol (4)”

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>