Di Jerman terdapat satu dari enam taman lego atau yang lebih dikenal sebagai Legoland di dunia. Taman lego ketujuh sedang dibangun di Korea.

Legoland Jerman

Wahana Flying Ninjago

Taman lego pertama di dunia dibangun di tempat asal mainan batu-batu lego, yakni di Denmark. Tepatnya di kota Billund. Sudah berdiri sejak tahun 1968. Kemudian berturut-turut dibangun Legoland Windsor (Inggris) tahun 1996, Legoland California (Amerika Serikat) tahun 1999, Legoland Jerman tahun 2002, Legoland Florida tahun 2011, dan Legoland Malaysia pada tahun 2012. Legoland Korea, rencananya bakal dibuka pada tahun 2017.

Lokasi Legoland Jerman

Taman lego Jerman berada di kota kecil bernama Günzburg. Di negara bagian Bayern atau Bavaria. Taman rekreasi yang cocok untuk seluruh anggota keluarga ini setiap tahunnya dikunjungi tak kurang dari 1,3 juta orang. Luas areal keseluruhan 140 hektar. Terdiri dari tempat menginap yang terdiri dari hotel hingga tempat kemping, lahan parkir luas, dan taman bermain.

Cara mencapai Legoland ada bermacam. Bandara internasional terdekat adalah bandara München, Stuttgart, Memmingen (Allgäu), serta Nuremberg. Dari bandara orang bisa mencapainya dengan menyewa mobil.

Kalau naik kereta api, langsung saja pesan tiket ke Legoland Günzburg. Nanti naik keretanya sampai kota Günzburg. Dari kota Günzburg tersedia bus langsung ke Legoland. Jadwal keberangkatannya setiap 15 menit high season. Low season 30 menit sekali. Tidak sulit bukan untuk mencapai Legoland Jerman?

Oh ya, perlu diingat bahwa Legoland Jerman ini tak buka sepanjang tahun, ya! Biasanya buka mulai pertengahan Maret sampai awal November. Jadi, biar gak kecele, cek lagi waktu bukanya di situ mereka: www.legoland.de.

Tiket Masuk Legoland

Untuk sesi tahun 2016, harga tiket masuk ke taman lego Jerman adalah 42 euro (sekitar Rp. 600.000,-) untuk dewasa atau yang berumur mulai 12 tahun. Dan 37 euro (Rp. 525.000,-) untuk anak-anak usia 3 – 11 tahun. Ada harga tiket diskon kalau perginya bareng sekeluarga. Buat 4 orang jatuhnya 39,50 euro per orang. Berlima masing-masing bayar 39 euro.

Wisata ke legoland Jerman

Mengikuti proses pembuatan batu lego

Jika membeli tiket online, bisa mendapatkan harga lebih murah lagi. Bisa hemat sekitar 30 persen. Muai umur 12 tahun harganya 33,60 euro. usia 3 – 11 tahun 29,60 euro. Keluarga 4 orang masing-masing 29 euro, sedangkan keluarga 5 orang masing-masing 26 euro. Kalau beli tiket keluarga, makainya kudu barengan, ya. Artinya datengnya di hari / tanggal yang sama.

Oh ya, harga tiket di atas adalah harga tiket normal, ya. Dengan tiket ini, kudu rela mengantri jika mau naik wahana permainan di sana. Jika punya dana lebih dan gak mau ngantri, bisa beli tiket ekspres. Tiket ekspres pun macem-macem levelnya. jadi jangan kaget kalau udah mau naik sebuah wahana permainan, eh ada orang lain didahulukan. Sebab ia punya tiket ekspres. Semacam tiket priority di penerbangan pakai low cost carrier gitu, deh.

Yang bawa mobil, parkirnya gak gratis. Kecuali kalau sekalian menginap di dalam areal Legoland. Tiket parkir sehari harganya 6 euro. Oh, ya ada juga tiket tahunan. Buat yang demen banget main ke taman lego.

Penginapan

Buat yang mau bermain di taman lego, lebih dari satu lamanya, tersedia penginapan on site. Paling murah adalah menginap di camping ground. Tendanya bawa sendiri. Lebih mahal menginap di lahan kemping, yang tenda sudah disediakan di sana. Lebih mahal lagi yaitu menginap di hotel. Selain penginapan on site, pihak legoland bekerja sama dengan pemiliki hotel di Günzburg dan sekitarnya. Jika mau booking paketan, harga hostel sudah sepaket dengan tiket masuk ke Legoland. Menginap semalam, bisa main di legoland selama dua hari berturut-turut. Kalau dihitung-hitung, harganya murah, lho.

Miniland

Jual lego bricks

Miniatur Pelabuhan Hamburg

Salah satu atraksi menarik di legoland Jerman adalah miniland. Miniatur kota, desa, bangunan, atau tempat menarik di dunia. Di Legoland Jerman terdapat 11 tema miniatur. Temanya dari dalam Jerman atau luar negeri. Yaitu Lego Star Wars, Allianz Arena lapangan sepak bola kandang Bayern München, kota Frankfurt, miniatur negeri Belanda, Berlin, bandara München, Schwäbische Dorflandschaft (suasana pedesaan di Jerman), Swiss, Venezia, Pelabuhan Hamburg, serta Istana Neuschwanstein.

Miniland disuka pengunjung sebab bisa menghadirkan berbagai animasi. Jika menekan tombol tertentu, maka aksi-aksi tertentu pun dimulai. Misalnya saja kereta dan kapal yang bergerak mengikuti rute tertentu, atau terdengar suara musik dan suara-suara aksi lainnya.

Wahana Permainan

Selain taman miniatur, Legoland Jerman masih memiliki aneka wahana permainan menarik. Baik bagi anak-anak mau pun dewasa. Taman-taman bermain tersedia di seputar legoland. Pengunjung bisa naik kereta yang gerbong-gerbongnya berbentuk lego. Atau naik roller coaster. Di atas air, anak-anak bisa naik perahu di atas danau atau kolam kecil. Atau naik pesawat-pesawat kecil yang berputar.

Tidak hanya di luar ruangan, di dalam ruangan pun banyak hal bisa ditemukan dan dilakukan. Misalnya saja mengamati pembuatan batu lego berkualitas secara langsung. Atau main dan berkreasi dengan batu-batu lego yang tersedia di sana. Sepuasnya. Capek bermain, duduk saja di tehater dan menikmati pertunjukan.

Makanan dan Minuman

Tak perlu khawatir kelaparan selama berkeliling taman lego. Tempat makanan dan minuman siap melayani aneka selera. Akan tetapi, harganya memang relatif lebih mahal. Bawa makanan sendiri dari luar, boleh juga kok! Kalau musim panas, jangan lupa membawa air minum secukupnya.

Mau wisata alternatif wisata keluarga selama di Jerman? Ya ke Legoland Jerman saja… :)

 

Possibly Related Posts:


Tags: , , , , ,

3 Responses to “Ceria Bersama Keluarga di Legoland Jerman”

  1. Dian R says:

    Pengen ke Legoland ngajakin anak-anak… Mungkin ke yang deket dulu ya, yang di Johor, Malaysia :D

  2. Emakmbolang says:

    aku kemarin rencana ngajak Najin ke Legoland Malasia, gagal. emak e baper, sik embok embok en nang omah. InsyaAllah tahun depan.

    Masuk e lumayan mbak yo. tapi lumayan onok discount, ditambah discount online. catet. Sopo ero isok sambang mrene.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>