colokan-universalAda barang-barang tertentu yang terlihat sepele namun ternyata dibutuhkan saat kita bepergian. Sandal jepit dan colokan misalnya. Sandal jepit ini sering terlupakan ketika kami bepergian. Setelah sampai penginapan, bingung kalau hendak keluar kamar untuk makan atau ke kamar kecil jika tempanya di luar kamar. masak mau ke tempat makan pagi saja mesti pakai sepatu.

Satu lagi adalah colokan. Sering tak terpikir untuk membawanya. Namun ketika menemui kenyataan bahwa colokan di negara bersangkutan berbeda dengan milik, baru panik. Apalagi saat baterai telefon genggam, kamera maupun video harus diisi ulang.

Selama ini sebenarnya kami tak pernah merasakan hal tersebut. Sebab biasanya di penginapan sudah ada colokan standar untuk negara-negara Eropa. Seingat kami, beberapa negara di Eropa Timur punya jenis colokan berbeda. Ketika akan ke Malta, kami juga sudah membeli colokan universal yang bisa digunakan di negara mana saja di dunia. Walau di Malta tak terpakai, sebab di penginapan kami juga sudah ada colokan dua kaki seperti di Jerman dan Indonesia. Teman kami dulu dari Inggris mengalaminya ketika berkunjung ke Jerman. Walhasil beliau tidak bisa menggunakan telefon genggam dan kamera selama di sini.

Jika lupa pun, colokan jenis ini biasanya bisa kita dapatkan di toko-toko bandara. Tentu saja dengan harga lebih mahal dibanding harga luaran. Di bandara internasional Frankfurt, jangan membeli di toko elektronik. Membeli di kios-kios kecil harganya lebih miring 2 hingga 3 euro. Ada colokan universal. Atau colokan untuk negara-negara tertentu. Biasanya sudah tertera di pembungkusnya.

Possibly Related Posts:


Tags: ,

2 Responses to “Colokan Universal Untuk Bepergian”

  1. Brahm says:

    Info yang berguna sekali. Jd, di Jerman, colokannya kayak Indonesia ya? Apakah masih butuh beli colokan universal kalau tujuannya adalah Jerman?

    Thx

  2. ira says:

    Kalau ke Jerman aja, gak perlu beli colokan yg universal. Sama dg colokan indonesia…:)

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>