Dua hari belakangan ini ada teman membuat tautan di sebuah jejaring sosial. Isinya tentang nota kesepakatan pemerintah Indonesia - Turki, dimana katanya warga kedua negara dibebaskan dari urusan visa ketika akan berlibur atau berkunjung dalam jangka waktu tertentu.

Tentu saja kamis enang mendengar berita positif seperti ini. Turki adalah satu salah satu tujuan wisata favorit orang Jerman. Dan negara ini sudah lama masuk daftar tempat yang ingin kami kunjungi. Apalagi di waktu-waktu tertentu ada penawaran tiket murah menggiurkan ke sana. Namun jika memikirkan masih harus mengurus visa kunjungan dll, keinginan untuk kesana terpaksa mesti diundur-undur. Semoga saja, nota kesepakatan ini direalisasikan segera.

Nah, di salah satu komentar, tanpa terduga ada yang memberikan tautan ke wikipedia. Tentang daftar negara yang bisa dikunjungi tanpa visa atau dengan Visa on Arrival (VoA). Informasi ini saya butuhkan sejak lama. Meski tak benar-benar mencarinya. Syukurlah sekarang ada yang memberikannya.

Awalnya kami mengetahui sedikit saja negara yang tak meminta visa kunjungan bagi warga negara Indonesia. Negara-negara Asean, Hong Kong, Macau, Maroko, Peru dan Kolumbia. Di daftar wikipedia ini selain berisi nama-nama negara, juga jangka waktu kunjungannya.

Selengkapnya silakan simak disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Visa_requirements_for_Indonesian_citizens

Possibly Related Posts:


Tags: ,

17 Responses to “Daftar Negara Bebas Visa Bagi Pemegang Paspor Indonesia”

  1. albert says:

    broo.. mengenai ke negara2 lain tanpa visa..
    boleh tau gak.. negara2 mana yg bisa kita kunjungi buad berwisata tanpa visa itu??
    Thx..

  2. ira says:

    Informasi dari wikipedia sudah saya cantumkan di bagian terbawah artikel. :)

  3. [...] sahabat keluarga, ada informasi bahwa Turki sudah bisa dikunjungi tanpa visa. Saat saya, menulis disini, saat itu Bapak Presiden SBY baru saja berkunjung ke Turki, dan menandatangi kesepakatan [...]

  4. zaki faisal says:

    Saya masih kurang yakin kalo Turkey sudah bisa di kunjungi tanpa visa atau VOA,bagaimana cara untuk memastikannya,selain turkey,negara mana saja yg bisa di kunjungi dgn VOA oleh WNI,Tolong infonya dong .trimakasih.

  5. ira says:

    Untuk memastikan menurut saya tinggal menelpon konjen atau kedutaan turki terdekat. :)

  6. Tini says:

    Turkish memAng Sudan bebas visa,to sayangnya tdk multpl.jd klr untk day trip dr turkey hrs bayar lg msknya.

  7. umm rayhan says:

    Jadi benar nih mbak,no need visa untuk indonesian citizen klo mau ke turki?

  8. ira says:

    benar, Mbak. teman dekat saya sudah kesana bulan April lalu. :)

  9. adel says:

    ini berlaku untuk berapa lama kunjugan teman?? apa sm sperti negara2 asia lainnya juga? mohon info ya

  10. ira says:

    Berlakunya berbeda2. tergantung negaranya. Ada yg sebulan, sampai tiga bulan jg ada….

  11. Infonya sangat bermanfaat. Thanks.

  12. pelancong says:

    bukankah kunjungan bpk. sby di th 2010?
    saya terakhir ke Turkey bulan okt 2011 kemarin, masih harus pake visa.

  13. ira says:

    visa harus mengurus dari Indonesia dulu atau Visa on Arrival?

  14. tri wibowo says:

    Makasih banyak , bersyukur nemu web ini kebetulan mau ke turki neh bulan juni

  15. Pengen jalan-jalan ke turkey.. moga Allah kasih rezeki buat kesana, makasih udah share artikel ny Gan…
    Wassalam

  16. RinaHakki says:

    No need Visa ke Turkey
    Lgs beli di bandara Ataturk 25$ buat sebulan hehe
    Maroko malah free buat 3 bulan

  17. RinaHakki says:

    Btw saya di Turkey kalo ada yg butuh info email aja rinarkfzc@gmail.com

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


four * 1 =