DSCF8815Myvatn berarti nyamuk, dalam bahasa Islandia. Danau terbesar keempat di negeri pulau di Atlantik Utara. masih bisa terjangkau dengan mobil, kami mengunjungi Myvatn dan beberapa tempat lainnya selama dua hari kunjungan bulan Oktober lalu.

Islandia merupakan salah satu negera dengan aktivitas vulkanisme tinggi. Itu salah satu alasan keluarga pelancong mendatanginya. Adik suka sekali dengan yang namanya gunung berapi. Walau sempat kapok saat mendaki kawah Ijen, ia masih bermimpi mendaki banyak gunung berapi lainnya. Terutama yang masih aktif. Krakatoa Fujiyama salah duanya. Dia sesekali bertanya tentang aktifitas Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Terbentuknya Danau Myvatn sendiri dipengaruhi oleh vulkanisme. Ada beberapa gunung api di sekitarnya. Dari sekira 30-an gunung berapi di Islandia dan pulau-pulau kecil sekelilingnya.

Dari air terjun terbesar Eropa, Dettifoss, kami mampir di padang vulkanisme bernama Hverir. Bau belerangnya kuat banget. Mirip telur busuk. Apalagi kalau asapnya wusss, menerpa hidung kita. Di daerah ini banyak kubangan lumpur panas. Pengunjung tak boleh mendekat.

Dari Hverir kami ke kota hitam Dimmuborgir. Sebenarnya bukan kota sih. Melainkan lanskap lave. Lava beku tersebut kemudian membentuk formasi alam unik. Seperti menara, tembok-tembok, gua, dsb. Kalau menurut kepercayaan warga setempat, tempat ini jadi kediaman troll. Mahluk halus versi mereka.

Setelahnya kami lanjutnya keliling danau. memotret flora dan fauna serta mendaki kawah-kawah palsu di Skutustadagigar. Dinamakan kawah palsu sebab bentuknya mirip kawah gunung berapi. Tapi pendek-pendek. Tingginya paling 20 meteran saja. Bukan perkara sulit mendakinya.

Sore menjelang balik ke kapal, mobil kami terhadang ratusan domba sedang konvoi. Penggembalanya ada di depan dang belakang. Mobil-mobil setia menunggu sampai mereka keluar dari jalan raya menuju kandang.

Sungguh berkesan pengalaman singkat kami di negeri ini. Emak tuangkan sebagian pengalaman tersebut di sebuah artikel di Leisure Republika. Dimuat di hari Selasa terakhir tahun 2014. Mempermanis akhir tahun Emak. Alhamdulillah.

Possibly Related Posts:


Tags: , , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>