Rasanya hampir tak mungkin mendatangi setiap tempat wisata menarik di Jerman. Banyak sekali kota-kota tua bersejarah, pengunungan, taman-taman memesona, kota-kota unik, tempat-tempat belanja murah, dan masih banyak lagi. Meski sarana transportasi umum telah menjangkau hingga ke pelosok, belum bisa kami benar-benar mengelilingi negeri ini. Walau telah bertahun tinggal di sini. Apalagi bagi pengunjung bulanan mingguan atau bahkan harian.

Jerman sendiri terdiri dari enam belas negara bagian. Berasal dari bekas Jerman Barat dan Timur. Mereka menyebutnya Bundesland. Untuk lebih mudah, kami ingin menyajikan seri tulisan mengenai tempat-tempat wisata menarik di setiap negara bagian. Keenam belas negara bagian Jerman antara lain :

1. Schleswig-Holstein beribukota di Kiel,

2. Hamburg beribukota di Hamburg (terdiri dari satu kota),

3. Bremen terdiri dari dua kota saja yakni Bremen dan Bremerhaven dengan ibukota di Bremen,

4. Mecklenburg-Vorpommern beribukota di Schwerin,

5. Berlin juga terdiri dari satu kota, beribukota di Berlin,

6. Niedersachsen memiliki ibukota bernama Hannover,

7. Nordrhein-Westfalen beribukota di kota Dusseldorf,

8. Sachsen-Anhalt beribukota di kota Magdeburg,

9. Brandenburg beribukota di Potsdam,

10. Hessen beribukota di kota Wiesbaden,

11. Thuringen beribukota di Erfurt,

12. Sachsen beribukota di Dresden,

13. Rheinland Pfalz beribukota di Mainz,

14. Saarland memiliki ibukota di Saarbrücken,

15. Baden-Württermberg beribukota di Stuttgart, dan

16. Bayern atau Bavaria ibukotanya München atau Munich.

Kesemuanya membentang dari utara dekat dengan laut timur dan laut utara, daerah tengah merupakan peralihan antara pantai dan perbukitan, hingga selatan dekat dengan pegunungan Alpen.

Hamburg dan Berlin hanya terdiri dari satu kota. Mirip seperti DKI Jakarta. Hamburg, Berlin, Bremen, dan Saarland, termasuk negara bagian yang luasnya paling kecil. Negara bagian Mecklenburg Vorpommern, Sachsen Anhalt, Sachsen, Brandenburg, Thuringen merupakan bekas bagian Jerman Timur. Di Jerman dikenal sebagai Neue Bundesländer. Atau negara bagian baru. Sisanya merupakan bekas bagian Jerman Barat.

Possibly Related Posts:


Tags:

One Response to “Enam Belas Negara Bagian di Jerman”

  1. nurul says:

    Ich liebe Deutchland

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>