Bulan lalu saat membantu teman mencari tiket murah dari Brussels ke Bremen, saya teringat akan Eurolines, jasa bus antar kota antar negara terkemuka di Eropa. Namanya juga terkemuka, Eurolines ini sangat luas jaringannya. Menjangkau tak hanya hampir sebagian besar Eropa, namun juga sampai Afrika Utara. Keluarga Pelancong pernah menjajal Eurolines ketika mengunjungi negara Baltik. Yaitu ketika berkendara dari Riga (Latvia) ke Kaunas (Lithuania) beberapa tahun lalu. Ongkosnya terjangkau, yang pelayanan pun memuaskan.

Nah saat membuka situs Eurolines tersebut, Emak melihat sesuatu hal menarik. Sehingga sementara lupa mencarikan informasi tiket murah bagi teman. Yakni Eurolines Pass. Tiket terusan untuk naik bus ke kota-kota utama Eropa. Sebelumnya, tiket terusan ini lewat dari perhatian.  Ketika saya bandingkan, harganya lebih murah dibandingkan versi kereta api, Eurail Pass. Sehingga bisa dijadikan alternatif bagi siapa saja yang ingin berkeliling Eropa. Terutama untuk jangka waktu lama.

Eurolines Pass atau tiket terusan Eurolines terdiri dari dua pilihan waktu. Lima belas dan tiga puluh hari. Harganya bertingkat tergantung musim perjalanan dan usia penumpang. Masa sepi, 4 Januari – 25 April, 29 Oktober – 9 Desember. Pertengahan 1 April – 23 Juni, 6 September – 28 Oktober. Masa ramai 24 Juni – 5 September, 10 Desember – 3 Januari. Penumpang usia kurang dari 26 tahun, masuk tarif youth (remaja).

Berbeda dengan eurail yang menggunakan kereta api kelas 1, di Eurolines tak ada pembagian kelas 1 dan 2.

Untuk perbandingan harga (berlaku tahun 2012), saya ambil tarif youth di Eurail (kelas 2) dan Eurolines.

1. Eurail Global Pass berlaku di 23 negara : Austria, Belgium, Bulgaria, Croatia, Czech Republic, Denmark, Finland, France, Germany, Greece, Hungary, Ireland, Italy, Luxembourg, Netherlands, Norway, Portugal, Romania, Slovakia, Slovenia, Spain, Sweden, Switzerland. Tiket terusan berlaku tiap hari, harganya 358 euro. Tiket sebulan 568 euro. Kelebihan tiket ini, bisa dipakai antar kota dalam satu negara. Dan memiliki jangka waktu pemakaian hingga 3 bulan.

2. Eurolines Pass, saat ini berlaku untuk transportasi ke dan dari 51 kota utama Eropa di 18 negara : Alicante, Amsterdam, Barcelona, Berlin, Bordeaux, Bratislava, Brno, Brussels, Bucharest, Budapest, Cologne, Copenhagen, Dijon, Dublin, Edinburgh, Florence, Frankfurt, Gdansk, Geneva, Gothenburg, Hamburg, Kaunas, Kosice, Krakow, Lille, London, Lyon, Madrid, Marseille, Milan, Montpellier, Munich, Nancy, Nantes, Nice, Oslo, Paris, Prague, Rennes, Riga, Rome, Stockholm, Strasbourg, Stuttgart, Toulouse, Tours, Vienna, Venice, Vilnius, Warsaw, Zurich. Harganya mulai 175 euro (low season), 205 euro (mid), 290 euro (high). Kekurangan Eurolines, dibanding Eurail, dia banyak menghubungkan antar kota antar negara di Eropa. Jarang bisa digunakan untuk transportasi antar kota antar negara, kecuali di kota-kota besar yang dilalui rute Eurolines.

Bagaimana cara menggunakannya? Ini keterangan dari situs Eurolines : All you need to do is pre-book your first destinatiion and from there you can book as you go – giving you total freedom to chill out and travel at your own pace.

Tiket ini, cocok bagi mereka yang ingin alternatif murah. Terutama ketika bepergian di low season. Juga buat mereka yang ingin menjelajah kota-kota besar Eropa, dan suka naik bus, tentu saja.

Perbandingan tarif lainnya bisa dismak langsung di :

http://eurolines.com/eurolines-pass/

http://www.eurail.com/eurail-passes/global-pass

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

3 Responses to “Eurolines Pass, Alternatif Murah Berkeliling Eropa”

  1. Evita says:

    Eurolines ini emang TOP mbak, tapi tergantung masing-masing negara, karena biasanya sih kerjasama dengan negara-negara tujuan kadang. Kalau masih di Eropa barat masih ok, tapi kalo agak timur dikit harus siap dengan segala hal, termasuk aroma bekal rantang di bis, hehe, suasananya nggak beda jauh dengan nuansa mudik di Indo. Tapi tetap menyenangkan :D

  2. ira says:

    Mbak Evita…. kami pernah nyoba sekali waktu di Baltik. Antara Riga – Kaunas, busnya bagus.. Trus mungkin krn sebagian besar turis, jadi gak ngerasa ada yg aneh…. hehehehe. Waktu itu Mbak Evita rutenya kemana?

  3. unai says:

    Salam kenal Mbak, saya dan teman marencanakan trip dari munich ke paris, kemudian lanjut ke brussels, lalu paris dan berakhir di Copenhagen. Pilihan tiket kereta api yang murah apa yaa mbak

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>