Kecil tapi penting. Itulah Helgoland, sebuah pulau kecil di Laut Utara Jerman. Gugusan dua pulau kecil seluas kurang dari 2 kilometer persegi ini, memiliki fungsi strategis. Beberapa bangsa sempat menjadi penguasa disini di masa lampau. Berjarak sekitar 70 kilometer dari daratan Jerman, di masa kini, Helgoland menjadi satu-satunya tempat belanja bebas pajak di negeri ini.

Memanfaatkan jalan-jalan murah dari kampus di Bremerhaven, keluarga pelancong (minus Adik) telah empat kali mengunjungi pulau mini Helgoland. Keempatnya punya kesan tersendiri.

Hijau daratannya, merah warna tebingnya, dan putih warna pasirnya. Demikian orang menggambarkan warna-warna di pulau mungil ini. Menggambarkan warna merah batu tebing yang menjadi ciri khasnya, hamparan rumput hijau di pulau utama, dan putihnya pasir di pulau kecil yang dikenal sebagai Duene.

Helgoland adalah salah satu tujuan wisata favorit di Jerman. Setiap tahunnya, pulau mungil ini dikunjungi tak kurang dari 600 ribu orang. Di musim panas, sebagian besar mereka datang dengan menggunakan kapal feri dari beberapa kota di Pantai Utara seperti Hamburg, Bremerhaven, Cuxhaven, dan Husum. Di musim dingin, pulau ini hanya bisa dicapai dengan pesawat terbang dan kapal feri khusus.

Semua yang ingin menikmati pengalaman tak terlupakan menyusuri pantai utara dapat menggunakan kapal-kapal feri khusus penumpang, sebelum sampai ke horizon pulau bertebing merah ini. Kapal Atlantis yang mengngkut pelancong dari Bremerhaven ke Helgoland misalnya. Kapal ini dapat menampung hingga seribu penumpang setiap harinya. Kapal difungsikan selama tujuh hari dalam seminggu selama bulan Mei hingga September. Di dalamnya ada restaurant, tempat bermain anak, serta toko cinderamata kecil.

Sampai di pelabuhan, para pelancong   disambut dengan suasana berbeda dengan Jerman daratan. Bentuk rumah-rumah di Helgoland lebih bercorak Skandinavia. Hembusan angin segar menyapa setiap pengunjung. Tak heran, karena Helgoland tak mengenal masalah lingkungan. Udaranya paling bersih di seantero Jerman. Di pulau ini, kendaraan bermotor dilarang difungsikan. Yang ada adalah kendaran berbahan bakar baterai.

Sejak jaman lampau, Helgoland terkenal sebagai tempat pemandian laut. Para penderita alergi banyak melakukan tetirah di pulau ini karena udaranya yang bersih. Dulunya, sebagian penduduk pulau bermata pencarian sebagai pencari ikan dan nahkoda kapal. Saat ini, sebagian besar penduduk yang berjumlah sekitar 1650 orang hidup dari sektor pariwisata.

Helgoland terdiri dari dua pulau kecil seluas masing-masing 1 dan 0,7 kilometer persegi. Penghubung alami kedua pulau hancur akibat badai pada tahun 1720. Saat ini, keduanya saling dihubungkan oleh kapal feri kecil. Pulau utama terdiri dari dua tingkat, daratan bawah dan atas, dengan beda ketinggian sekitar 60 meter. Daratan bawah dipenuhi hotel, penginapan, restauran dan berbagai macam toko. Di sini juga ada kantor pos, balai kota dan museum. Daratan atas lebih banyak dipenuhi toko dan rumah penduduk setempat. Pulau kecil yang disebut Duene memiliki landasan terbang kecil dan menjadi tempat mandi dan berjemur.

Pulau tujuan wisata ini punya banyak hal untuk dinikmati. Mulai keindahan alam, flora dan fauna, sampai tempat-tempat belanja bebas pajak. Helgoland menyiapkan dirinya sebagai pulau wisata empat musim.Di musim semi dan gugur, sekeliling pulau penuh atraksi perpindahan burung. Bahkan di musim dingin, daerah dengan kadar oksigen dan yodium tertinggi di Jerman sangat cocok dikunjungi mereka yang ingin tetirah di daerah beriklim laut.

Aktivitas standar pengunjung harian biasanya adalah sekali jalan keliling bagian atas pulau, makan roti isi ikan, dan menggunakan sisa waktu untuk belanja. Jalan keliling pulau merupakan salah satu kegiatan favorit pengunjung. Jika mau, kita bahkan bisa jalan-jalan sambil belajar sejarah Helgoland dengan membaca tulisan di 16 batu bernomor yang tersebar di sekeliling pulau. Rute paling disukai adalah jalan di sisi timur pulau, melalui akuarium fauna laut dan pusat penelitian tua bernama Biologische Anstalt Helgoland. Jalannya terbuat dari beton berfungsi ganda. Baik bagi para pejalan kaki maupun mobil. Di kedua sisinya tampak taman bunga atau rerumputan. Di bagian kiri jalan berderet penginapan-penginapan dengan warna-warna cerah. Biru, hijau, merah. Menyegarkan mata.

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>