Ke Eropa di musim gugur, tak perlu bingung mau melakukan apa saja. Puas menikmati keindahan kota tujuan, waktu tersisa bisa dimanfaatkan untuk menikmati suguhan budaya di benua biru. Ada apa saja di kota-kota besar Eropa di musim gugur tahun ini? Simak saran dari majalah Stern dari Jerman :

Barcelona: 23. s/d 27. September
Parade jalanan terbesar Barcelona dengan boneka-boneka raksasa, La Merce. Di akhir-akhir minggu bulan September akan banyak diadakan pertunjukan di seluruh kota.

Zürich: 25. s/d 27. September
Dalam “Freestysport-Event” terbesar Eropa, para Snowboarder, Freeskier, Pilot-FMX dan Skateboarder terbaik dunia kemampuan mereka. Dengan berbagai trik, terjun sambil berpustar dan lompatan, mereka akan berusaha merebut titel bergengsi “freestyle” dan “crossover”.

Göteborg
Semua serba udang di pantai barat Swedia. Mulai 21 September bakal ada safari udang. Pengunjung bersama nelayan profesional bisa berburu udang laut dan menangkap ikan bersama.

Berlin
Dalam rangka peringatan 20 tahun runtuhnya tembok Berlin, Berliner Festspiele bersama Strassentheater Compagnie Royal de Luxe akan menyelenggarakan theater sensasional di awal Oktober. Akan hadir boneka-boneka marionet setinggi 2 hingga 15 meter di sekeliling Berlin dan akan berdongeng tentang sebuah kisah pertemuan kembali setelah lama berpisah.

Roma
Mencoba, bergerak dan merasakan : sangat diharapkan dalam pameran “Leonardo da Vinci – Sang Penemu Jenius”. Pengunjung bisa mencoba meniru membuat payung untuk terjun pertama, prototip helikopter dan mesin-mesin lainnya.

München
“So, Sorry”, sebuah pameran tak berhubungan dengan Festival Oktober termasyur. Melainkan pameran dari seniman China paling berpengaruh saat ini, Ai Wei Wei di Haus der Kunst atau Gedung Seni.

Hamburg: 1. Oktober s/d 31. Januar 2010
Firaun Mesir yang ini sudah meninggal 3300 tahun lalu. Kini Tutanchamun akan dihidupkan kembali. Dalam sebuah pameran berjudul sama, tak hanya terdapat rekonstruksi orisinil makam miliknya, melainkan pula kubah dengan tiang penyangga keranda, topeng emas mewah, patung-patung dewa dan kereta perang. Sekitar 120 pekerja seni mereka lebih dari 1000 tiruan.

Wina: 3. Oktober
Malam panjang di museum-museum terdapat pula di Austria. Berbeda dengan di Jerman, ORF akan menyelanggarakan pameran khusus malam hari pada Sabtu pertama bulan Oktober. Pesertanya 650 museum dan geleri seni di seluruh negeri. Seratus diantaranya terletak di Wina. Selain pameran banyak juga pertunjukan khusus lainnya.

Leipzig
Tanggal 20 Oktober, 20 tahun lalu, sekitar 70 ribu orang berdemonstrasi dalam  Revolusi Senin Damai DDR. Dengan lautan lilin, instalasi video dan audio serta pertunjukan cahaya, peringatannya akan diselenggarakan tahun ini. Hingga pergantian tahun nanti, kota Leipzig mengadakan pameran, film, konser. DI beberapa tempat akan dipamerkan barang seni bertema perubahan dan persatuan dua Jerman.

Avignon: 10./11. Oktober
Sebuah epik akan hidup kembali : 700 tahun lalu Paus Clemens memilih kota ini sebagai tempat tinggal. Diikuti oleh kedelapan penggantinya. Tahun ini Avignon memperingati dengan persembahan a la jaman pertengahan, termasuk pameran dan pertunjukan 3-D.

Paris: 21. Oktober s/d 23. November
Centre Pompidou menyelenggarakan sebuah festival seni baru di musim gugur. Para pengunjung dapat menikmati pameran, pertunjukan, hasil seni hidup lima minggu penuh. Carsten Höller, Andera Blum dan Zlatan Vulkosavljevic masuk dalam jajaran seniman dalam acara ini.

London: 27. Oktober
Sir Elton John manggung di Stadion Wembley tanggal 27 Oktober. Selain beliau, ada pula pertunjukan pemusik-pemusik kota ini, untuk menyemarakkan pameran terbaru kota “Beatles to Bowie” di National Portrait Gallery.

Cork: 23. s/d 26. Oktober
Lebih dari seribu pemusik dari seluruh dunia akan hadir di kota barat laut Irlandia ini, untuk melepas dahaga sekitar 40 ribu fans dalam Festival-Jazz terbesar di negeri ini. Hadir pula saxofonist asal AMerika Serikat Pharoah Sanders dan pemain terompet Brasil Caludio Roditi.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>