Berkeliling Eropa dengan tiket interrail adalah impian banyak remaja Eropa. Setelah menginjak usia dewasa (18 tahun) dan tak lagi duduk di bangku sekolah, merealisasikan impian mengenal dunia luar bisa diwijudkan dengan relatif mudah dan murah. Sebagian teman jerman kami juga pernah menggunakan tiket ini berkeliling beberapa negara Eropa ketika mereka masih muda. Satu teman setanah air pun pernah keliling belasan kota di beberapa negara dalam kurun waktu dua minggu dengan interrail. Tahun lalu (2008) sebanyak 240 ribu tiket interrail terjual. Banyak website tercipta, khusus membahas tiket favorit ini. Silakan saja cek di google dengan kata kunci interrail.

Tiket interrail, sekarang bernama InterRail Global Pass, adalah tiket kereta api yang berlaku dalam jangka waktu tertentu di negara-negara peserta atau negara-negara tertentu. Dulunya interrail tak berlaku global di semua negara, melainkan dibagi-bagi menjadi beberapa zona negara dengan harga berbeda-beda. Sekarang ini, interrail hanya punya dua pilihan, zona global, atau interrail satu negara, yang hanya berlaku di negara pilihan. Harganya sangat murah. Terutama bagi mereka yang berusia kurang dari 26 tahun.

Interrail global ada dua macam. Bagi yang ingin mengunjungi sedikit negara dalam waktu singkat, pilih saja interrail 5 atau 10 hari. Interrail 5 hari dapat digunakan 5 hari perjalanan dalam kurun waktu 10 hari. Sedangkan interrail 10 hari berlaku 10 hari perjalanan dalam kurun 22 hari.

Bagi mereka yang ingin memecahkan rekor perjalanan terpanjang sepanjang benua biru, bisa membeli tiket berlaku penuh untuk 22 atau sebulan. Tiket jenis ini berlaku di hampir seluruh kereta api kelas 1 atau 2 di 32 negara peserta program interrail selama kurun waktu berlaku. Penuh. Jadi pemegang tiket berhak melakukan perjalanan sesering mungkin. Di kereta-kereta api super cepat seperti TGV atau ICE sprinter pemegang tiket interrail diharuskan membayar biaya tambahan.

Tiket jenis baru interrail adalah tiket satu negara. Jadi jika ingin mengunjungi satu negara dalam kurun waktu tertentu bisa membeli tiket ini. Tersedia pilihan tiket untuk 3, 4, 6 atau 8 hari. Harga tiket interrail satu negara berbeda-beda, tergantung negara yang dikunjungi. Dia dibagi menjadi 4 grup negara. Negara-negara seperti Jerman, Perancis, Inggris memberlakukan tarif termahal. Sedangkan Turki, Ceko, Slowakia, Slovenia membandrol harga jauh lebih murah. Membeli tiketnya bisa dilakukan secara online melalui website khusus interrail atau di stasiun kereta api negara-negara yang memberlakukan tiket ini.

Sayangnya keluarga pelancong belum pernah memanfaatkan tiket interrail. Jadi belum punya pengalaman pribadi untuk dibagikan. Selain itu, kami belum punya waktu sangat panjang untuk bepergian keliling Eropa dengan kereta api. Jika dihitung pun, harga tiket untuk Emak dan Bapak yang telah berusia di atas 26 tahun, plus Embak yang juga sudah harus membayar, terasa sangat mahal buat kami. Belum lagi membayangkan ribet membawa dua anak kecil naik turun kereta api berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Dari segala kelebihan dan keutamaan yang ditawarkan interrail kepada para penggunanya, setidaknya ada dua hal perlu diperhatikan. Pertama, interrail hanya bisa dibeli oleh mereka yang setidaknya telah enam bulan tinggal di Eropa, Turki dan bekas negara-negara Uni Sovyet. Dan interrail tidak berlaku di negara dimana kita tinggal. Misalnya saja kami, tak bisa membeli interrail Jerman. Dan karena tak berlaku di negara dimana kita tinggal, bila membeli interail global pun, tiket tersebut tak bisa kami pakai di dalam Jerman. Jadi ada tambahan pengeluaran, deh….

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

8 Responses to “Interrail, Tiket Favorit Remaja Eropa”

  1. gooddell says:

    good info teman…

  2. alkatro says:

    thx 4 sharing. pengalaman anda tentang dunia wisata luas banget ya.. happy weekend. thx dah berkunjung :)

  3. makalah says:

    salam sob,
    info yang menarik..kapan ya bisa berwisata…

  4. ira says:

    trims buat semua apresiasinya…

  5. Hilmi says:

    Salam kenal… Il barusan ikut tour euro komplit yang cuma terasa seperti time to take a picture.. Buru buru sekali… Jadi penasaran gimana rasanya jalan sendiri di eropa … Kasih saran dong mbak.. Tp mesti nabung lagi

  6. felisia says:

    salam kenaal…
    gw bulan depan mo ke eropa sendirian. rute jkt amsterdam belgia paris venice. mohon info di venice gw perlu berapa lama yaa?

  7. ira says:

    salam kenal juga felisia.

    kemai pernah seharian ke Venice. Cukup untuk melihat sambil foto2 obyek utama di laguna2 utama disana. Tapi emang harus jalan cepet dan tak sempat terlalu menikmati suasana disana. Kalau Felisia ingin lebih mneikmatinya dan mengunjungi laguna-laguna kecil seperti Murano, dll.mungkin mesti alokasikan waktu 2-3 hari. Penginapannya coba cari di sekitar Mestre (Venesia daratan saja) selain harganya lebih miring, bangunannya lebih modern. Selamat berlibur, ya…

  8. […] beliau tak tinggal di negara Eropa, maka saat itu tak kami rekomendasikan untuk membeli tiket Interrail, tiket terusan kereta api yang bisa digunakan untuk keliling Eropa dengan kereta […]

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>