Kapal feri di HelgolandMenjadi seorang mahasiswa di Jerman memang banyak sekali kemudahan, keistimewaan didapatkan. Mulai tiket kendaraan murah, diskon-diskon saat masuk museum, kolam renang, hingga pameran. Belum lagi tawaran jalan-jalan murah, tak sedikit diberikan oleh masing-masing universitas. 

Dulu waktu masih berstatus mahasiswa di Bremerhaven pun, keluarga pelancong seringkali ikut menikmati fasilitas ini. Jalan-jalan murah meriah. Tak terlalu nyaman, namun karena dilakukan sama-sama, jadinya tetap menyenangkan.

Setiap kali ada acara jalan-jalan, pihak universitas akan memasang iklan besar seantero kampus. Siapa berminat mesti segera mendaftar ke penyelenggara. Siapa yang cepat mendaftar, dialah yang boleh ikut. Jika kapasitas telah terpenuhi, otomatis pendaftaran segera tutup.

Yang paling sering dulu adalah berwisata ke Helgoland. Empat kali kami pernah mengikutinya. Helgoland adalah satu-satunya pulau di lepas pantai utara perairan Jerman. Kami kesana bermedia sebuah feri penumpang besar. Hingga seribu penumpang muat di dalamnya. Empat kali itu, pengalaman berbeda kami lalui. Dengan teman berbeda-beda pula. Semua sangat berkesan.

Selain Helgoland, ada juga jalan-jalan bareng ke Groningen. Dengan 10 euro saja, pergi dan pulang. Padahal ongkos bus atau kereta bisa dua hingga tiga kali lipat. Tentu saja acara seperti ini tak boleh dilewatkan. Apalagi di Groningen kami bisa berbelanja di toko Asia besar dan lengkap, lalu makan di restauran masakan indonesia. Sehingga judulnya menjadi wisata belanja dan kuliner Groningen.

Lalu pernah pula kami ikut menyaksikan sebuah pameran besar di Hannover hanya dengan 2 euro saja. Atau ke Übersee museum di Bremen, 2 euro. Deutsche Auswandererhaus, museum sarat pendidikan tentang perpindahan manusia menuju penghidupan baru di Amerika, 3 euro saja. Juga ke Universum Bremen, sebuah pusat ilmu pengetahuan yang dikemas dalam bentuk permainan-permainan menarik. Harganya cuma 2 euro per orang.

 Jadi bila anda berstatus mahasiswa, sungguh sayang jika kesempatan seperti ini dilewatkan. Jarang-jarang bisa jalan-jalan semurah ini, kalau sudah bukan mahasiswa lagi.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

One Response to “Jalan Jalan Murah Mahasiswa, Dari Kampus”

  1. mariza says:

    keren! kalau ngadain trip nanti dimasukin ke http://www.ngetrip.com aja ya!

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>