jh-prumMusim dingin adalah musim terbaik untuk menjajal penginapan-penginapan murah di jugendherberge (youth hostel) negara bagian Rheinland Pfalz dan Saarland. Antara 15 Nopember hingga 15 Maret mereka memberikan diskon menginap besar-besar. Dua malam menginap mulai 39 euro saja. Tergantung standar kamar, antara II hingga IV+.

Setelah menginap gratis di Jugendherberge Gerolstein bulan sebelumnya, kami mencoba salah satu dengan standar tertinggi, si level IV+. Dua malam 69 euro sekeluarga sudah termasuk sekali makan malam dan dua kali sarapan. Untuk standar Jerman, sangat sangat murah.

Pilihan pertama kami adalah jugendherberge paling dekat dengan rumah. Yaitu antara Altenahr atau Bad Neunahr. Keduanya penuh untuk tanggal yang kami inginkan. Pilihan lainnya adalah Prüm, sebuah desa dekat dengan lokasi wisata musim dingin di Pegunungan Eifel. Prüm ada yang kosong. Langsung Bapak pesan.

Naik kendaraan pribadi dari rumah, satu jam lebih sedikit. Sebagian lewat jalanan pegunungan. Kami bawa alat seluncuran salju. Siapa tahu akhir minggu di awal Desember itu salju bakal turun deras. Seperti pengalaman kami di Gerolstein. Salju memang turun, tapi tak terlalu tebal. Main saljunya gagal.

Waktu lebih banyak kami habiskan di penginapan. Kamarnya lebih mirip hotel bintang 3 dibanding youth hostel. Lega dan nyaman. Kira-kira 30 -35 meter persegi. Terdiri dari satu tempat tidur dobel dan satu susun buat anak-anak. Jendelanya lebar-lebar, lantainya kayu mulus. Di salah satu pojok adalah tempat makan. Kamar mandinya juga lapang. Dan ada lift buat yang malas naik turun tangga.

Tempat ini ramai oleh keluarga dengan anak-anak. Di ruang makan selalu ramai oleh anak-anak besar kecil. Pemandangan jarang di negeri ini. Di saat sarapan, jenis makanannya jauh lebih bervariasi dibandingkan jugendherberge lain di negara bagian ini yang sudah kami coba : Montabaur dan Gerolstein. Salat pasta, roti hingga kue manis. Dijamin kenyang.

Kami membeli satu set alat bermain ping pong. Sebagian besar waktu kami habiskan dengan main ping pong di laintai bawah. Tempat main anak-anak kecil. Lebih asyik di Gerolstein. Ada satu meja bilyar dan satu permainan lainnya. Entah apa namanya.

Selain ruang makan, ada satu restoran, buka sampai malam. Dan beberapa ruangan untuk seminar dan konferensi atau acara besar lainnya.

Di pusat Prüm, kami ingin ke museum dekat rathaus. Gratis jika menginap di jugendherberge. Sayangnya hari Sabtu tutup. Jadi kami hanya menengok biara tua dan langsung kembali main ping pong di penginapan.

Possibly Related Posts:


Tags: , , , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>