Seorang teman lama yang akan berkunjung kembali ke Jerman minta tolong kami buatkan rencana perjalanan (itinerary) keliling beberapa negara Eropa. Kami carikan beliau beberapa informasi pendukung seperti tarnsportasi dan harga tiketnya. Karena beliau tak tinggal di negara Eropa, maka saat itu tak kami rekomendasikan untuk membeli tiket Interrail, tiket terusan kereta api yang bisa digunakan untuk keliling Eropa dengan kereta api.

Kemarin ketika beliau kami hubungi, beliau mengatakan sudah punya tiket Eurail sehingga bisa kemana-mana naik kereta api. Ini informasi menarik bagi kami. Sebelumnya kami sudah mendengar tentang jenis tiket ini. Namun belum pernah menggali lebih dalam.

Kini saatnya untuk mencari informasi lebih lanjut. Siapa tahu bakal berguna bagi kami atau kerabat lainnya. Tiket eurail ternyata mesti dibeli online. Bisa dibayar dengan kartu kredit atau Paypal lewat situs mereka : www.eurail.com. Kemudian mereka akan mengirim tiketnya ke alamat kita.

Eurail sendiri merupakan salah satu perusahaan asal Luxemburg yang menjual tiket kereta api di beberapa negara Eropa bagi penduduk di luar Eropa. Ini bedanya dengan Interrail yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang berdomisili di Eropa. Mereka penduduk negara-negara ini tak berhak membeli Eurail : Albania, Andorra, Austria, Belarus, Belgia, Bosnia-Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Republik Ceko, Siprus, Denmark, Estonia, Faeroer, Finlandia, Makedonia, Perancis, Jerman, Gibraltar, Yunani, Hungaria, Eslandia, Irlandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luxemburg, malta, Moldova, monako, Montenegro, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Rusia, San Marino, Serbia, Slowakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, Ukraina, Inggris Raya dan Vatikan.

Sedangkan tiket Eurail berlaku di 25 negara, antara lain : Belgia, Bulgaria, Denmark, Jerman, Finlandia, Perancis (termasuk Monako), Yunani, Irlandia, Italia, Kroasia, Luxemburg, Montenegro, Belanda, Norwegia, Austria (termasuk Liechtenstein), Polandia, Portugal, Rumania, Swedia, Swiss, Serbia, Slovenia, Spanyol, Republik Ceko dan Hungaria.

Ada empat macam tiket Eurail, bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan :

РGlobal Pass,  berlaku di 21 negara berbeda. Masa berlakunya berbeda-beda 15 hari, 21 hari, satu, dua atau tiga bulan. Harga mulai $429.

РSelect Pass : kombinasi 3-5 negara  di 23 negara Eropa. Berlaku 5 atau 15 hari dalam dua bulan. Harga mulai $275.

– Regional Pass menawarkan 25 kombinasi dari berbagai negara di wilayah Eropa. Tergantung kombinasinya, tiket ini berlaku 3 hingga 10 hari dalam satu atau dua bulan. Harga ditawarkan mulai $149.

– One Country Pass menawarkan kemungkinan bagia mereka ynag hanya ingin menjelajahi satu negara. Harga termurahnya $39 tergantung negara ynag dituju.

Ada beberapa kelebihan menggunakan menggunakan Eurail, seperti dikemukakan dalam situs mereka. Yakni :

* Fleksibel : Penumpang bisa memilih kemana mereka akan pergi. Jenis tiketnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
* Satu tiket berlaku untuk banyak perjalanan alias praktis. Tak perlu mengantri untuk membeli tiket setiap kali akan bepergian. Harganya pun bisa lebih murah dibandingkan tiket satuan.
* Cara jitu untuk berkeliling Eropa. Melihat lebih banyak pemandangan dan kehidupan Eropa dengan berkendara dengan kereta api.
* Stasiun kereta api biasanya terletak di pusat kota. Lebih mudah mencapai pusat keramaian dan atraksi wisata setempat.

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

One Response to “Keliling Eropa Dengan Tiket Eurail”

  1. sari says:

    Salam kenal,
    Ibu Emak yang baik…seorang teman saya (warga Jakarta) akan bepergian ke Jerman, Itali, dan Perancis. Dia akan pergi ke 3 negara tsb bersama pacarnya yang warga Belanda. kereta apa yang sesuai untuk mereka Bu?
    O ya, sepengetahuan Ibu, mana yg murah, travelling dengan bus atau kereta?
    Terima kasih

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>