pr-koblenzKota Koblenz di negara bagian Rheinland-Pfalz, termasuk salah satu yang terindah di Jerman versi Emak. Walau sudah sering ke sana, tetap saja suka sekali memandangi isi kota. Apalagi bagian Deutsche Eck, pertemuan dua sungai Mosel dan Rhein.

Musim dingin lalu, sekali lagi kami ke Koblenz. Tujuan sebenarnya adalah untuk menginap di youth hostel (Jugendherberge) Ehrenbereitstein. Istimewanya, hostel ini berada dalam sebuah kompleks benteng. Dua malam menginap, tak sekalipun kami keluar kompleks benteng. Waktu yang ada kami manfaatkan untuk mengunjungi semua museum dan ruang pamer di dalamnya. Asyik sekali berlibur sambil belajar sejarah kota Koblenz pada umumnya.

Itu akhir minggu mengesankan bagi kami. Selain karena saat berangkat, badai salju menyambut sebagian Jerman, sehingga perjalanan 1,5 jam kami tempuh dalam 4 jam. Kami ketinggalan makan malam di hostel. Lalu menginap di konstruksi berusia ratusan tahun, hingga berbagai hal yang kami dapatkan selama di sana. Di setiap hostel, setiap pengunjung/rombongan mendapatkan tempat makan tertentu. Selama di Ehrenbereitstein, kami mendapatkan tempat duduk di satu sudut di samping jendela. View dari jendela adalah Deutsche Eck tadi. Membuat kami berlama-lama duduk di sana selama jam makan.

Pengalaman berakhir pekan dalam benteng kemudian Emak tuangkan dalam artikel untuk Rubrik Backpacker Koran Pikiran Rakyat Minggu. Dimuat 15 September 2013.

Possibly Related Posts:


Tags: ,

One Response to “Kisah Koblenz di Rubrik Backpacker”

  1. hanari says:

    betul-betul pengalaman yang sangat seru sekali

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>