majalah-anakkuKotanya benar-benar mungil. Jika hanya berjalan, 10 menit usai kita lihat semuanya. Untuk mencapai kesana itu yang butuh perjuangan panjang dan petualangan. Itulah Hum di Kroasia, kota dengan predikat ‘paling kecil’ sedunia. Berpenduduk sekitar 20 jiwa saja.

Kami ke Hum dalam perjalanan antara Pula ke Rijeka. Di peta sepertinya tak terlalu jauh dari jalan tol yang kami lewati. Kenyataannya, ada jalan sedang direnovasi. Kebingungan kami mencari jalan alternatif. Sempat bersitegang ringan dengan teman-teman seperjalanan. Emak mulai mengomel tanda mulai stress perjalanan. hehe.

Pas ketemu jalannya, sudah agak sore. Dan, kami mesti melewati desa-desa, naik turun perbukitan, lewat jalan sempit lumayan serem. Cukup untuk satu mobil, dan agak-agak jurang di sampingnya. kalau berpapasan dengan mobil lain, salah satu mesti mepet di tepi jurang atau di punggung bukit. Yah, menuju kesana bagi kami punya nilai avontur tersendiri.

Hum sepi sore itu. Hanya satu mobil lain di parkiran. Kalau musim hangat konon lumayan banyak orang datang kesini. Entahlah ada angkutan umum atau tidak. Mengingat lokasi terpencilnya dan jalan sempit itu. Tapi pas masuk,  terlihat nuansa turismenya. Ada satu penginapan, satu gereja, satu pemakaman luas, beberapa rumah penduduk. Dan setidaknya ada tiga toko cinderamata. Semuanya terbuat dari batu alam. Kami masuk di satu toko. Membeli truffle dan propolis. Produk unggulan setempat.

Cerita kami di kota unik ini mengilhami Emak untuk menulisnya secara khusus. Hasilnya tampil di Majalah Anakku.

Possibly Related Posts:


Tags: ,

6 Responses to “Kota Termungil Dunia”

  1. maisya says:

    Wah penasaran deh sama kota ini hehe.. terus tujuan wisata di sana bangunan2 tua aja ya?

  2. ira says:

    Sebenernya ada lagi tur budaya Glagoliza, Maisya. Antara kota Roc dan Hum sepanjang 6 km. Tapi kami tak sempat melakukannya. :)

  3. Rebellina says:

    asyik banget bisa travelling ya Mbak. lebih spesifik lagi Mbak, pengen jadi inspirasi buat cerita horor, hehehe

  4. ira says:

    hihihi… Mbak Rebellina suka bikin cerita horor, yah? Di Eropa banyak kastil2 tua yang cocok untuk cerita seperti itu, Mbak…. :)

  5. hanari says:

    berarti tujuan wisatanya sebenernya agak kurang ya?namun karena mendapat gelar kota terkecil di dunia. tapi suatu pengalaman yang sangat seru tentunya sudah bisa berkunjung

  6. wisata says:

    sedikit banget penduduknya, cuma 20 kurang dari 1 RT hehehe…

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>