oleh : Feronica Luttmer

(sambungan dari sini)bali-di-pulau-kreta

Bali, merupakan daerah tempat kita menginap selama berlibur di Kreta. Bali ini boleh di bilang desa kecil yang tidak banyak penduduknya. Di sini terdapat 5 pantai dan pelabuhan kecil. Dari Apartement hotel „ Sofia dan Mythos“ tempat kita menginap ini, kita mendapat pemandangan yang bagus sekali. Langsung dari Balkon kita dapat melihat pelabuhan dan pantai. Menurut kita apartement di Yunani boleh di bilang tidak begitu komplit seperti Apartement lainnya dimana kita suka sewa. Biarpun hampir setiap hari di bersihkan tetap saja tidak bersih. Karena asal saja yang penting dipel tuh. Hehehe…
Udara di sore hari ternyata masih dingin di sini. Payahnya itu selimutnya tidak oke.

Transportasi di Kreta, sebaiknya sih kita menyewa mobil untuk dapat mengelilingi pulau ini. Kalau harus menunggu bis kayaknya terlalu lama dan tidak semua tempat yang kita kunjungi dapat di capai atau di lalui bis. Tidak seperti negara lainnya, sebaiknya kita menyewa mobil itu langsung di Kreta, karena lebih murah. Kita harus rajin keliling Tanya-tanya harga sewa mobilnya. Kita dapat sewa mobil untuk 10 hari seharga 180 euro. Ternyata ada yang lebih murah lagi tuh hehehe…

Tempat-tempat yang kita kunjungi atau tempat kita mendaki:
1. Bukit benteng pertahanan Bonripari, Benteng pertahanan di atas bukit ini terdapat di Kreta bagian barat. Untuk mencapainya kita harus jalan tapi tidak terlalu jauh. Hanya saja buku berjalan keliling kita alias mendaki ini tidak begitu jelas. Kita agak susah mencari jalan untuk naik ke atasnya. Sempat beberapa kali nyasar untuk mencari jalannya. Aku sempat malah bilang ke Walter „ kamu salah baca tidak itu petunjuknya“. Dia malah jawab „buku ini yang salah kasih keterangan atau aku yang bodoh baca buku ini“ heheh… ternyata memang bukunya yang tidak jelas kasih keterangan. Bukan hanya 1 kali saja keterangan yang tidak jelas tapi beberapa kali. Akhirnya ketemu juga walau jalan menuju keatas agak tertutup. Perjalanan kita di hadiahkan dengan pemandangan yang bagus, jalanan yang kita lalui di tumbuhi tanaman dan bunga liar yang bagus sekali bukan hanya itu dari ataspun pemandangannya oke banget. Ada juga sih tanaman yang berduri seperti distel . Tanaman distel ini di jerman menghasilkan minyak yang di pakai sebagai minyak salat.

2. Rethymnon, daerah ini merupakan kota ke 3 terbesar di Kreta. Banyak sekali Cafe di sepanjang pelabuhan Rethymnon yang di kunjungi oleh para anak muda Kreta. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang dibangun pada jaman jajahan Venesia serta terdapat juga Mercu Suar. Kita dapat juga melihat Benteng pertahanan Fortaleza. Benteng pertahanan ini di perkirakan benteng terbesar yang pernah di buat oleh Venesia. Didalam benteng pertahanan ini kita dapat melihat Mesjid Sultan Ibrahim Han yang di bangun pada jaman jajahan Osmanen ( Sekarang di kenal sebagai Turki). Sayangnya waktu pertama kali kita ke sana udah sore, jadi mesjid tersebut sudah di tutup. Kita terakhir datang lagi ke sini, hanya sayang lagi kamera kita rusak, terpaksa tidak ada fotonya.:-((. Di sebelahnya terdapat Kapel.

Di kota tua Rethymon dapat kita kelilingi gang-gang kecilnya, di sana kita dapat melihat banyak bunga di depan rumah. Serta balkon pada jaman Turki. Kita sempat melihat dari jauh Minaret, tapi kita tidak menemukan jalan masuk menuju ke sana. Heheh… J) sempat keliling-keliling tetap saja tidak ketemu. Heheh…

3. Livaniana dan Jurang Aradhena, sebenarnya jurang yang terkenal di Kreta yang banyak di kunjungi oleh para turis dan merupakan salah satu program wisata yang di jual oleh travel agent adalah Jurang Samaria. Jurang Samaria ini sangat susah untuk di capai, kita harus naik kapal laut ke sana lalu untuk melaluinya kita harus bayar tiket masuk jurang ( melalui jurang saja harus bayar?? ). Kita memutuskan ke Jurang Aradhena. Jurang ini juga tidak mudah untuk dapat di lalui. Tapi sangat menarik untuk di lalui. Kita melihat banyak sekali kambing liar dan banyak yang mati jatuh dari atas tebing. Kita bisa melihat dari sisa-sisa tulang yang ada. Ada juga yang masih komplit atau hanya tinggal tulangnya saja. Akhir dari perjalanan ini kita dapat menemukan pantai yang bagus sekali Ormos Finika. Pantai ini hanya dapat di lalui dengan menjalan kaki keliling atau naik kapal laut. Tidak dapat di capai dengan mobil. Sebenarnya juga kita mau balik melalui Loutro. ( daerah ini hanya dapat di capai dengan jalan kaki atau naik kapal laut). Hanya saja kita sempat nyasar dan pulangnya kita balik lewat Phoenix. Ternyata buku wandern kita ini benar-benar tidak bagus, soalnya kita nyasar lagi. Heheh… J Kita punya beberapa buku wandern dari penerbit yang sama. Buku wandern lainnya yang kita gunakan di daerah lainnya sangat bagus, makanya kita beli buku wandern ini dari penerbit yang sama.

4. Lassithi Plateau / Dataran tinggi Lassithi, Dataran tinggi yang terletak di Kreta bagian timur ini sangat menarik untuk di kunjungi. Walaupun jauh J. Daerah ini juga yang di tawarkan oleh para jasa wisata di Kreta. Dataran tinggi ini terkenal dengan Kincir anginnya yang di jalankan dengan layar. Hanya sayang kincir angin yang banyak terdapat di sini hanya tinggal kenangan saja. Layarnya sudah tidak ada lagi dan Kincir anginnya sudah pada rusak dan sekarang kegunaan dari kincir angin tersebut di gantikan oleh listrik. Kincir angin ini dulunya di pakai sebagai alat pompa air. Pompa air ini berguna untuk mengaliri persawahan yang ada di daerah ini. Daerah ini anginnya kencang banget dan boleh di bilang agak dingin. Kita dapat melihat para petani yang bekerja di persawahan serta ada yang menaiki keledai. Di daerah inilah yang masih banyak keledai yang di gunakan untuk membantu persawahan. Walaupun sudah banyak yang mengganti dengan mesin traktor. Serta banyak yang menggembala domba dan kambing di jalan.

5. Pantai Falassarna, perjalanan menuju pantai ini tidak begitu gampang,karena jalanan yang kita lalui sedang di perbaiki. Tapi perjalanan ini melewati gunung di belakang gunung ini kita dapat menikmati pemandangan yang menarik. Kita melihat ada bagian tanah yang penuh dengan perkebunan buah yang terdapat dalam rumah plastik dan di atas gunung terdapat banyak pohon Olive. Pantai falassarna sangat luas dan pasirnya yang halus dan berwarna kuning. Angin bertiup sangat kencang di pantai ini. Air lautnya sangat jernih sekali tapi dingin.

6. Chania, Kota ke 2 terbesar pulau Kreta Venesia ini, bukan karena kanalnya. Tapi karena bagusnya arsitektur jaman Venesia. Seperti Pelabuhan, dan bangunan yang tersebar di dalam kota tua ini. Kota tua ini benar-benar sangat nikmat untuk di kelilingi dan masuk ke dalam gang-gang kecil. Kota ini sebelumnya merupakan ibukota Kreta.

7. Zaros dan Jurang Rouras, daerah ini satu-satunya tempat penakaran ikan Forelle. Di sini juga terdapat taman bermain anak-anak dan restaurat satu-satunya yang pada waktu akhir pekan penuh dengan keluarga untuk berakhir pekan. Dari sini terdapat jalan menuju ke atas untuk mendaki jurang. Lucunya pada waktu kita ke sana, kebetulan ada rombongan anak-anak sekolah. Dimana anak laki-laki mengenakan kaos warna biru dan anak perempuan dengan kaos warna merah muda. * typis ya anak laki warna biru dan perempuan merah muda*.

(bersambung)

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

One Response to “Kreta, Pulaunya Zeus di Yunani (2)”

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>