Suhu udara makin menghangat. Di waktu-waktu seperti ini lebih banyak orang menghabiskan waktu di luar rumah untuk menikmati sinar matahari. mereka melakukan berbagai kegiatan. Tak cuma jalan-jalan, namun juga kegiatan aktif lain seperti naik gunung, berjalan kaki melewati rute-rute eksotik, dan bersepeda. Bersepeda untuk menikmati udara segara tak hanya menyehatkan, pun orang bisa melakukan perjalanan ramah lingkungan. Di Jerman, ada sekitar 200 jalur khusus sepeda. Setiap tahun Klub Sepeda Jerman (ADFC) memilih jalur sepeda terbaik negeri ini.

 

Elberadweg (Rute Sepeda Elba)
Dari Schoena atau Bad Schandau hingga Cuxhaven atau Brunsbuettel, 860 kilometer

Elberadweg sebenarnya tak termasuk yang terbaik versi ADFC, namun merupakan rute jalur sepeda paling disukai. Pertama para pecinta sepeda mesti memutuskan : Apakah akan melewati sisi kiri atau kanan rute ini. Atau dari kiri lalu kembali lewat kanan atau sebaliknya. Atau juga bisa menyeberang sungai di tengah perjalanan sehingga bisa menyaksikan Sungai Elba dari perspektif berbeda. Saking disukainya rute ini, banyak para wisatawan sepeda tak bisa memutuskan. menurut ADFC, rute ini dilewati oleh 145 ribu penyepeda tahun lalu. Mereka rata-rata menghabiskan waktu 9 hari, serta menghabiskan dana 60 euro per hari per orang di kota-kota ynag dilewati Sungai Elba : Dresden, Magdeburg dan Hamburg. Juga kota-kota kecil seperti Wittenberg, Hitzacker dan Glueckstadt. Satu tip lagi buat wisatawan : angin belakang lebih sering berhembus bisa mereka mengambil rute dari muara menuju mata air Elba.

Mainradweg (Rute Sepeda Main)
Dari Bischofgruen atau Creussen ke Mainz, 600 kilometer

Satu rute sepeda jarak jauh ynag membuat para wisatawan sepeda bingung memilih. Apakah mau mulai di Bischofgruen, di mata air Sungai Main Putih atau di Creussen, mata air Sungai Main Merah. Siapa yang memulai dari Creussen akan melewati Wuerzburg, Frankfurt dan Bayreuth. Sungai Main Putih mengalir dari Pegunungan Fichtel. Antara Kulmbach dan Mainleus dua sungai kecil ini bertemu dan mengalir menjadi Sungai Main tak berwarna hingga bertemu dengan Sungai Rhein. Rute sepeda ini termasuk kategori terbaik ADFC.

Weser-Radweg (Rute Sepeda Sungai Weser)
Dari Hannoversch Muenden hingga Cuxhaven, 491 kilometer.

Rute sepeda Sungai Weser ini juga merupakan salah satu rute sepeda jarak jauh favorit di negara ini. Di kota penuh Fachwerkstatt (rumah abad pertengahan bertulang kayu), Hannoversch Muenden, dimana dari dua sungai FUlda dan Werra bergabung menjadi Weser, adalah titik awal mulainya tur sepeda di jalur ini. Hampir tanpa tanjakan kadang mengarah ke kanan, kadang ke kiri, mengalir sungai ini menuju Pantai Utara Jerman. Sebagai tempat istirahat, ada banyak kota kecil di tepi Weser yang punya banyak kota tua bersejarah. Seperti Hoexter, Hameln, Minden dan Bremerhaven. Siapa yang mau berkendara sepeda dengan lebih nyaman, bisa menitipkan barangnya di bus-wisatawan-sepeda. Waktu tinggal di utara dulu, kami juga pernah bermimpi suatu saat bersepeda di tepi Weser yang indah.

Lahntalradweg (Rute Sepeda Lembah Lahn)
Dari Nethpen hingga Lahnstein, 244 kilometer

Sungai Lahn mengalir dari Pegunungan Rothaargebirge menuju Rhein. Di sisi sepanjang sungai akan banyak ditemui sisa-sisa reruntuhan istana, biara-biara, gereaj serta puri-puri. Wisatawan sepeda bisa berhenti di kota universitas Giessen atau Marburg. Ataupun di kota-kota lebih kecil misalnya Vilmar, Limburg atau Nassau. Mata air Sungai Lahn dikelilingi oleh perbukitan. Setengah rute sepeda ini berada di wilayah hutan dan tanjakan Taunus serta Westerwald. Rute sepeda jarak jauh ini telah dua kali diberi empat dari lima bintang oleh AFDC.

Oder-Neisse-radweg (Rute Sepeda Oder-Neisse)
Dari Nova Ves dekat Jablonec (Republik Ceko) hingga Ueckermuende, 540 kilometer

Rute sepeda ini berada di dua aliran sungai peuh sejarah, yang dulu berfungsi sebagai batas tak terjembatani antara Barat dan Timur. Beberapa kilometer pertama berada di negara Ceko. Kemudian para wisatawan sepeda sampai ke Hartau atau Zittau, kota-kota pertama di Jerman. Rute ini menuju ke arah barat, melalui kota perbatasan Gubin, Eisenhuettenstadt dan Frankfurt//Oder. Setelah meninggalkan kota besar, maka suasana pedalaman begitu terasa.

Donau Radweg (Rute Sepeda Sungai Donau/Danube)
Dari Donauschingen hingga Passau, 674 kilometer

Rute sepeda Sungai Donau merupakan bagian dari Euroveloroute Nomor 6, yang membujur dari Atlantik hingga Laut Hitam. Rute ini memiliki jalanan yang cukup bagus. Sungai DOnau mengalir dari Donauschingen, dimana mata airnya dikumpulkan dalam satu bak di halaman istana-istana di abad 18. Di awal rute, para wisatawan sepeda mesti melewati beberapa tanjakan, sebab lembah Donau relatif sempit. Dari sini pemandangan ke arah sungai sangatlah menawan. Di Beuron dan Sigmaringen orang bisa sekaligus melakukan tur ke beberapa kastil. kemudian Donau akan semakin lebar, gunung-gunung semakin terlihat rendah. Tapi bangunan-bangunan di kota-kota tepi sungai di Ulm, Ingolstadt dan Regensburg tetap menawan. Di Passau, Sungai Donau bertemu dengan Sungai Inn dan Ilz, untuk kemudian meneruskan alirannya ke seberang Austria.

Neckartal-Radweg (Rute Sepeda Lembah Neckar)
Dari Villingen-Schwennigen hingga Mannheim, 363 kilometer

Negara bagian Baden-Wuerttemberg adalah surga bagi pecinta sepeda. Di sini ada 17 rute dengan jalanan bagus dan pertunjuk lengkap. Salah satunya Neckartal-Radweg ini. Sungai Neckar berawal dari satu aliran kecil. baru dari Rottweiler dia berubah menjadi sungai lebih besar. Rottenburg dan Tuebingen adalah puncak budaya di rute ini. Biasanya orang lebih suka cepat-cepat melewati Stuttgart dan ingin segera kembali ke suasana lebih alami. Di akhir tur yang berlangsung kira-kira empat hari penuh ini, perbukitannya akan meninggi, dan banyka dijumpai bekas-bekas benteng. Dari Odenwald orang berkendara ke arah Heidenheim, lalu terus ke Mannheim.

Altmuehltalradweg (Rute Sepedan Lembah Altmuehl)
Dari Rothenburg ob der Tauber hingga Kelheim, 248 kilometer

Pelancong asal Amerika Serikat dan Asia hampir tak pernah melewatkan Rothenburg ob der Tauber sebagai tempat yang harus disambangi ketika mereka melawat ke Eropa. Buat wisatawan sepeda, rute jarak jauh melewati Lembah Altmuehl ini adalah tujuan klasik. SUngai Altmuehl awalnya mengalir tenang, di Taman Nasional Altmuehltal orang bisa bersepeda tanpa gangguan kendaraan bermotor. Mulai Papenheim, sungai menyempit, karang-karang di tepi sungai menanjak. Kota bergaya baroque Eichstaett adalah tempat pemberhentian utama. Seperti banyak kastil dan bekas benteng di lembah sungai yang makin melebar. Bila sungai Altmuehl kemudian sampai di muara Donau, maka orang bisa langsung mengakhiri perjalanan atau meneruskan tur melelaui rute Donau-Radweg.

Oder-Spree-Tour
Dari Fuerstenwalde ke Fuerstenwalde, 246 kilometer

Satu putaran rute ini diberi bintang 4 oleh AFDC. Rutenya melalui 2 taman nasional. Biara baroque Zisterzienser menjadi atraksi wisata luar biasa menarik. Dari Lembah Schlaube kemudian berjalan ke Beeskow, dengan kota bersejarahnya. Di tempat tetirah Bad Saarow, para wisatawan sepeda dapat melepas lelah di sumber air panas mereka.

Das Liebliche Taubertal
Dari Rothenburg ob der Tauber hingga Rothenburg ob der Tauber, 260 kilometer

Ini adalah salah satu rute sepeda terbaik di Republik jerman. Dianugerahi 5 bintang oleh AFDC. Dan mulai ada sejak lebih dari 25 tahun lalu. Rute melingkar ini terdiri dari dua bagian : Menyusuri der Tauber, orang tak menemui banyak tanjakan, dari Rothenburg ob der Tauber, lewat Tauberbischofsheim hingga Wertheim. Sungai Tauber bermuara ke Sungai Main. Lalu jalanan mulai menanjak. Di ketinggian Tauberfranken orang mesti punya kemampuan fisik prima – lewat Kuelsheim, Assamstadt dan Niederstetten, lalu kembali ke Rothenburg ob der Tauber.

Emsradweg (Rute Sepeda Sungai Ems)
Dari Hoevelhof hingga Emden, 375 kilometer

Rute dimulai dari Hutan Teutoburger, mendapatkan empat bintang ADFC. Hampir tanpa tanjakan berarti, tur ini bermula dari mata air hingga muara SUngai EMs di Pantai Utara Jerman. Makanya rute ini dianggap ramah buat para keluarga. Dari wilayah Paderborn lewat Guetersloh dan Muensterland, orang akan banyak menemui istana-istana air. Di Emsland, badan sungai semakin melebar, dan di Ostfriesland, akan sangat terasa suasana maritim.

Saarradweg (Rute Sepeda Saar)
Dari Sarreguemines (Perancis) hingga Konz (98 kilometer)

Negara bagian Saarland punya 3 rute sepeda jarak jauh berpetunjuk. Dibanding Saarland-Radweg dan Saar-Bostal-Radweg, Saarradweg adalah yang terpendek. Dari perbatasan dengan negara Perancis, jalanan mendatar di tepi sungai hingga muara Saar di Mosel. Setelah memulai dari Perancis, perjalanan akan melewati Saarbruecken dan di Voelklinger Huette di Saarlouis (didirikan oleh Raja Ludwig XIV). Di belokan Saar belakang Merzig orang dapat berkendara sepeda pelan sambil menikmati pemandangan. Setelah lewat Mettlach, perjalanan berakhir di Konz.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>