Satu lagi maskapai penerbangan murah Jerman dengan pelayanan memuaskan, Germanwings. Berbasis di bandara Koln alias Cologne, dekat dengan tempat tinggal kami sekarang. Hanya sekitar 40 kilometer jaraknya.

Maskapai ini memang mulai kami perhatikan setelah tinggal di Duren ini. Tidak sebelumnya. Sebab belum kami temukan harga dan tujuan pas dengan kehendak kami. Hingga kemudian setelah setahunan tak melancong ke luar negeri, kami temukan tiket murah Koln – Warsawa, awal Desember tahun 2008. Tak sampai 20 euro per orang. Total biaya penerbangan kami saat itu adalah sekitar 180 euro. Pergi pulang. Lengkap dengan biaya bagasi sebesar 10 euro sekali jalan.

Website sampai pesawat milik Germanwings didominasi warna ungu. Warna ini terus mendominasi saat kita sampai di terminal check in khusus milik mereka di bandara Koln. Mereka punya puluhan tempat check in di bandara tempat mereka bermarkas. Di pagi buta saat kami berniat check in menuju Warsawa, ratusan penumpang lainnya telah memadati ruang besar tersebut.

Germanwings tak memberlakukan loket check in khusus untuk tujuan tertentu. Sama seperti AirAsia di Kuala Lumpur. Penumpang semua tujuan mengantri salam dua baris panjang. Semua loket melayani penumpang tujuan manapun yang akan terbang di pagi hari itu. Untunglah meski antrian mengular pelayanan relatif cepat. Tak sampai sepuluh menit berdiri, kami telah berada di loket check in. Jika mau lebih cepat lagi, penumpang tanpa bagasi bisa check in online atau lewat komputer mereka di bandara. Tinggal memasukkan kode booking dan data penumpang lainnya, boarding pass akan segera tercetak.

Germanwings punya beberapa rute menarik dengan harga miring. Tiket diskon biasanya bisa didapatkan mulai hari Selasa hingga Minggu. Berlangganan newsletter mereka juga tak ada ruginya. Rute paling sering didiskon dari bandara Koln adalah tujuan Italia (Bologna, Roma, Venezia), Spanyol (Barcelona), Austria (Wina, Klagenfurt, Salzburg), Eropa Timur (Praha, Warsawa, Krakau), dll. Dari bandara lain di Jerman, mereka terbang dari kota Stuttgart, Hamburg, dan Berlin.

Ada dua rute menarik lainnya yang masuk dalam daftar incaran kami, meski jarang ada diskon, tapi dibanding maskapai lainnya lumayan murah, yakni : Nice, St. Petersburg dan Istanbul. Semoga suatu saat ada rejeki. Amin…..

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

3 Responses to “Maskapai Murah Germanwings”

  1. info-gadget says:

    murah di jerman nggak seperti murah di indo kan?hehe…:)

  2. HAPIA Mesir says:

    info bagus sob…bermanfaat ni bagi yg mw jalan2 ni….

  3. Abang says:

    @ Mas Info-gadged: Kohln-Warsawa itu jaraknya sama sperti Jakarta-Lombok Mas. Bedanya ini Jerman-Polandia (jadi ke luar negeri). Lha itu harga tiket pesawatnya 20 PP. Kuwi podo karo 250ribu rupiah pulang pergi (PP). Di Indonesia mana ada Jakarta-Lombok PP pesawat 250 ribu rupiah. Ada tapi pesawatnya gak terbang :D.

    Makanya judulnya ‘maskapai murah’ hehehe.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>