Hlx alias Tuifly

Maskapai Tuifly

Naik pesawat dengan harga taksi? Atau dengan 10 euro sudah bisa terbang menuju belahan lain Eropa? Atau beli satu dapat dua tiket pesawat terbang? Wow siapa tak tergiur dengan murahnya harga tiket penerbangan murah sekarang ini. Apalagi, maskapai-maskapai penerbangan murah merambah hampir seluruh kota-kota besar utama Eropa. Berlin, Paris, Milan, Roma, Athena, Madrid, Barcelona, Nizza, Malloca, Istambul, Lissabon, dan masih banyak lagi. 

Banyak sekali pemain lama dan baru sebagai penyedia tiket penerbangan murah seperti ongkos taksi. Yang paling terkenal adalah Ryanair. Disusul EasyJet, Air Berlin, Germanwings, Tuifly. Bahkan Lufthansa yang terkenal mahal, menyediakan penerbangan murah untuk bebarapa rute tertentu.

Dari sekian banyak maskapai, baru tiga yang telah dicoba oleh keluarga pelancong, Tuifly, Germanwings dan Lufthansa. Ketiganya memberikan pelayanan memuaskan. Selain harga tiket murah, kejelasan dalam sistem pembelian tiket. Selama beberapa kali terbang, kami tak menemukan kesulitan atau hambatan berarti.

Sebenarnya menurut suatu survey, Ryanair menawarkan harga tiket termurah. Namun Ryanair memiliki bandara-bandara di kota-kota kecil yang agak sulit oleh kendaraan umum, sehingga ada ongkos tambahan yang membuat harga tiket murah itu jadi lebih mahal. Contohnya, di negara bagian Nordrhein Wesfalen, Ryanair berpangkalan di Weeze. Untuk sampai kesana, ongkos kendaraan umum buat kami adalah seratusan euro. Padahal jika terbang dari Köln atau Frankfurt kami hanya membayar 30 hingga 50-an euro saja. Belum lagi di tempat tujuan juga demikian. Alih-alih di Barcelona, penumpang akan mendarat di Girona, artinya harus menyiapkan uang lebih banyak untuk menumpang bus Girona-Barcelona.

Hal ini seperti ini menjadi acuan kami dalam memilih satu maskapai penerbangan murah. Pilihan pertama adalah kota tujuan. Ryanair sebenarnya pilihan menarik. Dia memiliki rute-rute di hampir seluruh Eropa dan sebagian Afrika. Germanwings rutenya cukup banyak. Namun di rute-rute tertentu harga tiketnya sangat mahal. Tuifly pun demikian. Jika ingin ke Italia, Yunani atau Spanyol, maskapai ini bisa dipertimbangkan. 

Lufthansa kadang memiliki rute tertentu yang lebih murah dibanding maskapai penerbangan murah. Misalnya saja ke Lissabon. Harga tiketnya lebih murah dari penerbangan murah manapun. 

Penerbangan murah, biasanya tak menyediakan makanan dan minuman gratis. Jika ingin sesuatu, harus membeli selama perjalanan. Atau membawa bekal sendiri. Pertama terbang, dan belum punya pengalaman naik penerbangan murah sebelumnya, kami mesti membeli air minum yang harganya bisa enam kali lipat harga di supermarket. Makanya agar lebih hemat, kami mengisi air dulu di bandara atau membeli di toko duty free. Jatuhnya lebih murah.

Dan karena bukan penerbangan murah, Lufthansa menyediakan setidaknya makanan dan minuman ringan bagi penumpang. Awalnya, kami yang terbiasa naik penerbangan murah tak mengetahui hal ini. Kami bahkan sudah menyiapkan uang untuk membeli makanan dan minuman. Begitu tahu gratis, wah, langsung bertambah kebahagiaan kami memakannya.

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

54 Responses to “Maskapai Penerbangan Murah Eropa”

  1. Zulfa says:

    Mbak, Klo dari Eropa ke Rusia lebih murah mana naik kereta apa pesawat? Aku denger dari Jerman ada kereta menuju Rusia. Klo mbak Ira belum kesana. Mungkin ada teman atau info. Aku nih suka naik kereta, biar bisa lihat pemandangan dan kehidupan lokal sekitar. Trus pulangnya dari Rusia naik kereta Impian Trans-Siberia ke China. *itungduit* :) Matur Nuwun Mbak.

  2. ira says:

    Wadduhhhh, durung weruh aku Zulfa. Isih durung ana rencana mrono soale. Rada males yen kudu ngurus visa. hehehe.

  3. Zulfa says:

    Aku tahun 2012 wingi coba ngurus Visa. Ketolak :( Ribet Visa e Mbak. harus ada sponsor dari Rusia atau Hotel. hadew…

  4. ira says:

    Mangkane kuwi. Aku lunga nang negoro2 bebas visa dhisik. Utowo paling banter sing iso nggawe Visa on Arrival. :)

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>