Orang tak mengenal Jerman sebagai negara tujuan wisata belanja. Kalah pamor sama negara tetangganya seperti Paris (Perancis) dan Swiss. Meski kedua negara itu terkenal akan kemahalannya. Bukan berarti tak ada tempat wisata belanja asyik di negeri ini. Ada beberapa tempat punya gerai penjualan pabrik (factory outlet) dengan harga sangat miring. Barang-barang bermerek pun banyak dijual secara diskonan.

Keluarga pelancong jarang sekali berwisata belanja. Semoga saja informasi ini bermanfaat. Paling-paling hanya cuci mata saja ke tempat-tempat tertentu.

Di kota-kota di bawah ini, ada tempat-tempat berbelanja mode dan aksesoris murah di Jerman.

1. Ingolstadt

Kota di tengah-tengah negara bagian Bavaria, tak jauh dari Munich ini punya daerah pusat belanja bernama Ingolstadt Village. Dengan lebih dari 80 butik penjual barang milik desainer inetrnasional seperti Aigner, Bally, MCM, Steiff, Wolford, dan masih banyak lagi. Barang-barang trendi koleksi tahun sebelumnya dijual dengan potongan hingga 60 persen. Pusat belanja di kota ini terdiri dari gang-gang dan banyak tempat untuk melepas lelah. Tempat parkir, restauran dan kafe untuk melepas lelah juga banyak tersedia. Para pelanggan bisa mendapatkan Oberbayern card secara gratis, untuk tambahan potongan harga pembelian barang sebesar 10 persen lagi.

2. Herzogenaurach

Sejak abad 19, Herzogenaurach sangat beken sebagai kota pusat pembuat sepatu. Saat ini, kota di negara bagian Bavaria ini menjadi pusatnya Puma dan Adidas. Ada 6 pusat penjualan pabrik dengan lokasi berdekatan di Herzogenaurach. Suatu tempat belanja menyenangkan bagi pecinta olah raga khususnya sepak bola. Dibanding di toko biasa, harga barang disini dijual dengan potongan 20 hingga 70 persen. Selain Puma dan Adidas, ada Sport Hoffmann, Nike, Teamsport, dan Mahr, sebuah pabrik produsen sepatu.

3. Metzingen

Kota kecil dekat Stuttgart di negara bagian Baden-Wuttemberg ini adalah kota outlet terbesar di Eropa. Dikunjungi kira-kira 2,5 juta orang per tahun, dengan sekitar 75 outlet, sebagian adalah butik-butik terkenal dan penjual barang-barang mode bermerek untuk pria, wanita, anak-anak, baju dan perlengkapan olah raga, pakaian dalam, mode berbahan kulit, dan segala macam asesori dari S. Oliver, Marcopolo, Adidas, Hugo Boss, Reebok, Escada, Esprit, Quicksilver, dll.

Menurut seorang kawan, sebagian pengunjung Metzingen adalah orang Asia. Bagi warga negara non-Uni Eropa, bisa pula belanja bebas pajak (tax free) di Metzingen.

4. Berlin, Zweibrücken, Hannover

Outlet para desainer banyak berdiri di kota-kota ini. Menawarkan pakaian dan perlengkapan olah raga hingga pakaian resmi. Mulai rumah-rumah mode termasyur hingga desianer lokal. Semuanya ditawarkan dengan harga miring.

5. Helgoland

Helgoland adalah satu-satunya pulau di laut lepas perairan Jerman. Kalau mau kesana mesti naik kapal feri besar atau pesawat terbang. Di Helgoland biasanya orang banyak membeli parfum, coklat, rokok dan minuman beralkohol. Karena berbelanja disini bebas pajak, maka harga barang-barang yang dijual pun bisa lebih murah hingga 30 persen dibanding harga barang serupa di Jerman daratan.

Kami sendiri sudah empat kali berkunjung ke Helgoland. Memanfaatkan jalan-jalan murah dari kampus kami dulu di Bremerhaven. Tentunya kami tak banyak berbelanja disana. Pemandangan alam Helgoland tak kalah menarik untuk disimak.

6. Ratingen

Di kota di negara bagian Nordrhein-Westfalen ini Esprit punya sebuah factory outlet besar. Dengan berbagai macam produk : celana, kemeja, kaos polo, kaos oblong, sweater, pakaian dalam, rok, pakaian renang, tas, dompet, dll. Berbelanja disini bisa menghemat hingga 50 persen.

7. Mönchengladbach

Bila di Ratingen ada Esprit, di Mönchengladbach (juga di negara bagian Nordrhein-Westfalen) ada outlet besar Mexx. Koleksinya mode-nya lumayan lengkap menurut informasi seorang kawan. Apalagi koleksi baju anak-anak. Sangat murah dan modelnya lumayan mutakhir. Bisa menghasilkan faktor penghematan 30-70 persen.

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

19 Responses to “Mau Belanja Barang Bermerek Dengan Harga Miring di Jerman? Disini Tempatnya”

  1. zisya says:

    aduh sayang jauh ya

  2. semarang says:

    kapan bisa kesana, coba kalo di indonesia ada?

  3. rudi says:

    Tempat pasar PJ nya jerman ya…

  4. ryva says:

    sayang ya tempate jauh mahal lagi andai saja di deket sini aja langsung aku samperin gak pake lama, wkwkwkwkwk. slm kenal & jgn lupa mampir juga ya

  5. Just Bryan says:

    Wah..benernya sih pingin kesana tapi sepertinya kejauhan..hehe

  6. ira says:

    terima kasih buat semuanya….:)

  7. rachel says:

    ada award ni kang,. di ambnil ya,.

  8. […] sesuai dengan keinginan dan kesenangan para pengunjung. Bagi yang doyan belanja, mungkin bisa ke kota-kota ini. Yang suka bertualang dan berwisata alam bisa menyimak yang satu ini. Kalau mau belajar sejarah di […]

  9. melissa says:

    PENGEN BANGET KE INGOLSTADT!!! tapi sayang jauh banget…saya tinggal di Niedersachsen,,ke Bavaria jaauuuu…ga bisa pake schoenes wochenende ticket,,bisa 12 jam..hahaha…kemungkinan saya bakal ke Hannover, Ratingen dan Moenchengladbach…danke schoen fuer Ihre Information… :)

  10. ira says:

    salam kenal, Mbak… menurut info teman, di ratingen selain ada esprit jg ada mexx dan st oliver. jadi gak perlu ke mönchengladbach.:)

  11. melissa says:

    mbak ira,,itu yg di ratingen lagi pas diskonan aja atw gimana?
    saya mau ke situ rencanany sabtu ini…kalo misal diskonny kadang2 aja, nanti percuma aja donk saya kesitu…ga bisa belanja…hahahah.. :p
    mohon infonya ya mbak…danke..

  12. ira says:

    klo menurut info temen yg bbrp kali kesono seh, angebot ganti2 gitu, Mbak…kadang tas yg murah, kadang baju2, kadang sepatu, jadi nggak mesti dan untung2an…. Sabtu ini (tgl 1 mei) bukannya hari libur, Mbak? trus klo pas musim liburan (libur musim panas, dll), katanya sampek ngantri itu mau masuk kesono… jadi mesti siap2…:)

  13. Amanda says:

    Hi..Need info…

    Saya butuh pencerahan. Pertengahan bulan Mei saya dapet kesempatan k German. Tp saya minus anggaran, bisa tolong infokan tempat2 yg murah dan mudah untuk dikunjungi. Saya tinggal di Buhl. Pesawat dan tempat tinggal sudah ter-handle oleh kerabat. Dan tabungan saya hanya 5 jt rupiah -_-. Please need help , send to my email..
    rifqyamanda@gmail.com

  14. ira says:

    Buhl itu yg di negara bagian Baden Wuttemberg, ya? Dia deket Strassbourg, Perancis. Coba saja cari info bus murah dari Stuttgart ke Swiss.

  15. crocs says:

    Mba ira, salam kenal. Kl mau belanja brg branded sperti merk longchamp, gucci, celine, sbaiknya dimana ya yg mnawarkan potongan hrg paling besar? Trims :)

  16. wahju says:

    mbak msh ada tuh deket frankfurt : wertheim village….hamp sll ada fo di kota2 besar biasa nya dikelola premium dan begitu mudah mencapai tempat tsb ada bis khusus atau kereta api menuju kesana…selamat berbelanja ! yg di Indonesia pergi sj ke Bandung lumayan banyak barang dg merk terkenal dijual di toko2 tersebar di kota Bandung…

  17. ira says:

    iyah, udah tambah banyak sekarang, tempat2 perbelanjaan sejenis itu. :)

  18. Emakmbolang says:

    Wah, baru tahu kalau jerman ternyata punya pulau. Buka Peta :)

  19. ira says:

    @Zulfa: onok, tapi sithik… :)

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>