Ketika tiket kereta api sudah ludes atau terasa sangat mahal, tiket pesawat tak terbeli, ada satu cara lagi untuk bepergian relatif murah di Jerman dan Eropa pada umumnya. Yaitu dengan menumpang. Paling umum adalah menumpang mobil dengan tujuan sama dengan kita.

Di Jerman banyak yang menawarkan jasa bepergian bersama baik berkereta api atau bermobil. Biasanya pemilik satu tiket harian murah yang bisa digunakan beramai-ramai menawarkan kepada calon penumpang lain. Dengan tarif patungan. Di Ebay, kadang kami temui hal seperti ini.

Menumpang mobil dengan tujuan tertentu juga tak kalah semarak disini. Banyak pekerja menawarkan tempat kosong di kendaraan pribadinya kepada pekerja lain dengan imbalan sedikit uang pengganti bensin. Jika bisa mengumpulkan dua orang bertujuan sama saja, maka beban bensin tentu makin ringan. Waktu pulang dan pergi bisa disesuaikan sesuai perjanjian.

Untuk jarak lebih jauh pun banyak orang memanfaatkan simbiosis mutualisma semacam ini. Ada setidaknya dua situs internet terkenal di Jerman menyediakan jasa sebagai penghubung antara pemilik mobil dengan penumpang : www.mitfahrgelegentheit.de dan www.mitfahrzentrale.de.

Jika berniat untuk bepergian ke suatu kota menggunakan jasa mereka, kita tinggal memasukkan kota asal, kota tujuan, dan tanggal keberangkatan. Hasilnya akan muncul data-data pemilik mobil, jam keberangkatan, berapa orang dia mau menampung, merokok atau tidak, jenis kelamin, harga patungan yang mesti kita bayar,dsb. Ada alamat email atau telefon yang bisa kita hubungi. Masih ada tidaknya tempat biasanya bisa kita ketahui saat menghubungi mereka.

Sesuai pengalaman Bapak, menumpang mobil ini selain lebih hemat juga lebih cepat dibanding jika berkendara dengan kereta api. Untuk rute Bremen РCologne berjarak lebih dari 300 kilometer  misalnya. Jika berkerata api mesti merogoh paling tidak 40 euro sekali jalan, dengan menumpang tarif rata-rata yang diminta pemilik mobil adalah sekitar 20 euro. Malah ada yang cuma meminta 15 euro saja. Jenis mobil pun macam-macam. Mulai dari sedan Ford polo tua hingga Mercedes keluaran baru pernah Bapak naiki dengan menumpang. Malah beliau naik Mercedes itu hanya berdua saja dengan pemilik mobil. Serasa punya sopir pribadi, kata Bapak.

Menumpang ke negara-negara lain di Eropa juga banyak ditawarkan melalui jasa penghubung tersebut. Tinggal pilih menu luar negeri (ausland).

Bepergian dengan cara ini mungkin cocok buat mereka yang suka pergi secara spontan. Sendiri atau paling tidak berdua saja. Cara ini sama-sama menguntungkan bagi pemilik mobil dan penumpang. Yang tertarik, silakan mencoba.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

5 Responses to “Melakukan Perjalanan Dengan Menumpang di Eropa”

  1. prafangga says:

    wah kerjasama yang saling menguntungkan tuch, g nyangka di sono juga ada sistem patungan dan gotong royong hehe

  2. Facechan says:

    Wah2… Isa hemat 50% yah….

    Sering keluar negri yah????

  3. szack says:

    wah, ada juga toh ya di europe ngompreng……

  4. ira says:

    trims buat semua….

  5. Mona says:

    Petunjuk yang benarbenar akurat beserta bermanfaat belah saya gan.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>