Selama bermukim di Jerman, dua kota tua sangat mengesankan kami. Di Jerman tak terhitung banyaknya kota-kota tua. Banyak diantaranya dibangun kembali mirip dengan kondisi aslinya setelah perang dunia kedua.

Pertama adalah Rothenburg ob der Tauber di Bayern. Kami kunjungi bertahun lalu. Ketika Bapak masih kuliah dan bekerja liburan di Nuernberg. Ia terletak di salah satu rute scenic Jerman, Romantische Strasse. Masuk ke kota tuanya serasa menembus waktu. Kembali ke zaman ketika para raja kecil berkuasa. Dimana para ksatria hidup dan orang-orang tinggal di dalam rumah berjulukan fachwerkhaus.

Satu artikel yang pernah Emak baca menyebutkan, bahwa selain Rothenburg ob der Tauber, Bacharach juga diakui sebagai kota tua tercantik. membuat kami penasaran untuk mengunjunginya.

Perjalanan ke Bacharach tak terlupakan. Kami sekeluarga pergi bersama dua keluarga lain. Mas Riza dan Lia. Juga Mas Andry, Intan dan ibu mereka masing-masing. Dengan tiket akhir minggu kami berkereta menelusuri salah satu kawasan tercantik di tepi Sungai Rhein, Mittelrheintal.

Ketika mencari ide untuk kembali menulis artikel tentang Jerman, Emak langsung ingat Bacharach. Keindahannya telah banyak diabadikan lewat berbagai tulisan, lukisan hingga puisi. Termasuk Goethe. Kenapa aku tak mengikuti jejak mereka, pikir Emak. Alhamdulillah, jadilah satu artikel yang dimuat di Tabloid Prioritas edisi tanggal 25 Maret 2013.  Artikelnya bisa dibaca di sini.

Possibly Related Posts:


Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>