Persiapan matang menjelang bepergian, terutama liburan jauh dan lama, akan menentukan kesuksesan, kenyamannya. Kekurangan akan persiapan, tak saja mengganggu acara liburan, namun juga menurunkan semangat serta mengurangi kenikmatan berpesiar. Agar acara melancong lancar, aman terkendali, nyaman, apa saja yang perlu dipersiapkan? 

Berikut adalah pengalaman keluarga pelancong sebelum bepergian. Bepergian disini adala acara pesiar jarak jauh, dan memakan waktu lama (minimal tiga hari). Liburan pendek dan dilakukan spontan biasanya kami lakukan hampir tanpa persiapan. Paling hanya berbekal makanan dan klik-klik sebentar di internet, menge-print satu dua informasi, beres. 

Berbeda dengan liburan lebih panjang. Meski tiket sudah ditangan, banyak hal masih harus dilakukan. Biasanya, jauh-jauh hari sebelumnya, kira-kira sebulan hingga dua minggu sebelum keberangkatan kami sudah mencari informsi tentang penginapan. Membandingkan berbagai fasilitas mereka dengan lokasi, serta harga. Biasanya kami mengecek di beberapa situs sekaligus, membuat daftar kandidat, membandingkan harga, lokasi, baru fasilitas lain. Seperti apakah mereka punya fasilitas internet, dapur bersama, kamar mandi di luar/dalam kamar dll.

Masalah penginapan beres. Kini saatnya mengunjungi perpustakaan kota. Atau toko buku. Untuk mendapatkan buku informasi wisata kota tujuan kami. Di perpustakaan kota, buku semacam ini tersedia dalam jumlah berlimpah, dari berbagai penerbit. Tinggal memilih satu dua buku yang cocok untuk pengangan kita selama perjalanan. Biasanya kami memilih buku yang dilengkapi peta kota. Yang artinya satu penghematan dana pesiar. Selain dari buku, kami dapatkan pula berbagai informasi melalui internet. Mengenai tarif angkutan umum, tempat-tempat ynag sebaiknya di hindari, supermarket, atau penjual makanan halal. 

Seminggu sebelum hari-H adalah waktunya mulai mengepak bawaan. Kami membawa banyak makanan dari rumah. Mie instan, lauk pauk, dan makanan kering. Selain untuk menghemat, sebagai persiapan jika di perjalanan atau tempat tujuan susah mendapatkan makanan. Tak boleh terlupa paspor, tiket, dan bukti booking penginapan. 

Terakhir dan tak kalah penting adalah persiapan fisik. Bepergian dalam keadaan loyo, sakit, tentu tak menyenangkan bukan? Makanya mempersiapkan kondisi badan agar prima adalah salah satu keharusan menjelang pesiar. Biasanya kami lebih banyak makan sayuran dan buah. Juga banyak minum air putih sebelum dan selama perjalanan.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>