Daerah Skandinavia terkenal akan kemahalannya. Terasa ketika kami mengunjungi kota-kota di sana seperti Kopenhagen dan Malmo (Swedia). Susah mencari penginapan seharga dibawah seratus euro per malam.

Karena ada tiket murah dari Lufthansa, kami berniat mengunjungi Helsinki di awal bulan Maret nanti. Sebelumnya, kami perhatikan tiket kesana paling murah mencapai 150 euro per orang dengan Finnair. Dari Lufthansa kami dapatkan harga 99 euro pp per orang.

Setelah tiket pesawat di dapat, seperti biasa kami mulai mencari informasi mengenai penginapan murah. Dari booking.com ada apartemen dengan harga hampir 300 euro untuk tiga malam. Lokasi tak terlalu jauh dari pusat kota. Namun beberapa komentar mantan tamu disana membuat hati tidak sreg untuk memilihnya. Hotel-hotel lain, bintang 2 sekalipun bertarip diatas 100 euro per malam. Terasa sangat mahal buat kami. Padahal di Brussel Agustus lalu kami mendapat hotel bintang 3 lengkap dengan sarapan dengan harga sekitar 75 euro semalam. Di Malta malah kami dapatkan hotel seharga tak sampai 30 euro semalam untuk sekeluarga.

Tak berhasil mendapatkan hotel murah, kami melirik hostel. Setelah melihat jaringan youth hostel, kami segera buka situs www.hihostel.com. Ada beberapa hostel tersedia kamar, yakni Eurohostel, Suomenlinna Hostel dan Stadion Hostel. Awalnya kami tertarik dengan Suomenlinna. Ratingnya bagus, tempatnya terlihat nyaman. Eh, ternyata lokasinya tidak ok. Dia terletak di satu pulau yang hanya bisa dicapai dengan feri. Memang ferinya termasuk transportasi umum dalam kota. Namun membayangnya bahwa kami mesti naik feri jika mau jalan-jalan ke kota. Serta saat kembali malam-malam di musim dingin selama 20 menit diatas perahu. Wah meski suka petualangan, dengan dua anak kecil kami pikir lebih baik memilih alternatif lain.

Eurohostel tak terlalu menarik. Pilihan terakhir jatuh pada Hostel Stadion. Letaknya tak jauh dari stadion olimpiade di Helsinki. Artinya juga tak terlalu jauh dari pusat kota. Harganya untuk tiga orang (Adik karena masih dibawah 4 tahun masih gratis) adalah 70,50 euro. Bakal ada potongan bagi anggota youth hostel international sebesar 2,5 euro per malam per orang. Yang artinya harga kamar kami 63 euro per malam. Masih terjangkau kantong. Kami pesan langsung dari website mereka. Dengan memasukkan data diri, tak sampai sehari kami telah dapat email balasan. Setelahnya kami harus verifikasi kartu kredit. Jika dalam 3 hari tidak verifikasi, pesanan otomatis dinyatakan batal. Semoga saja suasana disana nyaman dan menyenangkan.

Possibly Related Posts:


Tags: , , , ,

2 Responses to “Mencari Penginapan Murah di Helsinki”

  1. […] Susah mencari penginapan murah di Skandinavia, termasuk kota Helsinki. Standar biaya hidup mereka yang tinggi mengharuskan hal tersebut. Lama kami mencari informasi tentang penginapan murah di kota, sebelum akhirnya menemukan satu penginapan ini. […]

  2. […] Susah mencari penginapan murah di Skandinavia, termasuk kota Helsinki. Standar biaya hidup mereka yang tinggi mengharuskan hal tersebut. Lama kami mencari informasi tentang penginapan murah di kota, sebelum akhirnya menemukan satu penginapan ini. […]

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>