Satu lagi topik menarik mengenai Baltik, tujuan perjalanan kami di liburan musim gugur tahun 2009 : penginapan kami selama di sana.

Dalam mencari penginapan murah kali ini, kami menggunakan jasa booking.com. Selain terpercaya memberikan informasi mengenai penginapan murah, website satu ini tak membebani kita dengan biaya administrasi, yang besarnya bisa mencapai 2 hingga 3 dolar sekali pemesanan. Di booking.com kita tetap diminta memasukkan nomor kartu kredit sebagai jaminan bagi pihak hotel. Pembayaran bisa dilakukan tunai saat kita sudah sampai penginapan dimaksud.

Di Riga, kami menemukan penginapan bernama Baron City Hostel. Orang banyak mengenalnya sebagai Baron 25, sebab ia terletak di Jalan Baron nomor 25, Riga. Lokasinya dekat dengan kota tua bersejarah ibu kota Latvia ini. Tepatnya di sentra belanja di sana. Di dekatnya ada restauran masyur dan murah bernama Lido. Juga butik, galeri dan bermacam toko lainnya.

Saat memesan, pihak Baron City sudah menegaskan bahwa penginapan mereka tak ramah bagi orang berkebutuhan khusus. Benar saja. Letaknya di lantai 4 tanpa lift. Apalagi tangganya adalah tangga kuno berundakan tinggi. Kami pembawa kereta dorong bayi terpaksa meninggalkannya di lantai satu. Membawa diri dan tas bawaan keatas saja sudah merupakan perjuangan berat.

Seorang lelaki muda awal duapuluhan ramah menyambut kami siang itu. Kami tak tahu namanya. hanya julukannya, yakni funky manager. Lelaki asal Kanada ini menerima pembayaran, mengajak kami berkeliling penginapan, menerangkan segala sesuatunya.

Kamar kami adalah kamar keluarga dengan satu tempat tidur dobel dan satu tempat tidur bertingkat. Pas untuk berempat. Kamar mandinya ada dua di luar. Tak masalah. Ada ruang tamu bersofa tempat menonton tivi atau film. Juga berinternet ria. Dapurnya besar dengan peralatan lengkap. Enaknya lagi, meski tak tercantum bahwa kami bakal dapat sarapan gratis, mereka memberikan sarapan tanpa memungut bayaran setiap pagi. Kejutan menyenangkan. Sang manajer selalu bersedia membantu ketika kami membutuhkannya. Ini salah satu hostel terbaik yang pernah kami singgahi di Eropa. Bertarif 30 euro per malam. Ada internet gratis pula.

Di Kaunas kami sempat menunggu beberapa lama sesampai di alamat penginapan. Tepat di jantung kota kedua terbesar di Lithunia. Tak ada penjaga kami temui. Hanya sebuah tulisan berisi nomor telefon untuk dihubungi.

Kami sempat bingung encari telefon umum di sekitar sana, ketika seorang ibu pemilik toko di bawah kantor penginapan berbaik hati menelponkan sang petugas. Tak lama seorang lelaki muda datang menghampiri kami. Mengantar kami ke kompleks sebelah menunjukkan kamar kami. Kami tercengang karena yang kami dapatkan adalah sebuah apartemen, bukannya kamar hotel. Hanya dengan 33 euro per malam. Isinya selain kamar mandi dengan bathtub super besar, juga dapur plus peralatannya. Kulkas dan televisi besar menghiasi apartemen ini. Internetnya juga gratis. Ada satu tempat tidur besar dan sofa yang juga bisa dialih fungsikan sebagai tempat tidur. Sungguh nyaman dan menyenangkan. Puas bisa memperoleh penginapan nyaman, aman dan murah seperti ini.

Possibly Related Posts:


Tags: , , , ,

7 Responses to “Mendapatkan Penginapan Menyenangkan di Baltik”

  1. Taufik says:

    sering ke luar negeri ya

  2. Wisata Riau says:

    wah… seru eyuui… enyak..enysak… nyaman tentunya…

  3. zulmi says:

    wah enak sekali ya nampaknya, jadi total uang jalan2nya berapa??? pengen coba niyy^^

  4. ira says:

    perginya darimana, Mas? klo kami terbang dari bremen – kaunas pp pake ryanair : 120 euro (berempat). tiket kereta api dari rumah ke bremen pp 75 euro. penginapan 60 + 66 euro (4 malam) di baltik. tiket bus riga – kaunas ( 50 euro) berempat. plus biaya makan dan transportasi disana…:)

  5. cucutoknor says:

    salam ukhuwah…gud info,akan kembali lagi

  6. wah, kayaknya enak banget tuh

  7. yi-web says:

    wah…wah…wah
    luar biasa, pergi ke Eropa macam pergi ke Tanah Abang saja, tinggal angkat koper…btw, cuma 30an Euro semalam?…wah, cukup murah ya untuk kelas negara Eropa

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>