Secara umum, harga tiket kereta api ekonomi di Jerman relatif mahal. Apalagi bagi kantong keluarga mahasiswa seperti kami dulu. Namun bukan berarti tiket murah tak bisa diperoleh. Ada beberapa cara agar bisa melakukan perjalanan dengan harga miring. Ke seluruh bagian Jerman. 

Sistem perkeretaapian Jerman digawangi oleh Deutsche Bahn (Perumka Jerman) dibagi menjadi dua jenis, nahverkehr (perjalanan jarak pendek) dan fernverkehr (perjalanan jarak jauh). Nahverkehr dilayani oleh kereta api ekonomi Regional Bahn (RB), Regional Express (RE). Jika ingin melakukan perjalanan jarak jauh dengan nahverkehr, maka kita harus pindah kereta beberapa kali. 

Fernverkehr dilayani oleh kereta-kereta eksekutif berjenis InterCity (IC), InterCity-Express (ICE), Euro City (EC), Euro Night (EN) dan D-Zug. Jika naik kereta ini, jarang sekali kita harus pindah. Aplagi jika melakukan perjalanan antar kota besar seperti rute Hamburg – München, Köln – Berlin, Berlin – München, dsb.

Meski jenis keretanya berbeda, yakni ekonomi dan eksekutif, belum tentu harga tiketnya juga memenuhi kriteria ini. Jika tak mengenal sistem pembelian tiket kereta api, kita bisa saja membeli tiket ekonomi dengan harga lebih mahal dibanding naik kereta api eksekutif. Merugikan, bukan?

Cara paling pasti dalam mendapatkan tiket lebih murah untuk kedua tipe kereta dan perjalanan adalah dengan membeli kartu diskon bernama bahncard. Bahncard ini terdiri dari tiga macam, sesuai dengan besarnya diskon, bahncard 25 (diskon 25 persen), bahncard 50 (diskon 50 persen) dan bahncard 100 (kartu langganan kereta selama setahun, berlaku di sleuruh Jerman). Biasanya orang memilih bahncard sesuai dengan intensitasnya dalam bepergian. Yang suka spontasnitas dan tak terlalu sering bepergian dengan kereta api, memilih bahncard 25. Yang lebih sering, bahncard 50. Dan yaring secara rutin menggunakan jasa kereta api, bisa menggunakan versi 100. Kartu diskon berlaku selama satu tahun. Kami menggunakan versi 25, sebab kami lebih sering pergi secara spontan, dengan intensitas tak terlalu tinggi.

Untuk kereta api ekonomi, tiket murah bisa didapat pada akhir minggu, yaitu Sabtu dan Minggu. Tiket jenis ini sangat murah bila melakukan perjalanan rombongan maksimal 5 orang dewasa. Berlaku di seluruh Jerman, mulai tengah malam hingga pukul tiga pagi keesokan harinya. Jadi jika digunakan hari Sabtu, tiket masih berlaku hingga Minggu pukul 3 pagi. Jika menggunakannya untuk jarak jauh, penumpang harus siap naik turun berganti kereta. 

Jika bepergian hanya di satu negara bagian di hari kerja atau akhir minggu, bisa menggunakan tiket murah negara bagian. Harganya berbeda tergantung negara bagian masing-masing. Sama seperti tiket akhir minggu, tiket ini berlaku sehari penuh untuk maksimal 5 orang dewasa. Harganya relatif murah dibanding tiket akhir minggu. Jika melakukan perjalanan sendiri, tersedia tiket negara bagian single. Untuk daerah kota atau regional (beberapa kota tertentu) mash ada lagi sistem tiket murah seperti ini. Tinggal menggali informasi sebanyak mungkin mengenai info-info semacam ini.

Tiket-tiket kereta api eksekutif pun bisa diperoleh dengan harga miring, bila mengetahui caranya. Perusahaan Kereta Api jerman Deutsche Bahn selalu menginformasikan hal ini di situs resmi mereka. Contohnya tiket murah untuk kereta eksekutif misalnya adalah harga khusus mulai 19, 29, 39 euro dst untuk perjalanan jarak menengah atau jauh. Tiket-tiket jenis ini sangat banyak peminatnya. Dan pada rute-rute tertentu bahkan tiket sudah harus dibeli setidaknya sebulan sebelumnya. Selain tiket harga khusus ini, ada penawaran bernama Sparpreis (paket hemat), terdiri dari paket hemat 25 dan 50 persen. Syaratnya, tiket sudah harus dibeli paling tidak tiga hari sebelum keberangkatan. Pada hari libur, tiket ini biasanya sudah ludes jauh-jauh hari. 

Terkadang Deutsche Bahn melakukan kerja sama dengan satu supermarket untuk menjual tiket murah. Tiket jenis ini bisa digunakan di seluruh Jerman. Kita tinggal menuliskan rutenya di tiket. Sangat fleksibel dan harganya lebih miring hingga 50 persen. Sekali dua, keluarga pelancong memanfaatkan jasa Ebay untuk mendapatkan tiket murah. Jika rajin mengecek harga, dan memantau perkembangannya, maka jalan-jalan murah kadang bisa tercapai.

Jika ingin ke negara-negara tetangga seperti Denmark, Perancis, Belgia, Ceko, Polandia, Austria dan Swiss, ada penawaran tiket murah bernama Europa Spezial dari Deutsch Bahn. Kami pernah melancong ke Zurich di Swiss bermodal 29 euro per orang sekali jalan. Tiket murah ke Praha, Kopenhagen dan Wina kami peroleh pula dari sini.

Kunci jalan-jalan murah diantaranya adalah rajin mencari informasi mengenai tiket murah. Keluarga pelancong telah sering membuktikannya. Dengan begitu, anggaran yang tersedia pun bisa dihemat.:)

Possibly Related Posts:


Tags:

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>