oleh Feronica Luttmer

(sambungan dari sini)

lennonova-zedMala Strana atau dalam bahasa Indonesia berarti sisi kecil, nama awalnya adalah kota baru. 100 tahun kemudian Karl IV. memindahkan namanya yang di lewati sungai. Banjir, Kebakaran, dan perang tidak membuat pembangunan pada sisi kiri sungai Moldau berhenti. Beberapa bangunan tua romawi dan gotik tetap di pertahankan.

Di daerah sini yang dapat kita lihat :

Lobkovicky palac ( Istana Lobkowitz), Istana ini sekarang sebagai Kedutaan besar Jerman di Praha.

Sv. Mikulas ( Gereja Nikolaus), nama gereja ini sempat juga membuat kami bingung soalnya nama gereja tersebut dapat kita temukan juga di sekitar sekeliling kota tua. Gereja ini di bangun 2 tahun kemudian setelah pembangunan gereja Nikolaus yang berada di lingkaran kota tua.

Tembok John Lenon, kita dapat melihat tembok yang pada awalnya terdapat lukisan potret kenangan akan John Lenon. Sekarang lukisan awalnya sudah tidak ada lagi, karena sudah beberapa kali di coret oleh kaligrafi. Sekarang kita dapat melihat patung kepala John Lenon.

Taman Kampa, Taman yang terdapat di setengah pulau Kampa yang terletak di kota Praha. Dari sini kita dapat mengambil gambar bagus ke arah Jembatan Karluv (Charles). Kami sempat juga melihat hasil karya berupa kursi besar dari kayu yang terletak di sisi sungai.

Vrtbovska zahrada (Taman Vrtba), Taman teras yang bergaya barok ini terletak di Mala Strana sangat bagus sekali. Taman ini penuh dengah bermacam bunga dan terdapat beberapa patung.

Waldstein Palac dan zahrada, Istana yang besar ini terdapat 5 istana dan terdapat taman di sekeliling istana tersebut. Istana Barock ini sebagaian sekarang sebagai aparlemennya Ceko. Sebagian lagi sedang dalam perbaikan dan merupakan proyek dan perkumpulan negara-negara eropa. Dari sini kita juga bisa naik ke atas menuju ke istana kerajaan yang berada di atas, hanya saja kita harus bayar.

Lichtenstejnsky Palac ( Istana Lichtenstein), Istana ini sekarang sebagai tempat untuk Akademi musik Ceko.

Chram Panny Marie Vitezne, Gereja Bunda Maria ziarah kemenangan. Gereja ini boleh di bilang dari jauh bangunannya biasa-biasa saja. Gereja ini sangat terkenal di dalam kota Praha, karena boneka yang tingginya 60 cm. *Jesus kecil Praha* Patung boneka ini terbuat dari lilin. Kita waktu itu melewatinya dan melihat ke dalam. Gereja ini kita bisa masuk dan ramai sekali di dalamnya. Hanya saja kita tidak dapat mengambil gambarnya.

Karluv most ( Jembatan charles), Jembatan ini sangat terkenal dan ramai sekali. Belum musim turis saja sudah penuh apalagi kalau benar-benar musimnya. Waktu kami di sana kebetulan banyak sekali rombongan turis anak muda yang berasal dari Italia. Turis anak muda Italia ini sangat lucu sekali, waktu mereka melewati kedutaan besar Italia dan pintu gerbangnya terbuka. Mereka menyanyikan lagu kebangsaan Italia kedengarannya. Sayangnya kami berdua tidak bisa bahasa italia. Hahahaa…..

Diatas jembatan ini kita dapat melihat beberapa patung kristen yang berada di sisi kanan dan kiri jembatan. Ada satu figur atau patung yang sangat terkenal orang suci Nepomuk, yang sebagian di lapisi emas. Menurut cerita kalau kita gosok katanya membawa keberuntungan.

(bersambung)

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

2 Responses to “Menelusuri Kota Emas Praha (3)”

  1. […] (sambungan dari sini .gallery { margin: auto; } .gallery-item { float: left; margin-top: 10px; text-align: center; width: 50%; } .gallery img { border: 2px solid #cfcfcf; } .gallery-caption { margin-left: 0; } […]

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>