oleh Feronica Luttmer

(sambungan dari sini

)

Straromestske namesti ( Lingkaran kota Tua), di sekeliling kota tua ini benar banyak sekali objek yang dapat kita nikmati dan ambil gambarnya. Sampai ada yang bilang sebaiknya kamera di tinggal saja di hotel dan nikmati kota praha. Benar juga, karena banyak sekali yang bisa kita ambil gambarnya sampai membuat lupa untuk menikmatinya. Tapi karena kami lama di sana, jadi cukup kita nikmati dan foto banyak yang kita ambil.

Di antaranya Dum u minuty ( rumah minuta), Kostel P.Maria pred. Tynem ( Gereja Teyn). Gereja ini sayang sekali depannya tidak bisa kita lihat secara langsung karena di keliling oleh bangunan. Pintu masuknya pertama kali tidak bisa kami lihat, tapi pas ketemu dan mau masuk ternyata kami telat. Kami dapat masuk gereja ini tanpa harus bayar, dari luar aku melihat di dalamnya bagus sekali. Kalau malam kita ambil gambar bagus sekali.

Sv. Mikulase ( Gereja Nikolaus), Gereja ini merupakan gereja pertama yang di bangun sebelum gereja yang namanya sama yang terletak di sebrang sungai ( Mala Strana).

Monumen Jan Huss, Monumen ini merupakan tugu peringatan akan reformasi gereja Kristen Protestan oleh Jan Huss. Makanya ada yang namanya reformasi Hussite.

Staromestska radnice ( Balai kota tua). Di bawah pimpinan Johann von Luxemburg penduduk kota tua ini di tahun 14-an mendapat hak untuk membangun sebuah balai kota. Karena kurangnya dana maka di belinya bangunan tua yang mana sekarang dapat kita lihat hasil perbaikan dan pembangunannya. Perbaikan terakhir berhasil setelah akhir dari perang dunia kedua. Yang paling menarik dari bangunan ini yang penuh dengan para turis adalah jam astronominya. Setiap satu jam sekali akan berbunyi dengan di bukanya 2 jendela kecil yang kemudian putar beberapa patung kecilnya. Kita ikut juga tungguin untuk itu jam, banyak sekali turis yang berebut tempat untuk mencari posisi yang terbaik untuk melihatnya. Ternyata agak mengecewakan karena figurnya atau patung tersebut tidak memutar keluar hanya di jendela terbuka dan putar di dalam saja.

Obenic dum ( balai kota), di dalam gedung ini kita dapat menemukan ruang besar untuk konser musik atau theatre, kafe dan restaurant. Di bawahnya ada restaurant yang ramai juga di kunjungi turis untuk spesial minum bir produksi negara ceko.

Prasna brana ( Gerbang bubuk), Menara dengan jalan masuk menuju lingkaran kota tua Praha ini merupakan satu-satunya menara jaga di jaman itu, Ketika Kota tua Praha ini mendirikan kubu pertahanan.

Clementinum, daerah sekeliling ini terdapat beberapa bangunan yang dulunya di dirikan sebagai tempat belajarnya para pengikut Kristus. Kita melihat di sana ada bangunannya yang di pakai sebagai perpustakaan nasional, perpustakaan negara untuk bidang teknik dan bahasa slawis.

Di sekeliling kota tua ini kita dapat juga menemukan beberapa bangunan yang menarik sekali yang sangat banyak dan akan sangat panjang bila di perjelaskan satu persatu. Serta banyak sekali hasil karya seni yang terdapat di setiap bangunan.

Josefov ( Kota Josef), Bagian kota ini merupakan daerah penduduk yahudi. Disana kita akan menemukan Kuburan tua Yahudi (Stary Zidovsky), Kita sempat bingung, ternyata tempat ini menarik sekali bagi para turis dan untuk masuk melihatnya saja harus bayar.
Pinkasova Synagoga serta Klausensynagoga, ini merupakan gereja orang Yahudi.

Rudolfinum, Gedung ini di pakai sebagai tempat konser serta Galeri dan Kaffe. Kayak banyak sekali gedung yang di pakai untuk konser di kota Praha dech.

Vaclavske namesti ( Tempat Wenzel), Di daerah ini kita dapat melihat Patung suci Wenzel, Narodni muzeum ( museum nasional). Di depan museum ini kita dapat juga menemukan monumen salib untuk mengenang Jan Pallach. Pemuda Ceko ini meninggal dengan membakar dirinya sendiri, atas protes masuknya rusia di Praha. Di kiri kanan tempat ini kita dapat menemukan beberapa hotel. Satu di antaranya adalah Hotel Grand Eropa yang merupakan salah satu bangunan terindah di tempat ini. Tidak hanya itu kita dapat juga menemukan salah satu patung yang berada di salah satu bangunan di tempat ini yaitu Koruna Palac yang menarik.

Mustek ( tengah kota), Di sepanjang jalan ini kita dapat menemukan toko-toko atau shopping centre tempat untuk berbelanja serta di salah satu bangunan tersebut kita dapat juga menemukan stasiun metro serta supermarket.

Tempat menarik lainnya yang kita temukan dengan berjalan kaki mengelilini kota Praha adalah Goethe Institut, U-Fleku ( Restaurant yang terkenal dengan pembuatan bir Ceko.

Narodni divadlo ( theather nasional), Slovansky ostrov ( pulau Slawen), Tancici dum ( Gedung berdansa) – gedung ini menarik sekali seperti sedang berdansa.

Statni opera ( Gedung opera negara), Gedung ini di bangun dengan gaya neorenaissance sebagai Theater Jerman baru. Di dalamnya penuh dengan hiasan dari emas dan beledu.

Di dekatnya terdapat stasiun utama kereta. Lucunya kita itu mengira pertama kali stasiun kereta yang terletak di tengah kota itulah stasiun utama kereta, pas kita perhatikan petanya benar-benar kok adalah satu lagi stasiun. Ternyata pertama yang kita lihat itu hanyalah stasiun kereta kecil hehehe…

Transportasi,
Dari Lapangan terbang Praha ke kotanya dapat kita tempuh dengan naik bus lalu metro. Tiket dapat kita beli di mesin otomatis dan di loket atau di bus langsung tapi harganya agak lebih mahal.

Harga tiket 20 CZK untuk 75 menit di hari biasa, 90 menit untuk di hari libur.
80 CZK untuk 24 jam. Tiket tersebut perlu di stempel. Kita naik bus no. 100 lalu Metro Line B.
Peta dapat kita ambil di toko buku gratis atau di hotel.

Penginapan di kota Praha,

Pertama kali aku mengira menginap di pondokan untuk para backpacker itu murah ternyata tidak juga. Kita menemukan tempat penginap kecil yang berada di gedung perkantoran gitu, yang harganya dapat kita jangkau. Malah boleh di bilang lebih murah dari tempat para backpacker tersebut. Kita menginap di pension ( tempat penginap kecil) yang terletak di tengah kota. Kita tinggal di Pension Unie selama 3 malam seharga 3,196 CZK. Kamar tidur, dapur serta kamar mandi dan balkon . Kita dapat juga makan pagi berupa roti dan selai yang telah di sediakan di dapur beserta toasternya.

Ochya yang perlu di perhatikan waktu jalan keliling kota Praha ini:
– kita harus hati-hati banyak sekali pencopetnya,apalagi waktu musim turis.

– Kalau menukar uang kalian harus benar-benar hitung dengan benar, karena mereka suka ada trik. Walaupun kalian menukar uang di airport di bank, tetap saja mereka mencoba untuk membohongi kita. Aku saja kena bohong juga, untungnya tidak besar. Pertama dia bohongi juga uang yang gue tukar waktu mau balik pulang ke Jerman. Setelah gue lihat bonnya gue bilang, lah uang gue yang gue tukarkan tidak sedikit ini. Lalu dia bilang yang benar. Gue bilang yach mana lagi gue bohong, terus dia bilang yach udah. Dia kasih gue beberapa lagi, tapi tetap aja kurang 2 dolar* dasar tuh orang. ( *soalnya gue tukar balik dalam dolar).

FL/Prag/Apr’07

29 Maret – 01 april 2007

Possibly Related Posts:


Tags: , , , ,

One Response to “Menelusuri Kota Emas Praha (4)”

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>