Hari Minggu kemarin kami mengantar seorang kawan yang ingin mengembalikan tiket yang telah dibelinya secara online lewat situs perusahaan kereta api Jerman, Deutsche Bahn (DB). Keluarga kami sering membeli tiket secara online juga. Akan tetapi belum punya pengalaman mengembalikan. Pernah satu kali kami mengembalikan tiket online dari satu perusahaan bus di Baltik. Prosesnya mudah. Hanya megirim sms dengan isi khusus ke nomor servis mereka. Uang kembalian kami terima tak terlalu lama kemudian. Makanya kami belum tahu prosesnya bagaimana. Di tiket yang telah dicetak di kertas, tertulis bahwa tiket bisa dikembalikan dengan pengurangan 15 euro.

Kami ke Reizezentrum (kantor jasa pelayanan DB) di kota Koeln atau Cologne. Waktu kami tanyakan, ternyata kami tak bisa mengembalikan lewat sana. Melainkan harus mengisi formulir khusus dan mengirimkannya ke Hamburg. Sebab teman tersebut tak tinggal di Jerman dan pertimbangan lainnya, tiket tak jadi dibatalkan.

Penasaran, Emak mencari informasi lebih lanjut mengenai pengembalian tiket online kereta api ini. Akhirnya ketemu juga. Ternyata tak hanya bisa dibatalkan dengan mengirim formulir ke Hamburg, namun juga langsung bisa masuk ke account kita di DB, lalu membatalkannya secara online juga. Sayangnya opsi ini tak diberikan oleh petugas di kantor Reisezentrum Koeln. Entah sengaja atau beliau juga kurang tahu. Wallahualam.

Yang jelas pengalaman kemarin jadi menambah satu pengetahuan baru bagi kami. Mungkin jika tak terpaksa, kami lebih baik membeli tiket lewat mesin otomatis saja.

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>