Harga sewa penginapan di Jerman relatif mahal. Terutama di kota-kota seperti Frankfurt, Hamburg, Munich dan Stuttgart. Sebagai alternatif lebih murah adalah youth hostel. Di jerman, youth hostel dikenal sebagai jugendherberge. Sebagian besar jugendherberge Jerman mensyaratkan keanggotaan bagi mereka yang ingin menggunakan fasilitas mereka.

Sebab jarang menginap di penginapan bila jalan-jalan di seputar jerman, melainkan lebih memilih menginap sambil bersilaturahmi di rumah kenalan, sebelumnya kami belum tertarik menjadi anggota. Sampai suatu ketika, seorang teman menginformasikan penawaran dari yayasan jugendherberge negara bagian Rheinland-Pfalz dan Saarland. Setiap musim dingin, 15 November hingga 15 Maret, mereka memberikan diskon besar-besaran. Mulai 39 euro, sebuah keluarga bisa menginap dua malam lengkap dengan sarapan. Harga sangat murah untuk ukuran Jerman.

Kami tentu saja ikut menikmati penawaran murah ini. Sejak tahun lalu sebenarnya. Tapi saat itu kondisi keuangan belum memungkinkan. Sehingga keinginan baru terealisasi tahun ini.

Istilah jugendherberge sendiri mengacu pada penginapan murah sederhana. Biasanya dimanfaatkan oleh kaum muda berkantung cekak tapi ingin bertualang mengunjungi banyak tempat di dunia. Di Jerman, semua jugendherberge berada dalam satu wadah bernama Deutschen Jugendherbergenwerks (DJH). Di tingkat internasional, ada International Youth Hostel Federation (IYHF).

Penginapan murah a la jugendherberge ini mulai muncul di awal abad 20. Sebagai jawaban akan penyediaan penginapan murah bagi kaum muda, grup-grup remaja dan anak-anak sekolah. Tanggal 26 Agustus 1909 di bangunan Sekolah Richard Schirrmann di Altena berdiri jugendherberge pertama di dunia. Diprakarsai oleh seorang guru bernama Richard Schirrmann. Setelah seratus tahun, telah berdiri sekitar 500 jugenderberge di Jerman, 4000-an di seluruh dunia.

Untuk menjadi anggota, caranya mudah. Untuk wilayah jerman, melalui website www.jugendherberge.de. Mengisi formulir dan data bank. Tak sampai seminggu kemudian, kartu keanggotaan telah kami terima. Bagi keluarga, iuran tahunannya adalah 21 euro. Kartu anggota ini berlaku tak hanya di Jerman. Melainkan juga di sekitar 4000 jugendherbe di dunia. Seorang kerabat merekomendasikan untuk memesan penginapan lewat sini. Di Florence, Italia, dimana harga penginapan relatif mahal, beliau hanya perlu membayar tak samüpai 40 euro per kamar per malam (sekeluarga, 4 orang).

Sebagian jugendherberge di jerman dan belahan bumi lain, menurut informasi tak mensyaratkan keanggotaan. Ada biaya tambahan 2-3 euro per malam bagi non-anggota. Jadi bagi mereka yang butuh alternatif penginapan murah selama liburan, tak ada salahnya mengecek di www.HIhostel.com.

Possibly Related Posts:


Tags: ,

5 Responses to “Menjadi Anggota Youth Hostelling International”

  1. Wisata Riau says:

    hmm…. sering2 baca2 blog ini jadi pengen ke Jerman. hehheee..
    apa lagi ada pengunapan murah… thanks for share

  2. ira says:

    semoga suatu saat bisa mampir kemari, yah….

  3. hmmm.. selama sebulan sahabat bisa menghabiskan berapa euro untuk kebutuhan sehari-hari disana?? :)

  4. digituck says:

    wah sudah sampai Jerman yaaaa !! jadi mauuuu :D

  5. […] Jerman banyak yang menawarkan jasa bepergian bersama baik berkereta api atau bermobil. Biasanya pemilik satu tiket harian murah yang bisa digunakan […]

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>