Dalam perjalanan menuju kota-kota lain di Jerman, beberapa kali kami melewati Königswinter. beberapa kali juga kami melihat sebuah mesjid kecil tak jauh dari stasiun kota kecil ini. Entah mengapa, jika melihatnya timbul perasaan ingin singgah.

Ketika kami mendaki bukit untuk melihat istana Drachenburg dari dekat, kami parkir tak jauh dari mesjid ini. Kebetulan kaki bukit menuju Dracenburg hanya berjarak sepelemparan batu darinya. Maka setelah ke Drachenburg, kami langsung menuju kesana, untuk sholat dan melepas lelah sejenak.

Mesjid Königswinter adalah satu dari ratusan mesjid dibawah yayasan DITIB, yayasan islam milik orang Turki di Jerman. Yayasan ini biasanya mendatangkan imam langsung dari Turki. Selain aktif di bidang agama, yayasan ini juga aktif di bidang sosial. Tempat yang dulunya restauran ini dirubah menjadi mesjid di tahun 1991. Tahun 2001, dibangun kembali dengan penambahan kubah dan menara. Tempat sholat di bagian depan menjadi tempat sholat wanita. Akhir September 2002, mesjid ini resmi dibuka kembali.

Bangunan ini tak hanya berfungsi sebagai mesjid. Sebagian menjadi kantor kantor arsitek. Pemiliknya juga memiliki nama Turki. Bapak masuk dahulu, menanyakan apakah boleh memarkir kendaraan tepat di depan mesjid. Seorang Bapak tua mengatakan boleh, sambil menunjukkan tempat wudhu wanita. Letaknya di bawah tanah, dekat tempat sholat wanita.

Tempat sholat wanita berada di sebelah kiri di bagian depan mesjid. Ada pintu khusus untuk menuju kesana, terpisah dari pintu utama. Ruangannya tak terlalu besar. Hanya cukup untuk 20 orang-an saja. Ada pintu menuju dapur. Emak dan Embak melihat banyak stok minuman dan makanan di dalamnya. Diantara ruang sholat wanita dan ruang sholat utama pria ada ruangan mirip kelas dengan banyak meja kursi. Ada gulungan karpet di satu sisi tembok. Sepertinya rungan ini multi fungsi. Selain ruang belajar, juga sebagai ruang sholat jika jamaah banyak.

Kami sholat dhuhur dan ashar sekaligus. Lega rasanya, ketika jalan-jalan lalu menemukan sebuah mesjid. Bisa sholat dengan tenang, berisitirahat, serta bertemu dengan saudara muslim lainnya.

mesjid-konigswinter

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

2 Responses to “Mesjid Königswinter”

  1. salma says:

    assalamu alaikum wr.wb.
    senang sekali salma bisa mengunjungi anda di situs ini. salma jadi tahu jika di daerah di belanda ada juga mesjid yang mudah didapat.
    soalnya, salma ingin sekali berkunjung ke negeri Jerman dan juga
    Belanda.
    wassalam

  2. […] Rotterdam adalah kota terbesar kedua di Belanda, serta kota dengan pelabuhan terbesar di Eropa. Dimulai sebagai sebuah dam di Sungai Rotte, Rotterdam tumbuh sebagai pusat bisnis utama di dunia. Sebuah kota gemilang dan multi budaya. Terkenal karena universitasnya (Universitas Erasmus), arsitektur-arsitektur unik, budaya maritim yang kental. Esensi Rotterdam adalah pelabuhan raksasa. Salah satu pelabuhan tersibuk di dunia. Dari tahun 1962 hingga 2004, Rotterdam merupakan pelabuhan terbesar di dunia, sebelum mahkota tersebut diraih oleh Shanghai. […]

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>