Negara bagian Sachsen-Anhalt terltak di bekas negara Jerman Timur dan beribu kota di Magdeburg. Wilayahnya antara lain meliputi daerah industri di Halle dan Bitterfeld serta perkebunan angggur di Saale dan Unstrut. Salah satu jantung negara Jerman ini memiliki banyak potensi wisata yang belum sepenuhnya tereksploitasi.

Saat melakukan perjalanan menuju Leipzig dan Dresden, kami sempat melewati beberapa kota di Sachsen-Anhalt, termasuk Magdeburg. Sebagian besar wilayahnya terlihat suram. Banyak gedung tak bertuan dibiarkan magkrak tak terurus. War-warnanya pun kelabu, susah menimbulkan mereka untuk menikmati keindahannya.

Padahal konon kota dan desa-desa di Sachsen-Anhalt punya signifikansi arsitektur dan sejarah. Sebagian menawarkan atraksi wisata pra-sejarah, abad pertengahan. situs-situs di masa reformasi, serta banyak situs yang berhubungan dengan industrialisasi dan klasik-modern. Katedral serta gereja-gereja miliknya banyak diasosikan dengan Marthin Luther, ditawarkan sebagai obyek budaya dan pengetahuan.

Magdeburg, salah satu kota dengan universitas tertua di negeri ini, adalah kota hijau pemilik sekitar 20 taman kota. Juga gedung-gedung bersejarah yang pernah dijuluki “mutiara romanesque”, seperti gereje Liebfrauen dan katedral Magdeburg. Sungai Elbe dan tepiannya ikut memberi bentuk kota ini.

Saat industri marak di Jerman pada akhir abad 19, banyak distrik bermunculan di kota-kota Jerman. Sebagian besar telah punah akibat modernisasi dan dua perang dunia. namun hal ini tak berlaku di Halle. Tak ada kota lain di Jerman masih memiliki struktur lengkap kota urban untuk kepentingan komersial, perkantoran dan tempat tinggal selain di kota ini.

Kota tua Wernigerode di lereng pegunungan Harz baru saja merayakan hari jadinya ke 775. Bangunan bertulang kayu a la abad pertengahan telah sukses bertahan berabad lamanya. Tertua berasal dari tahun 1400 masehi. Yang terkenal adalah “rumah termini”, “rumah bengkok” dan balai kota. Istana Wernigerode punya pemadnagan langsung ke gunung Brocken, puncak terjangkung di Harz.

Monumen-monumen arsitektur menjadi bukti kemegahan dan kekeayaan budaya kota Merseburg, salah satu tempat tinggal kaum ningrat dan pemerintah. Arsitektur kompleks bermenara banyak mendominasi di kota di atas Sungai Saale ini.

Di Sachsen Anhalt, pemandangan alam, buadaya dan sejarah berbaur menjadi satu kombinasi menarik. Istana-istana, gereja dan taman-taman merupakan produk keahlian arsitektur. Pemandangan di taman kerajaan Dessau-wörlitz, kota abad pertengahan Quedlinburg, daerah terpelihara terluas di Jerman serta rumah unik Bauhaus masuk dalam daftar situs cagar budaya UNESCO.

Heinrich der Finkler, Raja Sachsen dinobatkan menjadi raja pertama Jerman pada tahun 919. Kota tempatnya bertahta meliputi lebih dari 1200 gedung bertulang kayu khas abad pertengahan. Gedung tertua di kota abad pertengahan Quedlinburg baru ditemukan tahun 2003. Aslinya dibangun sekitar tahun 1220.

Di bawah Pangeran Leopold Friedrich Franz Anhalt-Dessau, kerajaan mengalami masa kejayaan. Pangeran menemukan petingnya mengekspresikan ide brilian miliknya, sehingga terciptalah taman-taman indah antara tahun 1764 – 1800. Kanal-kanal, gua, dan patung-patung tak hanya terlihat cantik, namun juga masing-masing punya arti tersendiri. DI Taman Kerajaan Dessau Wörlitz, arsitektur klasik dan neo-gothik berbaur dengan desain taman bergaya inggris.

Sekolah Bauhaus di Weimar, didirikan tahun 1919 oleh Walter Gropius, adalah institut seni dan desain klasik-modern terkenal di negara ini. KInerja Bauhaus antara 1919 hingga 1933 memepengaruhi apresiasi dunia akan arsitektur dan desain.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>