Negara bagian beribukota Stuttgart terletak di barat daya Jerman. Disinilah industri modern bertemu dengan keragaman sejarah, budaya dan keindahan alam. Pemandangan luar biasa, budaya dan tradisi, kota-kota menarik, tempat-tempat menakjubkan, bermacam aktivitas olah raga dan pelesir, orang-orangnya ynag ramah serta  berjenis makanan enak menjadikan liburan di Baden-Wurttemberg pengalaman tak terlupakan.

Negara bagian ini punya banyak sekali tujuan wisata. Kejayaan Schwarzwald (Black Forest) dan Bodensee (Danau Konstanz) telah melewati batas negara Jerman. Salah satu kelebihannya adalah keragaman jenis wisatanya. Baden-Wurttemberg punya segalanya bagi semua peminat – apalah akan berlibur di Schwabische Alp, wisata harian di puri atau istana-istana di Pfalz, berjalan di hutan Odenwald, tur anggur di Heilbronn-Franken atau sekedar berjalan-jalan di ibukota Stuttgart.

Salah satu region paling populer adalah Schwarzwald. Tertutup salju di musim dingin, dipenuhi bunga-bunga di musim semi, danau-danau menyegarkan di musim panas, dan eloknya warna daun di musim gugur. Di Schwarzwald terdapat kota-kota menarik. Seperti Calw, tempat kelahiran pengarang terkenal Herman Hesse, kompleks biara Maulbronn, sebuah cagar budaya Unesco, baden-Baden, terkenal akan spa dan kasino, seperti kota-kota universitas cantik seperti Tuebingen dan Freiburg. Theme park paling besar di Jerman, Europa-Park Rust juga berada di Schwarzwald.

Selain lembah-lembah kontras di Rhein, Donau dan Neckar, Danau Konstanz, salah satu danau terbesar di negeri ini, bersinar diantara panorama Pegunungan Alpen. Atraksi wisata menarik disini antara lain pulau bunga Mainau, pulau Reichenau (salah satu cagar budaya Unesco), kota Konstanz, museum Zeppelin serta gedung-gedung prasejarah. Tak hanya itu ditawarkan danau ini. Banyak orang datang kemari untuk berpartisipasi dalam aktivitas olah raga dan fitness atau menikmati suasana desa-desa di sana.

Perbukitan di area Neckar-Hohenlohe-Hutan Schwaben antara sungai-sungai Kocher dan Jagst tertutup oleh perkebunan anggur, orchard dan hutan. Peninggalan artistik
daerah ini tercermin dalam koleksi artifak sangat bernilai di kota-kota kuno dengan rumah-rumah bertulang kayu, kastil dan istana. Salah satu karya Goethe tentang Gotz von Berlichingen, raja pencuri dengan tangan besi, kemungkinan jadi salah satu program di Jagsthausen Castle Festival.

Beberapa kota di Baden-Wurttemberg terkenal hingga ke manca negara. Heidelberg di tempat teratas. Diikuti Stuttgart, Freiburg dan Tübingen. Kota-kota seperti Aalan, Ravensburg, Ulm dan Ludwigsburg juga tak kalah menarik. Dengan budaya, arsitektur, dan tempat-tempat belanja.

Orang-orang Stuttgart bekerja dan bersenang-senang dengan sama kerasnya. Bosch, Daimler, Porsche. Semua didirikan di sini. Sangat dikenal akan inovasi dan reputasi kelas dunia mereka. Balet dan opera kelas satu ditampilkan di sini. Dua istana, galeri negara dan taman Wilhelma adalah beberapa dari atraksi wisata menarik mereka.

Heidelberg sangat terkenal akan kastil dan bangunan tuanya. Kota ini punya universitas tertua, suasana kota mahasiswa, bar trendi dan tadisional, toko-toko antik dan galeri. Romantis, idilis, kosmopolitan, dinamis, modern – semua dimiliki Heidelberg.

Karlsruhe adalah kota relatif baru penuh budaya dan kenyamanan hidup (joie de vivre). Terletak di tepi Sungai Rhein antara Schwarzwald, Alsace dan Pflaz, pengunjung memenuhi museum-museum istimewanya. Pusat kotanya berbentuk seperti kipas angin, taman dan istana barock, taman-taman botani, kbun binatang dan banyak wilayah hijau adalah tempat yang mengundang untuk dikunjungi.

Baden Wurttemberg adalah juga gudangnya makanan enak dan restauran kelas dunia. region ini juga menghasilkan produk lokal bagus. Tart Black Forest, maultaschen dan pasta Spatzle sangat dikenal.

Maultaschen adalah salah satu tipe ravioli isi daging sosis dan bayam. Dapat dihidangkan dengan kaldu, dengan bawang digoreng dalam lemak atau dipanggang dengan mentega dan dihidangkan bersama telur rebus.

Spaetzle, dumpling kecil dibuat dari adonan yang direbus dalam air mendidih. Biasanya dihidangkan bersama filet daging dan bawang atau dnegan lentil dan sosis khas Schwaben.

Schupnudeln adalah rolade sebesar jari terbuat dari adonan kentang. Enak dimakan dengan daging panggang atau sauerkraut.

Makanan khas daerah Baden meliputi sup bawang putih kayu, sup sorrel dengan trout asap, Bibeliskäs (kri keju dengan dedaunan) sup kentang, dan dumpling kukus dengan saus apel.

Possibly Related Posts:


Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>