Berposisi di bagian barat Jerman, diantara Rheinisches Schiefergebirge, negara bagian Rheinland-Pfalz beribukota di Mainz. Wilayah ini kaya keragaman, semenarik dan beragam seperti pula penduduknya. Keunikan adalah daya tariknya : pemandangan sungai idyllic, gunung-gunung tak terambah manusia, kota-kota bersejarah desa-desa picturesque, ladang-ladang anggur terkenal dan istana-istana romantis. Rheinland-Pfalz punya tujuh region – Pertengahan Rhein-Lahn-Taunus, Rheinhessen, Eifel, Ahr, Mosel-Saar, Hunsrueck, Nahe, Westerwald dan Pfalz, semua yang bisa diharapkan oleh para wisatawan.

Eifel adalah bekas gunung berapi, terkenal akan kaldera – danau-danau vulkanik yang terbentuk hampir 30 ribu tahun lalu. Eifel sangat ideal untuk pendakian dan perjalanan kaki. Dari sini orang bisa sekalian ke Nuerburgring, salah satu lintasan GP Formula Satu di Jerman.

Westerwald adalah rentetan pegunungan antara Frankfurt dan Cologne, antara sungai-sungai Lahn, Sieg, Rhein dan Dill. Sebuah surga bagi pejalan kaki. Puncak-puncaknya pegunungannya berupa hutan-hutan. Pertanian, pertambangan besi, basalt, mempengaruh bentuk Westerwald selama berabad lamanya.

Lembah Sungai Mosel antara Koblenz dan Trier adalah pemandangan sungai romantis. Jika naik kereta api ekonomi antara Koblenz dan Trier, kita akan bisa menikmati keindahan ini. Daerah ini juga terkenal akan perkebunan anggurnya yang ditanam di lembar-lembah berselang-seling dengan reruntuhan benteng atau istana dan bangunan-bangunan kuno prestisius. Anggur sudah mulai ditanam oleh bangsa bangsa Romawi dan Celtic berabad lalu. Sungai Mosel punya panjang 545 kilometer, menjadikannya sebagai pemasuk terbesar bagi Sungai Rhein.

Antara Alsace, Saarland dan Rheinhessen adalah Pfalz, bagian dari Rhein Atas. Disinilah hutan Pfalz berlokasi. membentu satu tautan antara Pegunungan Eifel dan Pebukitan Hunsrueck di utara, dan Pegunungan Vosges di selatan. Pemandangannya sangat beraneka rupa.

Rheinhessen adalah daerah pembuat anggur terbesar di Jerman. Juga tempat makanan enak. Selain itu, daerah ini menawarkan banyak aktivitas pelesir, termasuk bersepeda, jalan kaki, naik balon udara dan golf. Wisata budaya dengan seni budaya kelas dunia juga pameran tradisional serta festival anggur menjadi daya tarik wisata disini.

Kota-kota di negara bagian ini banyak menjadi saksi bisu sejarah. Banyak sekali sisa-sisa jaman kejayaan Romawi kuno. Juga gedung-gedung indah, megah serta terawat dari jaman-jaman setelahnya. Selain desa-desa terpencil nan tenang, dia juga punya kota-kota seperti Mainz dan Worms, kota tua namun punya beberapa titik modern.

Mainz punya sejarah menakjubkan. Di sana ada bekas-bekas peninggalan Romawi berumur 2000 tahun. Sementara gedung-gedung megah bergaya baroque juga masih terjaga. Arsitek dan pematung-pematung terbaik menghiasi kota ini di abad 17. Menghasilkan residen-residen aristokrat eksklusif dan gereja-gereja megah.

Koblenz, gerbang Rhein tengah, adalah situs cagar budaya UNESCO, terletak di persilangan dua sungai terkenal, Rhein dan Mosel. Dikelilingi oleh dataran tinggi. Dua pertiga bagian kota tertutup oleh pepohonan, air atau daerah hijau. Museum-musuem mendokumentasikan 2000 tahun sejarah kota ini. Wisatawan dari sleuruh dunia datang untuk mengagumi banyka bagian kota.

Worms, salah satu kota tertua di Jerman, punya sejarah panjang dan penting. Monumen dan gedung-gedungnya menunjukkan hal tersebut. Saat ini, Worms menjadi salah satu kota modern di tepi Sungai Rhein, dengan bukti peninggalan jaman pertengahan di banyak sudut kota.

Kota Trier, di jaman Romawi dikenal sebagai “Augusta Treverorum” adalah kota tertua di jerman. Didirikan oleh Kaisar Augustus tahun 16 sebelum masehi dan di akhir abad ketiga masehi menjadi tempat berkuasanya Kaisar Diokletian. Kemegahan Trier di masa silam tampak dair peninggalan berupa gerbang Porta Nigra, jembatan Romawi, amphiteater, basilika dan bekas pemandian kaisar.

Tak ada tempat lebih romatis dibanding lembah-lembah Rhein Atas. Sungai Rhein paling sempit di wilayah ini. Namun juga paling indah. Lembah ini menginspirasi Heine dan Brentano untuk memproduksi beberapa puisi terbaik mereka. Bingen, St. Goar, Loreley – nama-nama dengan imej romantis.

Possibly Related Posts:


Tags: , , , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>