salah-satu-stasiun-metro-di-brusselsDi banyak kota Eropa, hasil karya seni tak hanya bisa dinikmati di galeri atau museum. Banyak karya seni bisa dinikmati dengan gratis oleh semua orang. Patung-patung di taman atau tempat keramaian. Juga lukisan-lukisan dan pahatan.

Salah satu tempat dimana orang bisa menikmati karya seni di Brussel adalah di stasiun metro. Tak hanya di Brussels sebenarnya. Sebab kami juga pernah menyaksikan karya seni serupa di stasiun metro kota-kota lain di Eropa. Di Nuernberg/Nueremberg misalnya.

Menurut buku panduan, metro dan jalur premetro (tram bawah tanah) Brussel, punya 58 stasiun pemberhentian. Lima puluh empat diantaranya menjadi tempat pergelaran para seniman. Siapa saja yang ingin menikmatinya, bisa membeli tiket harian, lalu berhenti di setiap stasiun pemberhentian. Karyakarya seni di stasiun metro di bawah ini sangat dianjurkan untuk dilihat ketika kita berada di Brussels :

– Anneessens : Menampilkan karya Christian Dotremont dan Pierre Alechinsky
– Botanique : Karya Jean-Pierre Ghysels
– Bourse : Paul Delvaux dan Pol Bury
– Gare du Midi : Jacques Moeschal, arsitek dan pemahat
– Gare de l’Ouest : Guy Vandenbranden
– Hankar : Roger Somville
– Montgomery : Jo Delahaut
– Porte de Hal : Francois Schuiten

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>