Pantai Pulau MerahIni tempat wisata yang lagi naik daun. Lokasinya di Kabupaten Banyuwangi. Beberapa teman Emak sudah ngiming-imingi. Dengan pasang foto keren pantai ini. Tempat ini masuk dalam tempat yang ingin Emak kunjungi. Walau waktunya belum tahu kapan. Eh, pas lebaran kemarin ada yang ngajakin ke sini. Alhamdulillah banget, deh.

Aslinya temen ke Banyuwangi mau unjung-unjung, istilah kami untuk silaturahmi saling bermaafan di hari nan fitri. Namun karena lokasi unjung-unjung kira-kira sejam dari Pantai Pulau Merah, ya sekalian aja ke sono, kata sahabat Emak tersebut. Alhamdulillah di lebaran hari kedua, kendaraan belum terlalu macet. Pas pulangnya saja agak tersendat. Karena jalan diperbaiki dan mobil mulai ramai.

Di Pantai Pulau Merah sendiri sangat ramai suasananya. Kami parkir agak jauh dari pantai. Di bawah pepohonan rindang. Emak perhatikan banyak mobil berpelat asing. Misalnya dari Surabaya, Bali, Malang, bahkan Jakarta. Mungkin mereka yang sedang mudik dan sekalian jalan-jalan ke pantai.

Jalan ke arah pantai, suasana lebih kemriyek. Kami berjalan sampai beratus meter ke arah barat. Semua payung penuh. Kami baru berhenti setelah ada payung kosong. Penyewa payung jualan es kelapa muda pula. Pas deh. Langsung pesan. Es kelapa muda. Penjualnya memangkas bagian atas kelapa, mengerok isinya, menambahkan sedikit gula dan es batu. Es kelapa muda siap dinikmati. Amboi, segarnya!

Panas terik di tepi pantai. Orang-orang berendam atau main air. Anak-anak main pasir. Sesekali petugas datang. Memperingatkan pengunjung untuk tidak mandi di laut dan membuang sampah sembarangan. Ombak menggulung tinggi. Tempat ini emang jadi spot surfing. Tapi yang surfing satu dua. Dan semuanya orang asing. Ada persewaan alatnya jika mau.

Sorean, kala air agak surut banyak yang berjalan ke Pulau Merah. Gundukan bukit kecil beratus meter dari garis pantai. Namanya berasal dari warna tanah merah di pulau tersebut. Emak pengen juga ikut nyebrang. Tapi kok ya, ketinggian air masih sepaha orang dewasa. Pasti celana basah jika mo nekat juga. Mending jalan-jalan di pinggir pantai saja.

 

 

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>