cuxhaven, pantai utara jermanMeski tak punya garis pantai sepanjang tanah air kita, Jerman punya daerah wisata pantai di pantai utara dan timur negeri ini. Wisata pantai di negeri ini, agak berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Jenis pantainya berbeda. Di pantai utara misalnya, pantainya berupa wilayah laut landai yang sangat dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Orang sini menyebutnya sebagai Wattenmeer. Setiap hari terjadi dua kali pasang dan dua kali surut di Wattenmeer. Nah karena pantai dan sebgaian daerah lautan ini sangat landai, maka saat air surut, garis pantai akan melebar sangat jauh ke arah lautan. Jaraknya dari garis pantai sesuangguhnya, bisa mencapai satu kilometer. Orang bisa berjalan-jalan sini menuju arah laut lepas. Dasar pantai Wattenmeer mirip lumpur. Warnanya gelap. Sangat lembek ketika diinjak. Sepanjang dasar laut ini akan kita temui, kerang, serangga laut, ikan-ikan kecil, dan cacing laut.

Dan sebagian besar Wattenmeer di pantai utara Jerman telah dijadikan taman nasional. Sebagai tempat konservasi berbagai jenis burung dan binatang laut. Luasnya mencapai 9000 kilometer persegi, sepanjang 450 kilometer, dan selebar hingga 40 kilometer. Inilah Wattenmeer terluas di dunia. Di taman nasional unik ini orang bisa melakukan tur jalan kaki khusus bernama Wattwanderung. Ini termasuk tur murah. Bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa pemandu.

Cuxhaven adalah kota kecil di pantai utara Jerman yang terkenal sebagai salah satu tempat pelesir pantai. Di musim panas, orang akan berbondong-bondong datang kemari. Baik turis harian, maupun mereka yang menginap berhari-hari melepas kepenatan disini. Turis harian akan lebih banyak datang ketika sinar matahari bersinar cerah.

Dua kali keluarga pelancong berkunjung ke Cuxhaven. Sebenarnya ada dua pantai tempat berjemur di kota ini, yakni Dünen dan Dose. Dünen lebih ramai dan pasir purih di pantainya lebih panjang. Makanya kami lebih memilih Dünen. Pertama sekeluarga. Kedua bersama keluarga muda teman kami dari Inggris. Dari Bremerhaven, hanya sejam dengan kereta api ekonomi. Ditambah naik bus kota ke arah pantai.

Dünen adalah daerah wisata dengan banyak sekali penginapan. Besar, kecil, murah hingga sangat mahal. Di beberapa tempat ada pula tempat-tempat kemping bagi mereka yang berminat. Selain hotel, banyak pula sarana pendukung seperti restauran, kafe, toko-toko souvenir, penjual perlengkapan pantai seperti baju renang, jaket pantai, dsb.

Masuk ke daerah pantai berpasir putih, setiap orang diwajibkan membayar. Tak mahal. Sekitar 2 euro per orang. Anak-anak lebih murah. Sama seperti pantai-pantai Wattenmeer lainnya, pasir pantai di Cuxhaven aslinya tak berwarna putih. Melainkan hitam gelap. Pasir putih yang ada didatangkan dengan kapal khusus dari dasar laut dalam. Setiap tahun, pasir ini akan dibersihkan. Mengetahui hal ini, kami merasa kagum dna bersyukur. betapa beruntungnya negara kita. Punya pantai-pantai berpasir putih asli dan sangat indah.

Biasanya kami menyewa keranjang pantai atau membawa tenda pantai sendiri. Jika tidak, takkan ada tempat berteduh. Saat air surut, kami berjalan ke arah laut lepas atau membangun istana pasir di pantai. Di saat pasang, Bapak dan Embak biasanya mandi di laut bersama orang-orang lain. Sebenarnya pemandangan disini tak terlalu bagus untuk mata. Anak-anak, tua muda memakai bikini. Orang Jerman sendiri biasanya hanya bermalas-malasan atau berjemur di pantai ketika tidak sedang berenang. Atau melakukan aktifitas seperti main tangkap piring terbang dan badminton. Beginilah suasana sebuah pantai di negeri ini di musim panas.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

4 Responses to “Pelesir di Pantai Cuxhaven”

  1. Wowww…Pantai…
    Gw banget tuh..

  2. ira says:

    thx tlah berkunjung, ya…

  3. […] jika ingin mandi dekat pantai, kami selalu bertandang ke Cuxhaven kota kecil sejam berkereta api dari Bremerhaven. Di sana pemandian pantai berpasir putih. Kalau […]

  4. […] namun indah. Osnabrück biasanya adalah kota singgah sebelum melanjutkan perjalanan ke arah barat. Cuxhaven, kota di pantai utara, memiliki pantai landai nan luas. Emden, Wilhemshaven hingga ke Bensersiel, […]

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>