Di hari ketiga kami di negara mini di Eropa Selatan, di suatu hari Minggu, kami putuskan utnuk pergi ke Pulau Gozo. Letaknya di sebelah timur Pulau Malta. Malta sebenarnya terdiri dari tiga pulau : Malta, Comino, Gozo. Hanya Malta dan Gozo berpenghuni.

Kali ini agak kesiangan kami keluar penginapan. Kecapekan setelah sehari merambah sebagian kota sehari sebelumnya. Lewat pukul sepuluh kami berada di halte. Ada bus langsung dari halte dekat penginapan menuju Cirkewwa, dimana pelabuhan feri menuju Gozo berlokasi. Untunglah tak perlu ke Valetta dulu. Namun bus ini lewat setengah jam sekali. lama juga kami menunggu di halte. Sambil berharap-harap cemas, sebab mendung lumayan tebal menggantung di langit Malta.

Tak banyak penumpang dalam bus pagi itu. Jika ada. sepertinya sebagian besar adalah turis. Bus melaju melewati St. Julian dan Paceville. Wilayah ini tampaknya merupakan salah satu pusat turis. Jumlah hotelnya jauh lebih banyak dibanding Sliema. Tempat makan, bar, serta diskotek tak sedikit pula. makin bertambah jumlah halte, makin banyak pula turis ikut menumpang menuju Cirkewwa.

Setelah berkendara dalam bus beberapa kilometer, kami baru sadar, bahwa jarak Sliema – Cirkewwa adalah tiga puluh kilometer. Artinya, perjalanan bus kali ini bakal panjang dan lama. Sementara mendung semakin tebal saja di atas sana. Untunglah kami disuguhi pemandangan indah sepanjang pantai utara Malta.

Bus melaju meliuk-liuk mengikuti kontur tepi pantai dan perbukitan. Kadang kami berada dekat sekali dengan pantai. Atau berada di atas bukit dengan pemandangan laut lepas. Melewati jalan-jalan sempit di daerah pemukiman serta di tengah-tengah daerah pertanian. Pemandangan berselang-seling, meliuk-liuk ini meski tak membuat bosan, tapi cukup membuai sehingga menimbulkan kantuk. Anak-anak tertidur. Bapak juga. Padahal banyak sekali pemandangan indah sayang untuk dilewatkan. Tinggal Emak menikmati semuanya sendirian hingga sampai pelabuhan di Cirkewwa.

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

One Response to “Pemandangan Indah Menuju Pulau Gozo, Malta”

  1. […] berlari, kami masuk ke gedung penjual tiket. Harga tiket pergi pulang Malta – Gozo tak mahal. Tak sampai 5 euro bagi orang dewasa. Dan sekitar 1,50 euro bagi anak-anak. Kami membeli […]

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>