Dengan sekitar 18 juta penduduk, negara bagian Nordrhein-Westfalen (NRW), beribukota di Düsseldorf adalah yang terpadat di Jerman. Selain berperan sebagai wilayah industri utama, daerah ini juga merupakan pusat ekonomi internasional penting. Juga sebagai pusat teknologi, budaya dan media. Perusahaan baja dan besi besar seperti Thyssen & Krupp, menjadi salah satu penyakong ekonomi utama di negara bagian ini. Salah satu bekas tambang, Ruhr sekarang telah disulap menjadi pusat budaya, olah raga dan hiburan.

Selain padat, negara bagian ini juga memiliki keragaman di sektor wisatanya. Daerah Münsterland adalah salah satu pusat olah raga dan penghobi sepeda. Memiliki banyak istana megah di jalur sepedanya. Sauerland dan Bergisch Land punya dataran tinggi indah serta menjadi salah satu pusat wisata musim dingin. Sedangkan Ruhr pusat budaya yang menjadi ibukota budaya Eropa tahun 2010. Daerah Niederrhein dianggap sebagai wilayah romantis NRW.

Satu lagi keistimewaan NRW sebagai negara bagian. Sebab penduduknya relatif padat, kota-kota di negara bagian ini juga sangat berdekatan dibanding di negara bagian lain. Jaringan kereta api sangat bagus, menyambung hampir sleuruh kota dan desa di sana. Makanya tarif tiket hariannya (Schoene Ticket NRW) juga paling mahal. Kota Cologne dan Düsseldorf adalah kota-kota terbesar dan terpadat penduduknya di NRW. Keduanya menawarkan kancah budaya fantastik, fasilitas pameran berskala internasional, dan pusat karnaval besar di bulan Februari. Tempat menarik lain adalah Wuppertal dengan monorail gantung unik, kota mahasiswa Muenster, kota-kota di Ruhrgebiet, dan tentu saja mantan ibokota Jerman Barat, Bonn.

Cologne atau Köln adalah kota terbesar dan paling banyak dikunjungi di NRW. Merupakan pusat seni dan pameran terkemuka. Selain Dom (katedral) terkenal miliknya, salah satu kota tertua di Jerman ini punya 12 gereja Romawi dan banyak peninggalan Romawi lainnya. Salah satu putera Köln paling terkenal adalah Heinrich Böll, pemenang hadiah nobel literatur. Selain itu, di Köln berdiri banyak kantor pusat media Jerman.

Ibukota elegan Düsseldorf dikenal punya banyak butik dan galeri eksklusif sepanjang Koeningsallee. Juga pub-pub di kota tuanya. Banyaknya ekspatriat asal Jepang membuat kota ini menjadi tujuan wisata utama bagi orang Jepang juga.

Essen, kota di Ruhrgebiet penyandang gelar ibukota budaya Eropa tahun 2010 tak hanya menawarkan baja dan batu bara. Saat ini, Villa Hügel di Essen-Bredeney, eks-residen milik keluarga industri Krupp, menjadi pusat pameran budaya. Katedral Essen memiliki patung bunda Maria tertua, dari tahun 990 masehi. Sedangkan, Folkwang Museum memamerkan koleksi budaya penting dari Perancis dan Jerman abad 19 hingga 20 masehi.

Kota tempat lahir Ludwig von Beethoven, sekaligus mantan ibokota Jerman Barat, Bonn masih memiliki kemgahan sebuah bekas ibukota negara. Atraksi wisata utama di sini adalah universitas, museum dan rumah Beethoven , dan sebuah gereja Romawi yang dibangun antara abad 11 – 13 masehi.

Tak ada orang bersepeda di kota lain di Jerman sebanyak di Muenster. Kota mahasiswa ini juga dijuluki kota sepeda. Berada di Muenster serasa berasa di salah satu kota di negara Belanda. Jumlah sepedanya lebih banyak dibanding jumlah penduduknya. Kota tua Muenster didominasi oleh bangunan aristokrat. Atraksi utama disini termasuk pusat perbelanjaan Prinzipalmarkt, balai kota abad 14 bergaya gothik, katedral St. Paul, salah satu gereja terbesar di Westfalen.

Nordrhein-Westfalen mungkin terkenal akibat kemajuan industrinya di masa lalu. Namun negara bagian ini juga punya pemnadnagan tak kalah menarik di banyak tempat, dari daerah datar Muensterland hingga dataran tinggi seperti Sauerland , Eifel dan Niederrhein. Bahkan Ruhrgebiet punya beberapa daerah dengan pemandangan spektakuler bagi para pecinta alam. Taman Nasional Eifel misalnya, meliputi hutan seluas 10.700 hektar yang jarang sekali terkena pengaruh manusia. Serta menjadi tempat tinggal lebih dari 230 spesies hampir punah.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>