Peta wisata kota RomaSetelah bercerita panjang lebar tentang buku panduan wisata, kami ingin pula membahas mengenai peta kota. Diantara isi buku panduan, terpenting ya peta kota ini. Meski kadang tak selengkap peta biasa, peta kota di buku panduan lumayan untuk dijadikan orientasi ketika keliling suatu kota.

Kota-kota tujuan wisata utama biasanya punya peta khusus yang isinya berbeda dengan peta kota biasa. Di dalamnya tergambar situs-situs wisata utama, seperti gereja, monumen, museum, air mancur, taman, dsb. Jika yang membuat pihak yang berkepentingan, tak jarang pula ada pesan sponsor dalam peta wisata ini. Selain berisi situs-situs wisata, di dalamnya kadang mengandung gambar hotel, restauran atau sebuah pusat perbelanjaan di suatu kota.

Di kota-kota besar, peta wisata memang sering terdiri dari banyak versi. Versi netral biasanya dikeluarkan oleh kantor pariwisata setempat. Sedangkan pihak tak netral juga mencetak peta serupa dengan berbagai tambahan. Namun kedua versi tersebut sama-sama bermanfaat bagi pengunjung.

Tak selalu kami dapat menemukan peta wisata gratis di kota tujuan. Di Cologne, peta wisata dijual di kantor informasi wisata dengan harga murah. kadang malah ada satu kota tak punya peta wisata khusus. Di Thessaloniki, Yunani, kami pernah menyesal membeli peta kota mereka. Sudah harganya relatif mahal, peta tersebut tak terlalu berguna. Ukurannya sangat lebar, kira-kira satu meter persegi. Sungguh tak praktis dibawa sambil berjalan-jalan. Daftar jalannya pun tak lengkap. Kami malah kembali menggunakan peta dari buku panduan pinjaman. Walau sama-sama kurang lengkap peta di buku panduan lebih mudah untuk digunakan sebagai patokan berorientasi.

Selain di kantor informasi wisata setempat, peta wisata kota gratisan biasanya bisa kita dapatkan di restauran atau hotel. Ukurannya tak terlalu besar, selebar kertas A3 atau A4. Sehingga praktis dibawa kemana-mana. Warnanya lebih semarak dan menarik dibanding peta biasa. Di tempat-tempat kedatangan seperti bandara dan stasiun kereta api pun sering kami jumpai brosur-brosur wisata berisi peta kota. Tempat-tempat inilah menjadi sasaran kami berburu peta wisata kota.

Peta wisata kota terbagus menurut kami adalah peta kota Liege (Belgia) dan Roma. Situs-situs wisatanya digambarkan dengan jelas dan indah. Jadi tanpa berkeliling kota pun kita sudah diajak untuk menikmati keindahan kota mereka.

Possibly Related Posts:


Tags: ,

2 Responses to “Peta Wisata Kota”

  1. dhemz says:

    thanks for coming by on my blog!

  2. Darus says:

    menarik banget ulasannya mengingat saya akan membuat peta wisata bagi daerah saya sebagai tugas skripsi saya

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>