Wremen, pantai timur Jerman

Banyak jalan menuju Roma. Banyak pula cara kami menikmati jalan-jalan murah.

Dibanding mengunjungi mal sehingga cenderung menghabiskan lebih banyak uang, kami cenderung memilih tempat-tempat lain untuk menyegarkan jiwa dan pikiran. Tempat yang bisa didatangi dengan murah atau bahkan gratis, seperti taman, pelabuhan, danau atau pantai. Yang terakhir ini sering kami lakukan ketika masih tinggal di Bremerhaven, dekat pantai timur Jerman.

Awalnya, jika ingin mandi dekat pantai, kami selalu bertandang ke Cuxhaven kota kecil sejam berkereta api dari Bremerhaven. Di sana pemandian pantai berpasir putih. Kalau kesini mesti mengeluarkan biaya, meski tak banyak. Untuk naik kereta, lalu masuk pantainya juga bayar.

Belakangan, kami menemukan alternatif lebih murah untuk wisata pantai, yakni ke Wremen. Kira-kira 20 kilometer dari Bremerhaven. Kami temukan saat bersepeda kesana. Di Wremen ini ada pantai berpasir putih juga, meski tak sepanjang Pantai Duene di Cuxhaven. Ongkos masuknya juga lebih murah. Walau kami tak pernah mampir ke wilayah pantai berbayar. Kami lebih memilih  daerah gratisan. Kira-kira sekilo meter dari pantai bayar.

Karena gratis, daerah ini kurang terawat. Tak ada pasir putih. Kalau laut surut, dasarnya mirip lumpur. Pas di tepi pantai adalah pondasi batu besar sebagai penahan ombak. Jangan membandingkan dengan pantai-pantai di tanah air. Pantai di sini jelas kalah jauh.

Meski terlihat tak terawat, di sini bisa dipakai sebagai tempat piknik. Biasanya kami bersepeda sambil membawa tenda pantai. Bekal makanan tak boleh lupa. Jika ada orang-orang lain bertujuan sama dengan kami, kami memilih memasang tenda agak jauh dari mereka.

Bila bersepeda, kira-kira kami tempuh dalam waktu sejam. Melewati pelabuhan bongkar muat mobil dan pedesaan. Lalu ada pula rute yang lewat ladang jagung dan taman kincir angin. Juga peternakan sapi. Makanya tak heran jalanan kadang dipenuhi kotoran sapi saat sepeda kami melintas. Keren, kan rute sepedanya!

Kalau mau berenang, kami mesti mengecek dulu di satu website waktu air laut pasang. Sebab jika air surut, acara berenang tak mungkin berlangsung. Dia daerah Wattenmeer di pantai utara Jerman, sehari semalam laut pasang dan surut masing-masing dua kali. Unik sekali, kan? Di internet kita bisa temukan jadwal pasang dan surut ini. Walau tidak 100 persen selalu tepat. Paling nggak bisa digunakan sebagai ancer-ancer.

Paling asyik jika cuaca hangat di hari libur di kala air mulai pasang dan ada teman-teman untuk bergabung. Piknik plus mandi di laut bakal sukses, deh.:)

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

4 Responses to “Piknik di Wremen”

  1. tomi says:

    wah mantap nih selalu bepergian ke luar negeri.. kapan2 aku diajak boss hehehe

  2. narti says:

    mba ira tinggal di jerman?
    asyik banget nih main pasir, renang….

  3. ira says:

    hehhehehe, trims mbak narti. klo yang di tempat gratisan ini gak bisa main pasir. soalnya nggak ada pasir putihnya. yang ada pasir mirip lumpur gitu.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>