Emak menemukan informasi ini ketika mencari inforasi jadwal bus di website jasa angkutan bulanan langganan Bapak. Ya, mulai 1 Agustus 2009 perusahaan kereta api Jerman Deutsche Bahn (DB) mengeluarkan satu tiket kelas ekonomi baru. Quer-durch-Land-Ticket namanya.

Tiket ini sebenarnya mirip dengan pendahulunya, tiket akhir minggu atau Wochenendeticket. Namun yang ini berlaku pada hari-hari selain akhir minggu, yakni Senin hingga Jumat. Pukul sembilan pagi hingga tiga dini hari, di keesokan harinya. Di hari libur bahkan bisa digunakan mulai pukul 00:00 dini hari.

Nah, tiket ini membuka kemungkinan untuk melakukan perjalanan murah ke seluruh Jerman. Dengan harga mulai 34 euro per orang, tiket ini berlaku di semua kereta api ekonomi (Nahvehrker, S-Bahn, RB, IRE, RE) milik DB dan beberapa partnernya. Dulunya tiket murah kereta ekonomi yang berlaku diseluruh Jerman hanya ada di akhir Minggu. Jadi jika ingin bepergian di dalam Jerman mesti menggunakan kereta api cepat atau kereta api ekonomi yang bertarif sesuai jarak. Kereta api cepat tak murah jika kita membelinya secara mendadak. Sedangkan kereta api ekonomi bertarif sesuai jarak juga tak murah jika jarak tempuh sangat jauh.

Kini kapanpun seseorang bisa menggunakannya. Senin hingga Jumat. Praktis dan mudah untuk mereka yang doyan bepergian mendadak namun tak hendak merogoh kantong terlalu dalam. Sangat murah jika digunakan untuk jarak jauh. Setiap hari bisa bepergian berkeliling negeri ini. Jika dipakai beramai-ramai, tentu saja jadi lebih murah. Tinggal menambah 5 euro per orang. Satu tiket, bisa dipakai barengan maksimal 5 orang dewasa. Atau kurang dari 11 euro per orang dalam sehari. Ayo… ada satu alasan lagi untuk melancong ke Jerman! :)

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

Comments are closed.