Dengan tiga puluh hari cuti ditambah hari libur lainnya yang jumlahnya bisa mencapai 40 hari dalam setahun, orang Jerman terkenal sebagai salah satu juara dunia pelancong. Setidaknya, tiga perempat warga Jerman melakukan liburan paling tidak sekali dalam setahun. Baik di dalam atau di luar negeri.

Setengah lebih memilih berlibur di dalam Jerman. Selebihnya menyukai Spanyol, Italia, Turki, Yunani, Austria dan negara-negara tetangga mereka. Tak sedikit juga memilih terbang jauh ke timur atau barat menuju Asia, Amerika, hingga Afrika.

Karena waktu cuti lumayan panjang itulah, maka orang Jerman suka berlibur dalam waktu lama. Salah satu jenis liburan favorit mereka adalah berjemur di pantai, mandi di laut lalu berpesta minuman keras atau mengunjungi klub/bar setempat di malam hari. Mallorca adalah tempat dimana orang Jerman biasanya melakukan liburan jenis ini.

Pantai-pantai tempat wisata di pantai utara dan timur Jerman pun bakal ramai oleh turis domestik. Orang-orang dewasa berjemur, berolah raga di pantai, yaitu main badminton atau permainan menangkap bola, jet ski, serta layang-layang. Anak-anak kecil akan dibiarkan bermain pasir, membangun sebuah istana bersama atau berenang menggunakan pelampung plastik aneka bentuk.

Selain itu, banyak orang Jerman menyukai liburan aktif, menampilkan suasana baru, dan menghibur. Misalnya saja, dengan bersepeda, bermobil keliling suatu pulau, atau mendaki perbukitan atau gunung. Bila mengunjungi satu kota tujuan wisata, biasanya mereka suka menjelajah sambil berjalan kaki, atau bersepeda, berbekal satu peta. Di kota mereka lebih suka mengunjungi museum, memperhatikan budaya penduduk setempat, dibanding wisata belanja. Lokasi perkemahan akan penuh oleh pengunjung.

Selain, menggunakan transportasi umum seperti pesawat terbang, kereta api, dan bus wisata, tak sedikit mereka menggunakan kendaraan pribadinya melancong ke negara-negara tetangga berjarak hingga ribuan kilometer jauhnya. Terstruktur dan bagusnya jaringan jalan di Eropa memungkinkan hal tersebut. Apalagi sekarang alat penerima GPS dijual dengan harga miring, menambah kemudahan para pemakai jalan.

Di musim dingin, tempat-tempat wisata musim dingin ramai dikunjungi para turis. Apalagi jika salju lumayan tebal. Bermain ski, atau berjalan jauh dengan ski (Langlauf) adalah aktivitas pilihan mereka. Hampir setiap pegunungan di negara ini punya lokasi wisata musim dingin.

Oh ya, biasanya orang Jerman merencanakan liburan jauh-jauh hari sebelumnya. Biasanya enam bulan sebelumnya mereka sudah tahu bakal kemana liburan mereka berikutnya berlalu. Seorang kerabat keluarga pelancong bahkan telah memesan tempat liburan, membeli tiket setahun sebelumnya. Begitulah mereka, liburan pun direncanakan secara seksama, seawal mungkin.

Pemilik dana atau waktu terbatas, bukan tak bisa menikmati rekreasi. Jika tak bisa liburan keluar kota atau keluar negeri, masih bisa menggunakan sarana di dalam kota. Jika di kota tempat tinggal ada kebun binatang, disanalah tempat liburan murah. Atau di danau terbuka untuk berenang. Bersepeda keliling kota bisa jadi salah satu alternatif. Atau, seperti banyak tetangga kami lakukan, mereka berpiknik, panggang-panggang sate di taman dalam kompleks apartemen. Mudah sekali, bukan?

Possibly Related Posts:


One Response to “Rekreasi Ala Orang Jerman”

  1. jul says:

    enak tuh touring pake GPS

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


4 * nine =