Awal liburan musim semi ini, keluarga pelancong liburan ke negara tetangga Jerman, Republik Ceko. Kami sekeluarga ingin main ski. Di musim dingin yang saljunya lumayan banyak kami sempat berkali ke Eiffel, Winterberg, dan Willingen. Semuanya relatif dekat dari tempat tinggal kami. Saatnya mencari suasana berbeda.

Ski Klinovec, Ceko

Ski Klinovec, Ceko

Destinasi wisata ski utama Eropa adalah Pegunungan Alpen. Guunungnya jangkung-jangkung. Salju cepat datang, lambat pergi. Banyak resor ski di Alpen buka mulai akhir Oktober. Baru tutup awal Mei. Jika salju tak turun pun mereka bisa menggunakan teknologi salju buatan. Asal suhunya sesuai, salju bisa saja dibuat tiruannya. Mashaa Allah.

Alpen masih terlalu mahal buat keluarga pelancong. Cek ricek harga penginapan dan skipass, amboii, mihilnyoooo. hehehe. Semoga kapan-kapan ada rizki main ski di sana. In shaa Allah. Sementara kami akan mendatangi tempat-tempat alternatif. Beberapa pegunungan Eropa tak setinggi Alpen. Namun menawarkan pengalaman bermain ski yang menyenangkan. Andorra, Republik Ceko, Polandia, Slowakia, dan gunung-gunung tak terlalu tinggi di Jerman memiliki resor ski sendiri. Harga penginapan di skipass-nya terjangkau bujet kami.

Resor ski Klinovec berada di Pegunungan Erzgebirge. Di dekat perbatasan antara Jerman dan Ceko. Letaknya di lereng gunung Klinovec. Mereka memiliki 6 gondola gantung dan 10 lift ski. Desa Loucna, di mana resor ski ini berada sangat kecil dan sepi. Namun di sekitar resor ski terdapat sekolah ski, dan tempat persewaan peralatan ski dan snowboard.

Selain di Loucna, penginapan bisa ditemukan di Jachymov, dan Karlovy Vary. Kami pilih menginap di kota Karlovy Vary. Walau jaraknya sekitar 38 km atau 45 menit naik mobil sekali jalan. Selain lebih murah, enak rasanya menginap di kota lebih ramai. Gampang kalau ingin jalan-jalan atau belanja. Ternyata abis main ski tepar, gak sempat jalan-jalan. hehe. Hari terakhir saja kami keliling Karlovy Vary.

Tiga hari kami bolak-balik Karlovy Vary – Klinovec – Karlovy Vary. Pertama perasaan jauh banget. Tapi terbiasa juga kemudian. Apalagi kami penumpang mobil biasanya udah tertidur dalam perjalanan pulang. Membiarkan Bapak nyetir sendiri.

Hari pertama kami salah. Liat tanda satu resor ski laangsung belok. Padahal kata GPS masih jauh. Udah masuk hutan dan mendaki, ternyata memang bukan daerah yang kami maksud. Ia memang bagian Klinovec, tapi di sisi gunung yang lain. Kalau naik lift, akhirnya juga nembus ke puncak Klinovec.

Kami balik arah. Ke Klinovec langsung. Di Jachymov terdapat beberapa lift ski lagi. Namun sudah pada tutup. Di akhir Maret memang salju mulai menipis dan suhu udara menghangat. Salju asli dan buatan mulai mencair.

Dalam perjalanan kami lalui desa Bozi Dar. Desa ski juga. Liftnya ada beberapa. Track ski-nya banyak yang landai. Cocok buat pemula seperti Emak. Sayang sungguh sayang sudah tutup.

Tiga resor ski berdekatan: Bozi Dar dan Klinovec di Ceko serta Oberwiesenthal di Jerman membentuk satu kesatuan bernama Interski Region. Saat musim ramai, ketiganya dihubungkan dengan skibus gratis. Total panjang lintasan ski ketiganya 27 km. Jika beli tiket minimal dua hari di Klinovec, maka bisa digunakan di ketiga daerah ski ini.

Sebab Bozi Dar tutup, Oberwiesenthal hanya buka di hari pertama kami datang, setelahnya tutup, ya sudah kami putuskan memuaskan diri main ski di Klinovec saja. Tempat parkirnya luas dan sepi. Di sebelah areal parkir berdiri persewaan ski. Info mengenai kursus ski bisa didapatkan di sini. Desa Loucna sendiri sepi sekali. Memang Emak lihat berdiri beberapa hotel dan apartemen. Pun rumah makan kecil. Tak terlihat supermarket. Entah kalau sewa apartemen dan masak sendiri, belanjanya kudu kemana. Mungkin ke Oberwiesenthal. Desa sebelahnya.

Possibly Related Posts:


Tags: , , , , ,

7 Responses to “Resor Ski Klinovec”

  1. Katerina says:

    Walaupun abis main ski bikin tepar tapi seneng ya mbak :)

  2. Emakmbolang says:

    Aku nek mari moco postingane sampeyan iki poleh kepingin belajar ski, padalan mlaku nang salju bolak balik tibo, sampe sendor e kamera retak. hehehe

  3. ira says:

    @Mbak Rien: iya Mbak. Apalagi anak2 dan bapaknya. Demen banget mereka.

  4. ira says:

    @Zulfa: Aku belajare suwe banget, Zulfa. Tapi pas mulai iso, dadi ketagihan. Iki wes nggawe rencana gawe wisata ski berikutnya. Padahal musim dingin isih suwe… hihihihi

  5. […] semua salju Klinovec asli. Sebagian buatan. Semakin banyak resor ski berinvestasi membeli alat pembuat salju buatan. […]

  6. syukur says:

    Semoga bisa ke Alphen mbak.aamiin

  7. […] perlu khawatir, kata sebuah situs. Selain surga main ski, Andorra juga surga belanja. Barang-barang yang dijual tak kena pajak. Makanya harganya bisa lebih […]

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>