Pasar natal kota DurenDi akhir November seperti sekarang ini, persiapan natal mulai terlihat signifikan di seantero Jerman. Diskon segala macam barang mulai di gelar di hampir semua toko. Supermarket menawarkan peralatan membuat kue, kue-kue natal, serta macam-macam dekorasi penghias rumah. Toko-toko baju pun demikian. Sementara toko mainan berusaha menarik perhatian dengan menghias toko semeriah mungkin.

Di pusat kota, ada kesibukan lain tak kalah seru. Pasar malam di buka di hampir seluruh kota di Jerman. Sebulan penuh. Mulai minggu terakhir bulan November hingga sehari menjelang natal. Di beberapa kota, tradisi akhir tahunan ini bahkan telah berlangsung ratusan tahun.

Di jaman dahulu, sebuah pasar natal berfungsi untuk memberi kesempatan pada rakyat untuk memenuhi kebutuhannya di musim dingin. Seiring berjalannnya waktu, fungsinya beralih ke sebuah festival rutin menjelang natal.

Sebuah pasar natal biasanya terdiri dari banyak stand penjual berupa kios-kios di pusat kota. Jajanan khas seperti printen, lebkuchen, sosis jerman, pancake, spekulatios, buah badam dan stollen banyak dijual. Juga makanan hangat seperti pizza, dan berbagai jenis sup. Serta minuman beralkohol hangat. Salah satu yang wajib ada di sini yakni hiasan natal berupa bola-bola kaca warna-warni, bintang natal, mainan kayu.

Stiezelmarkt Dresden, pasar natal tertua di Jerman telah berlangsung sejak tahun 1434 masehi, di masa pemerintahan Bangsawan Sachsen Friedrich II. Tak kurang 2,5 juta pengunjung menikmati suasananya setiap akhir tahun.

Christkindlesmarkt di Nuernberg adalah salah satu pasar natal tertua dan paling terkenal di negeri ini. Dengan sekitar 150 kios penjual berbentu unik dan cantik. Dua juta pengunjung dari seluruh dunia siap memadati pasar natal di kota di negara bagian Bavaria ini.

Dengan lima juta pengunjung per ahir tahun, pasar natal kota Cologne menjadi pemegang rekor di Jerman. Digelar di sekitar Dom, dia menggawangi 160 kios penjual berbagai macam makanan internasional, kerajinan tangan dan bermacam barang lainnya. Banyak turis dari Inggris dan Luxemburg ikut memadatinya setiap akhir tahun.

Bila malam di musim dingin sedang cerah dan tak terlalu dingin, kadang kami ikut menikmati suasana sebuah pasar natal di kota-kota yang pernah kami tinggali, seperti Nuernberg, Bremerhaven, Bremen dan Duren. Anak-anak paling suka main karusel. Sementara orang tuanya memilih membeli makanan ringan seperti kastanien (chestnut), atau almond goreng manis rasa kayu manis. Berjalan bergandengan tangan diiringi suara pemusik jalanan di tengah-tengah kios-kios penjual rasanya sungguh romantis.

Possibly Related Posts:


Tags: ,

3 Responses to “Romantisme di Pasar Natal Jerman”

  1. dhana says:

    salam sahabat
    wah tempatnya bagus amat jadi pingin kunjung tapi sakunya kempis he..he..thnxs n good luck ya

  2. Celana says:

    keren tempatnya, kapan yah bisa kesana…

  3. ira says:

    trims tlah mampir. semoga suatu saat bisa kemari. tetap semangat!

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>