Schleswig Holstein adalah negara bagian paling utara Jerman. Berbatasan langsung dengan negara Denmark. Wilayahnya memang dulunya sebagian masuk daerah kekuasaan Denmark. Schleswig dikuasai Denmark, sedangkan Holstein adalah wilayah milik Jerman. Tahun 1848 – 1852 terjadi konfontrasi antara Jerman dan Denmark disebabkan hal ini.

Ibukota negara bagian ini adalah Kiel. Dimana setiap tahun ada festival kapal layar bertajuk ‘Kieler Woche’. Jutaan pengunjung menikmati acara ini setiap tahun. Pelabuhan Kiel menjadi salah satu penghubung Jerman dengan banyak kota di Skandinavia. Kiel juga menjadi salah satu tempat persinggahan kapal-kapal pesiar besar. Bagian timur negara bagian ini berbatasan dengan Laut Utara Jerman, timurnya adalah Laut Timur perairan Baltik.

Sebagai daerah tujuan wisata, Schleswig-Holstein menawarkan wisata air dan darat untuk segala umur. Bagi penggemar olahraga ekstrem, amatir hingga mereka yang peduli pada kesehatan. Sebagai surga anak-anak di utara, beberapa daerah wisata ramah anak-anak dianggap sangat akomodatif dan menarik bagi keluarga. Pengunjung bisa rileks dan nyaman di banyak resor tepi laut di kedua pantai Laut Utara maupun sisi Baltik. Segarnya udara laut, pantai, matahari, pasir dan air laut bisa membangkitlan semangat baru serta meningkatkan kadar imunitas. Laut terbuat, garis pantai panjang, pemandangan maritim, taman nasional tepi laut adalah ciri keindahan alam Schleswig-Holstein.

Gugusan tiga pulau di Nordfriesland, tujuan wisata paling utara Jerman terdiri dari pulau-pulau kaya sinar matahari Amrum (dengan pantai berpasir luas), Fohr (dengan iklim sedang akibat arus teluk), dan Sylt plus kepulauan kecilk dan unik, Hallig, serta kepulauan kecil Pellworm dan Nordstrand.

Kota-kota dan desa di Schleswig-Holstein didominasi oleh suasana kelautan, baik dulu maupun kini. Pengunjung akan bertemu dengan kapal besar kecil, gedung-gedung khas daerah pelabuhan, serta festival keluatan tradisional. Kota-kota seperti Flensburg, Kiel dan Lubeck menawarkan atraksi budaya dan gedung-gedung indah.

Di Kiel misalnya, para turis akan disuguhi aktivitas maritim seperti jalan-jalan sepanjang marina, atau pantai-pantai, melewati kanal Kiel, keliling pelabuhan, dsb. Di Flensburg, kota berbatasan langsung dengan Denmark adalah kota berbukit dengan pemandangan berupa kapal-kapal ynag keluar masuk pelabuhan. Jalan-jalan ke Lubeck, akan mengingatkan kita akan kejayaan kota perdagangan dan kelautan ini di masa lampau. Kota tuanya adalah contoh indah sebuah kota bergaya gothik.

Possibly Related Posts:


Tags: ,

4 Responses to “Schleswig-Holstein, Negara Bagian Antara Dua Lautan”

  1. blognya pns says:

    baru ngebayangin sambil mbaca postingan ini aja udah
    mmmm… kereen… apalagi kalo bisa jalan-jalan ke sana ya??

    salam kenal,

  2. intan says:

    g sabar pingin jalan2 bareng mbak ira dan keluarga niih….

  3. serasese says:

    baru tau. . .seteLah sekian Lama nyari tempat ini.hehe

  4. […] keunikan. Ada negara bagian besar yang terdiri dari banyak kota dan desa seperti Niedersachsen, Schleswig-Holstein, Mecklenburg-Vorpommern, Bayern, dll. Dua negara bagian terdiri dari satu kota besar yakni Hamburg […]

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>